Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sitelinks Blogspot di Search Box Google

Sitelinks artinya tautan situs untuk website/blog yang dibuat khusus oleh Google. Untuk mengetahui apakah satu website memiliki sitelink caranya tinggal mengetikan kata kunci, contohnya nama situs seperti "mudahrizki" maka pada bagian bawah akan muncul halaman pintas seperti About, Daftar isi, Jasa, dan Artikel lainnya, semuanya berguna untuk mempermudah bernavigasi pencarian bagi pengunjung.

Sitelinks terjadi dari sistem strukturisasi yang menganaisis pada sebuah situs yang menyediakan berbagai konten atau jasa rujukan yang dianggap bermanfaat dan dibutuhkan oleh manusia diantaranya: memiliki konten original, menyediakan navigasi yang mudah di telusuri, juga berbagai kelengkapan situs yang memadai lainnya bisa digunakan dengan lancar.

Tujuan dimunculkan link alternatif situs? supaya pembaca bisa mempercepat waktu pencarian informasi yang mereka butuhkan ketika nama situs diketik, apakah mau ke konten? about? daftar artikel? atau informasi terbaru?

Nah, dibawah ini saya tampilkan contoh screen shot situs web yang sudah memiliki sitelink:
Inilah cara membuat sitelinks sendiri yang tampil di search engine google
Tautan situs

Penjelasan gambar:
1. Hasil pencarian Google
2. Sitelinks

Selama periode ini Sitelinks sifatnya otomatis pemberian Google hanya menurut algoritme-nya mengenai apa yang perlu ditampilkan, tapi itu bukan berarti kita tidak bisa membuatnya?

Jika situs memiliki sistem sesuai ketentuan webmaster sebagai kriteria situs masa depan ada praktek-ptaktek yang dapat kita ikuti supaya mendapatkan sitelinks tersebut, menurut bocoran bantuan Google diantaranya situs membuat Link-tautan relevan hanya dengan "Keseluruhan teks" ringkasan secara informatif artinya tidak banyak membuat pengulangan kata kunci.

Bagiamana Cara agar Situs/Blog Mendapatkan Sitelink dari Hasil Pencarian Google?


Mungkin bagi Anda sobat blogger penasaran bagaimana sih caranya supaya blog pribadi kita memiliki juga sitelinks pemberian google, apakah bisa dilakukan?

Sebelum saya jawab alangkah lebih baik kalau kita mengetahui terlebih dahulu apa keuntungan dan manfaat mendapatkan sitelinks dari Google?

Berbagi manfaat sitelinks bagi website tersebut diantaranya:
  1. Mempermudah navigasi untuk pengunjung.
  2. Memperoleh pengunjung yang stabil.
  3. Menandakan sebuah situs Profesional, berkualitas juga memiliki gengsi tersendiri berdasarkan algoritma Google.
  4. Mendapatkan posisi pertama di pencarian, sebagai indikator situs web/blog yang bagus oleh Google.
  5. Dan banyak lagi menurut pendapat masing masing. 
Pertanyaan bagaimana cara cepat dan mudah mendapatkan sitelinks?

Supaya mendapatkan sitelink dari Google di tahun 2018 ternyata sangat mudah blog sederhana bersifat pribadi mudahrizki saja untuk mendapatkan respon hanya sekitar satu tahun, mulai ngeblog sejak 2016 akhir sampai sekarang akhir 2018, tetap ada peluang walau tanpa harus rajin memosting artikel secara rutin seperti yang banyak dilakukan oleh blogger lain.

Hal terpenting!
  1. Sediakan Halaman/Page seperti: About, Kontak, Kebijakan Privasi, Terms of Service dan Halaman lainnya misalnya Formulir untuk Penulis Tamu, Halaman Penyedia jasa seperti Pasang Ikan Jasa SEO dll.
  2. Selebihnya membuat artikel yang bermanfaat dan selalu ada yang mencari setiap hari. Karena itu hal pertama yang menjadi prioritas utama Google.

Perlu diketahui sekali lagi bahwa mendapatkan sitelinks merupakan satu kriteria menurut algoritma Google yang harus diperhatikan, selama ini Google hanya memunculkan tautan situs yang Google pikir berguna bagi manusia!

