Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan dari Traveling Tour

Penghasilan Traveler Blogger sukses sama halnya dengan blogger pada umumnya hanya kegiatan sehari-hari yang selalu senang-senang yang membuat orang lain jadi ngiler. Seperti main-main air tapi uangnya terus mengalir, bahkan melebihi Blogger yang selalu didepan komputer dan pusing memikirkannya SEO onpage atau optimasi lainnya.

Sebenarnya pilihan itu semua ada pada diri anda sendiri sebagai seorang blogger, apakah memilih Niche News Teknologi, Desain Web (Template) atau Jalan-jalan Wisata, mana yang lebih cocok semuanya pun menjanjikan. Jika menurut saya pribadi Travel Blogger adalah salahsatu Niche yang paling mudah banyak menyukai dan membacanya di dunia.

Tapi kembali lagi pada sebuah hobi Anda masing-masing karena itu yang akan membuat anda awet bertahan dalam semua keadaan suka atau susahnya membangun sebuah blog.

Jika melihat 10 Top Niche pilihan yang banyak dicari di google dan paling besar bayaran termahal adalah Perjalanan dan Wisata, alasannya jelas pasti dilakukan oleh semua orang, jadi topik ini pasti dicari oleh semua orang didunia. Karena itu google sanggup membayar mahal untuk iklan yang tampil pada topik traveling. Bukan cuma itu? Kesempatan Anda untuk menjadi untuk Duta Wisata atau Ambasador sponsor siap menjadi brand untuk mengiringi Niche blog traveling anda.

Baca juga: 7 rahasia menjadi travel blogger sukses

Memilih Topik atau Niche Travel & Toursm


Mungkin banyak orang menyangka menjadi seorang traveler sejati itu susah harus banyak modal, mesti memiliki skils khusus untuk ber fose di depan kamera atau pandai bergaul dan sekolah di bidang pariwisata. Tidak!  berprofesi mereka yang berlatar belakang apapun bisa. Seperti contoh: travel blogger sukses Indonesia seorang Suami Istri yang sudah Go.. Internasional Adam dan Susan.

Tidak perlu seperti mereka dulu jika ingin menjadi travel blogger, karena yang penting adalah memiliki kecintaan dan serius menyusun informasi dan menceritakannya perjalanannya melalui tulisan di blog dengan baik. Tentu ada alasan mengapa juga harus memilih travel blogger sebagai topik pilihannya selain hanya berjalan-jalan wisata mendapatkan penghasilan tetap dari hasil mempomosikan wisata kepada dunia.

Lalu bagaimana dasar seorang travel blogger profesional mendapatkan penghasilan dari jalan-jalan dan berwisatanya tersebut, dari mana saja penghasilan yang diterima dan seberapa besar pendapatan maksimal dari aktivitasnya bahkan sampai mendapatkan penawaran promosi berupa Jalan-jalan dan menginap gratis itu?

Lihat juga: Cara liburan hemat ala travel blogger

Inilah Cara Mudah Travel Blogger Mendapatkan Penghasilan Uang dari Bepergian Selain Modal Dari Kantong

7 Cara Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan dari Traveling Tour

Disini kita sekaligus akan melihat data statistik perbedaan pendapatan Blogger tutorial dan travel blogger yang sedikit di untungkan dari blogger umumnya:

1. Optimasi Blog melalui Program Google AdSense

Tentunya, tidak dipungkiri di jaman serba online digital banyak masyarakat yang mencari informasi di internet termasuk melihat tempat wisata untuk dikunjungi. Google melalui situs blog menyediakan layanan informasi tulisan yang paling pertama dipilih oleh masyarakat.

Seorang traveler pasti memiliki blog untuk menyalurkan hobi menulisnya ini merupakan kesempatan karya tulisannya sampai kepada masyarakat hingga sampai banyak yang membaca dan fans. Disinilah hal paling utama seroang traveling blogs mendapatkan inkam penghasilan, yaitu lewat program afiliasi tayangan iklan blog-nya.
Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan dari iklan AdSense

Pentingnya informasi lengkap tentang destinasi wisata oleh pihak Google Adsense salahsatu program iklan sangat mereapon dan memberikan nilai lebih kepada penulis lebih dari sekedar hobi memosting tulisan tentang pariwisata di google. Tercatat 10 top topik yang di bayar mahal oleh AdSense yaitu Niche mengenai Traveling.