Jadi sarat untuk mendapatkannya harus memiliki Artikel yang berguna bagi pengunjung contoh: banyak menyimpan informasi, tutorial secara lengkap dan bisa dipertanggung jawabkan!

Poin berikut merupakan beberapa hal yang sering dilakukan oleh blogger yang mendapatkan sitelinks:

Buat Halaman Statis yang lengkap


Sebelum membuat mungkin bagi sobat blogger yang baru memulai bisnis blog perlu dijelaskan:

Apa itu Halaman Statis itu?

Halaman statis bisa juga disebut Page, jika pada blog bisa di bedakan dengan tanda "p" pada URL-nya Laman bisa dibuat pada menu blog!

Halaman ini adalah sebuah fitur mirip sebuah postingan seperti artikel cuma bersifat khusus untuk satu situs, biasa yang dapat digunakan untuk dibuat fasilitas website/blog dalam membuat About, Kontak, Sitemap (daftar isi blog), Privacy policy, TOS (Terms of Service), Halaman khusus Artikel, Arsip dan Formulir lainnya itu sebagai dasarnya.

Termasuk untuk blog yang ingin di daftarkan ke program iklan seperti Google Adsense diantaranya harus membuat halaman seperti ini agar dapat keterima dengan lancar karena blog jadi Profesional.

Tambahkan pula daftar isi tambahan selain sitemap berupa susunan Artikel yang dibuat oleh sendiri pada halaman statis dengan kode JavaScript atau CSS.

Saya yakin Anda sudah membuat halaman-halaman seperti itu, tapi bila selama ini belum memiliki dan membuatnya silahkan untuk membuat Halaman Statis terlebih dahulu selanjutnya coba anda pasang maupun hanya disimpan di blog.

Membuat Artikel yang SEO on page, Bermanfaat dan Tautan Terbaik untuk Pembaca


Blog merupakan salah satu situs yang menjadi bagian penting dalam membantu Google apalagi jika blog memiliki Artikel asli dan terbaru akan mendapatkan respon lebih dari perusahaan raksasa Google sebagai salah satu mesin pencari nomor satu di dunia, untuk mendapatkan nilai lebih dari pihak Google buat konten minimal sesuai kriteria seperti berikut:

A. SEO on page - Pengertian SEO on-page bukan hanya pada desiain template saja yang menjadikan postingan ada pada halaman pertama Google, untuk membuat struktur sitelinks dibutuhkan Artikel yang sesuai dengan tujuan blog, minimal berapa ada di halaman depan pencarian google yang akan menjadi solusi jika anda pembaca yang tidak menemukan artikel yang dibutuhkan artikel anda bisa jadi jawabannya.

Studi kasus saya sering melakukan pencarian di Google tapi tidak menemukan yang saya perlukan, ternyata artikel yang saya butuhkan ada pada halaman berikutnya, nah artikel dari blog seperti ini bisa membuat terjadinya struktur sitelinks dari Google.

B. Buat Artikel lengkap dan bermanfaat-
Google sangat ramah dan respon terhadap situs berita maupun jenis blog pribadi yang selalu memosting artikel asli secara lengkap walaupun artikel tersebut bukanlah hal baru, walaupun artikel tersebut banyak orang yang membahas tapik blog tersebut memberikan informasi kejelasan tentang topik sama namun lebih akurat dan banyak menyimpan informasi lengkap akan mendapatkan posisi lebih baik dan bisa disebut asli.

C. Meningkatkan dan Optimalkan Tautan Situs - Membuat link dengan teks secara padat yang informatif tidak banyak pengulangan dalam satu artikel.

Dasar membuat link menurut pandangan Google link yang bersifat rujukan untuk kepentingan pembaca sebagai contoh jika Postingan membahas tentang blog tempat belajar SEO? tentu didalamnya ada link menuju situs blog tersebut atau jika mengulas tentang perjalanan wisata maka berikan rujukan pada link situs tempat penjualan tiket pesawat terbaru, murah dan nyaman.

Dengan demikian artikel anda akan berbeda dengan yang lain dan bisa berpeluang besar mendapatkan respon dari Google. Kemudian kurangi Link berupa gambar atau berupa kode CSS kecuali disebutkan pula alt sesuai target link.

D. Posting Artikel secara berkala atau terjadwal - Membuat artikel memang sangat susah dan rumit apalagi yang berkualitas yang menyimpan informasi yang dikumpulkan secara lengkap ini tentu tidak mudah dan cepat, solusinya walaupun tidak setiap hari mungkin kalau seminggu sekali anda bisa melakukannya.

Tujuannya sebagai indikator kinerja situs yang anda kelola supaya terlihat selalu konsisten menurut pandangan Google, tapi itu bukan sarat mutlak yang wajib dilakukan, blog seperti saya yang kadang memosting artikel kadang kala tidak sekali pun masih berkesempatan mendapatkan sitelink.

E. Jadikan Situs Kaya - Maksud kaya disini bukan berarti blog harus banyak harta karena penghasilan tapi usahakan membuat situs menjadi kaya akan inovasi kreativitas sampai kaya dengan artikel yang berkategori idaman pembaca maupun mesin pencari, ciri-cirinya bisa dilihat dari banyaknya komentar dan banyak yang membagikan ulang.

Kegembiraan seorang blogger dimana satu artikel muncul dihalaman depan ketika di ketikan kata kunci utama, sampai setiap hari mendapatkan penghasilan dari banyak pengunjung secara alami (organik) jika itu terjadi berarti blogger tersebut sudah sukses dan mampu membuat artikel SEO dan dibutuhkan, selanjutnya tinggal melakukan berbagai inovasi agar artikel terus berkembang terus menerus sampai mendapatkan penghasilan dari sebuah karya tulisan.

Menggunakan Templete yang Memiliki Struktur SEO on page dan User Friendly


Pada hal ini teman blogger saya pasti sudah memakai templete terbaik untuk membantu menampilkan konten disetiap blog-blog Anda, diantara tema-tema blog tersebut sudah memiliki standar SEO atau di setting untuk High CTR agar mendapatkan hasil maksimal dari bisnis online blog, tapi templete blog terbaik tersebut bisa juga dilakukan perbaikan agar mendapatkan sitelinks selain memiliki standar SEO on-page dan optimasi lainnya agar mudah dipahami oleh robot google saat merayapi blog kita diantaranya blog harus:

A. User friendly
User friendly artinya memiliki konten menarik dan menu navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung ketika berselancar, adapun ciri-ciri blog yang User friendly?

Bilamana pengguna satu kali berkunjung di situs tersebut akan betah berlama-lama menelusuri konten-konten terbaik lainnya selanjutnya pengunjung sering datang lagi dan lagi.

B. Selanjutnya memiliki tingkat ramah terhadap mesin pencari, templete seperti ini bisa menjadi pilihan utama bagi blogger, untuk membuat templete blog sepeti ini sebenarnya bisa menggunakan template default blogger maupun hasil desain para desainer templete kita bisa mendapatkan secara gratis maupun membeli secara legal.

Selanjutnya menyetel templete agar memiliki description sesuai dengan topik maupun isi artikel, caranya setting secara khusus melalui HTML tema pasang  Title tag maupun meta description pada template sesuaikan dengan nama maupun misi blog, yang bertujuan sama sesuai dengan kata kunci nama blog maupun topik.

Kompilasi antara kepuasan Pengunjung (User) dan Mesin penelusuran Google akan mudah menentukan situs ini yang dimunculkan saat pencari informasi mengetik keyword di search engine.

C. Menyediakan alat telusur berupa menu navigasi drop down maupun widget yang membantu mempermudah penelusuran seluruh konten didalam blog itu sendiri seperti widget pencarian search box, arsip blog, populer post dan postingan terkini.

Tiga poin tadi merupakan salah satu hal penting untuk situs blog yang berpeluang besar mendapatkan sitelinks maupun pendapat.

Khusus untuk platform wordpress self-housting bisa dilakukan pemasangan plugin SEO dengan cara menggunakan Yoast SEO, selanjutnya melakukan cek artikel agar mempunyai score Readability sebagai SEO indikator.

Menyimpan Jejak Artikel di Situs lain dan Sosial Media


Tak ada cara lain yang mudah dan hemat untuk membuat situs cepet terkenal dan tercatat sebagai situs yang bermanfaat yaitu dengan melakukan promosi.