Kesimpulannya seorang travel blogger mendapatkan penghasilan setiap bulan yaitu dari google AdSense atau layanan iklan lainnya, dengan sayat dan ketentuan bagaimana untuk mendapatkan gajian tiap bulannya dari blog. Termasuk menguasai optimasi SEO agar tulisannya banyak nongol di halaman depan google.

Maka penghasilan dari iklan Google AdSense adalah merupakan posisi pertama yang diandalkan seorang blogger termasuk travel blogger.


2. Jasa Review dan Promosi wisata

Rating seorang travel blogger semakin lama semakin naik mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional, kepopulerannya sangat diperlukan oleh pengelola, Group Developer Wisata, pemerintah dan pengembangan pariwisata. Tak heran banyak travel blogger bergelimang uang paket wisata gratis dan bonus yang pantastis, kita lihat alasannya:

Pihak management daerah saya seringkali menawarkan acara review untuk jasa review yang melibatkan ambasador atau duta wisata untuk memperoleh respon dari masyarakat, termasuk Kementerian atau pemerintah kabupaten yang ingin memajukan sektor pariwisata.

Travel Blogger Mendapatkan Sumber pendapat dari Menulis di blog

Kita ambil contoh: sekarang bisa melihat indahnya Gili Trawangan yaitu pulau yang tersembunyi menjadi populer bahkan sampai memdunia, menjadi lokasi syuting film dan lainnya... mencaritaka sejarah sejak 1970 sebagai pulau gelap menyeramkan, karena promosi pemerintah DPRD II dan berupa tulisan travel bloggerlah daerah tersebut yang awalnya tersembunyi menjadi tempat wisata yang membanggakan untuk Indonesia.

Kerjasama-kerjasama seperti ini biasanya terjadi karena adanya konsistensi Anda yang menjadi travel blogger yang sangat dibutuhkan oleh pengelola pemerintah maupun swasta di bidang pariwisata.

3. Menjadi Duta Pariwisata

Tak sedikit Agen Wisata memberikan seperti jasa perjalanan tiket dll mereka mengajak Blogger trip National  untuk menjadi duta pariwisata daerah tersebut karena sedah memberi dampak positif dan menginspirasi masyarakat untuk berwisata ke daerahnya.

Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan sebagai Duta Pariwisata

Dari seorang travel blogger yang rajin menulis dan memposisikan Destinasi Wisata akan mendapatkan respon dari Dinas Pariwisata Daerah berkesempatan menjadi Duta Pariwisata tentu tambahan pendapatan berupa uang atau fasilitas lainnya dari pemerintah atau pengembang yang membutuhkannya bisa memberikan nilai atas jasa review Anda, tentu akan mendapatkan bayaran selain dari tayangan iklan di blog.

Tentu ada prosesnya Bloggers seperti ini harus memiliki cara dan tingkat sosialisasi dan pengalaman yang tinggi sampai mendapatkan perhatian dari beberapa pihak Pemerintah, pasti seperti Andapun bisa asalkan hindarkan rasa minder atau malu dan teruslah berkarya.

4. Afiliasi Marketing

Sedikit tidak jauh dari pendapatan ke 2 dan 3 travel blogger yang telah memakan asam garam di bidang perjalanan dan pariwisata didaulat sebagai orang berpengalaman ketika mengolah wisata.
Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan dengan kerjasama afiliasi promosi developer

Penghasilan travel blogger berpeluang bertambah dari gandengan perusahaan pariwisata termasuk produk Aplikasi seperti Wisata Indonesia atau pihak  investor penginapan membeli foto atau tulisan. Disini para travel blogger yang beruntung ditawari sebagai Travel Agency bagi perusahaannya bisnis pariwisata, maka tidak heran banyak traveler muncul di Televisi atau di jadikan Duta Wisata Indonesia.

Intinya bahwa para travel blogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kesempatan berhubungan dengan beberapa aspek usaha bidang travel yang bisa saja menjadi rekan bisnis bagi perusahaan tersebut barikan karya yang bisa di banggakan dan bermanfaat bagi perusahaannya.

5. Undangan sebagai Narasumber Televisi atau Radio

Sebenarnya tahap ini dilakukan jika Anda sudah memiliki pengunjung blog tetap yang membeludak atau sampai menjadi seorang traveler Viral dan Popular dengan apa yang anda lakukan, tapi perlu juga saya sampaikan disini.

Perjalanan panjang tidak penting untuk menjadi terkenal sebagai travel blogger, tapi yang penting harus memiliki keberanian dan kemampuan dengan profesinya, seorang seni memahat berhasil membuat kerajinan pahatan tentu dengan ke mampuannya dalam bidang tersebut.

Cara Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan sebagai narasumber atau wawancara televisi

Anda tahu bahwa acara inspirasi TV Nasional sering menampilkan seorang pecinta seni yang mungkin orang lain tidak pernah meliriknya sedikitpun atau orang yang menjadi Viral karena sensasi bisa tampil sebagai bintang tamu atau narasumber acaranya tersebut di undang atas dasar usaha Anda lakukan.

Kesempatan menjadi bintang tamu acara tersebut juga bisa menjadi mungkin alasannya Anda telah menjadi seorang yang telah memajukan destinasi ke pariwisata Indonesia yang Ahir-ahir ini Dinas Kementerian Pariwisata sangat menurun dan perlu bantuan dari bantuan promosi lokal (local tour guide).


6. Menjadi Pemandu Lokal

Tak dipungkiri sebagai traveling berpengalaman anda pasti tahu dengan keadaan daerah atau alam sekitar mengenai obyek wisata tersembunyi atau baru sampai mengetahui transportasi apa yang paling mudah untuk mencapai lokasi tersebut.

Ke 6 Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan sebagai pemandu wisata

Pengetahuan daya jelajah dan pengalaman travel blogger sangat diperlukan untuk beberapa situasi dan kondisi. Disini ada sumber pendapatan gaji yang relatif untuk dilakukan diantaranya:

Menjadi pemandu lokal untuk Wisatawan Domestik dan Internasional, wisatawan asing umumnya lebih suka dengan penyajian dan pelayanan cara bagaimana seorang travel blogger melakukan pemanduan terhadap wisatawan asing, nah, kesempatan seperti ini banyak contoh rekan-rekan travel Bloggers di pelosok menjadi seorang pemandu untuk pembaca di blog melalui KONTAK yang disediakan pada blog-nya.

7. Uang Tambahan dari Google Map

Hal ini sering sekali saya terangkan di artikel sebelumnya, bawah jika kita rajin mendaftarkan tempat baru atau lokasi bisnis yang belum ada berikut foto-foto di google map akan mendapatkan bonus diskon belanja dari google map jika berbelanja di online shop Zelora.

Cara Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan tambahan dari mendaftarkan alamat lokasi ke google map

Selain itu jika perusahaan Transportasi dan Rumah Makan yang baru yang belum paham keuntungan ini Anda bisa tawarkan sendiri untuk Pertama Travel atau Restorannya di pajang di google map agar mudah dicari, menggunakan jasa anda untuk mendaftarkan tentu bisa mendapatkan gaji lagi. Semuanya bisa digunakan asal para traveler tidak malu dan berani menawarkan keahliannya.

Itulah sumber-sumber penghasilan travel blogger yang mungkin jadi inspirasi untuk Anda


Setelah melihat sumber penghasilan diatas ternyata memilih profesi sebagai Travel Bloggers lebih dari seorang Wartawan, didalamnya tercatat bahwa travel blogger berkesempatan dinobatkan sebagai Duta Pariwisata, Travel Agency Brand Perusahaan sampai menjadi Narasumber dan banyak lagi.

Sekarang kita tahu, pantas saja jika ada yang bilang menjadi travel blogger yang telah sukses pendapatnnya melebihi dari bekerja di perusahan swasta bahkan Gaji PNS, penghasilan yang merupakan Rizki tambahan selain dari Iklan Google AdSense saja bahkan bisa untuk modal usaha pribadi dan berwisata Religi.

Bagi sobat blogger yang sangat cinta dengan tentang Perjalanan Wisata terus berjuang dalam mencari peluang dan informasi untuk ngeblog pada topik traveling.

Apapun yang Anda inginkan jika dilakukan dengan Ikhlash sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan yang maksimal, sebelum melihat pendapatan dari menulis coba tanya apa yang telah dilakukan, jika belum? mulai dari sekarang!

5 komentar untuk "7 Cara Travel Blogger Mendapatkan Sumber Penghasilan dari Traveling Tour"

  1. Saya kini lebih tertarik menjadi pamandu wisata lokal. Walau komisi tidak seberapa ,tapi nilai rasa kepuasannya itu sungguh luar biasa. saya juga mendaftar menjadi google map, dan sudah mendapatkan bintang lima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah lumayan banyak pengalaman Mas nih, sayang daerah saya tidak ada tempat menarik untuk di jadikan kerajaan Pemandu, terimakasih mas atas apresiasinya.

      Hapus
  2. thanks mas untuk infonya bermanfaat nih

    BalasHapus