Cara ini merupakan sebuah metode bagaimana supaya nama blog dan artikel kita bisa dikenali oleh banyak situs seperti sosial media, menyimpan backlink (minimal banyak meninggalkan komentar) di situs website orang lain yang memiliki page rank tinggi, trik ini juga bisa meningkatkan nilai harga nama situs blog anda sendiri menurut situs ceksite.com harga situs akan naik secara cepat.

Sebagai satu contoh anda mengetik nama blog anda sendiri di pencarian google setelah muncul pasti jika di scroll kebawah atau halaman selanjutnya ada Artikel yang pernah di postingan ke sosial media seperti Pinterest, Google Plus, Facebook dll, pengalaman khusus untuk pinterest adalah salasatu situs populer untuk para desainer dunia dalam mencari informasi, silahkan pergunakan trik seperti itu.

Sampai langkah ini semua blogger pasti sudah paham bagaimana caranya untuk menyimpan jejak nama blog maupun artikel ke situs dan sosial media global agar blog secara cepat mudah dikenali oleh situs terkenal dunia maupun sosial media yang memiliki page rank tinggi menurut Google sebagai langkah cepat mendapatkan sitelinks.

Hindari Banyak Link Broken juga Optimalkan DoFollow dan No Follow


Satu hal yang paling penting adalah bagaimana agar semua penelusuran di situs kita lancar sesuai dengan tujuan link harapan, artinya jangan sampai ada link yang rusak apalagi sampai banyak tidak terhitung. Ditambah dengan memahami struktur link-tautan rel DoFollow dan Nofollow.

A. Untuk meminimalisir gunakan situs alat untuk mengecek kesehatan tautan situs/blog dengan bantuan webmaster tools atau brokenlinkcheck.com: https://www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php
Caranya tinggal kunjungi situs lalu masukkan alamat situs anda lalu ikuti petunjuk selanjutnya, disini kita bisa melihat halaman mana yang memiliki tautan rusak tinggal membetulkan kembali dengan mengedit lagi.

B. Struktur link kembali saya bahas sebagai salasatu pengetahuan yang berguna untuk membantu webmaster dan google untuk mengikuti dalam mengindeks, dimana sebagai pemula tidak tahu bagaimana membuat link tautan yang baik untuk robot google-bot menentukan rujukan penting atau sekedar memberikan informasi tambahan.

Pelajari membuat dan menentukan apakah link dibuat untuk DoFollow? artinya bot harus mengikuti! ataukah Nofollow? artinya bot google tidak perlu mengikuti! ini wajib diperhatikan oleh pembuat link (blogger) agar tidak terjadi kebingungan robot google.
Indikasinya pakai 2 ketentuan membuat link:

1 DoFollow - Gunakan untuk semua tautan bersifat ke situs kita sendiri (internal link), seperti halaman Artikel, Home, Tag (kategori/label), dan lainnya.
2. Nofollow - Pakai untuk membuat link tautan ke-luar (backlink) contohnya seperti situs orang lain diantaranya: URL Aplikasi, Sosial Media, Email, Wikipedia dll.

Kesimpulan untuk Membuat Sitelinks


Cara diatas merupakan pengalaman saya selama mengelola blog selama satu tahun ini sampai mendapatkan sitelink dan tidak menjamin jika anda mengikuti cara diatas menjadi otomatis situs anda mendapatkan sitelinks juga karena sitelinks adalah hak prerogatif dari Google yang menentukan.

Tapi saya yakin langkah di atas merupakan cara yang sering digunakan oleh semua blogger dalam mengelola sistem situs web selalu berusaha mengoptimalkan agar blog lebih maju ramah terhadap semua seperti: optimasi SEO on page, Artikel SEO friendly maupun User friendly, jika semua dilakukan dengan benar dan sabar tentunya berpeluang besar semua cita-cita dan tujuan bisa kenyataan. Salam.

9 komentar untuk "Cara Membuat Sitelinks Blogspot di Search Box Google"

  1. Banyak yang belum tahu lo ,cara membua halaman atau laman, hal sepele tapi ternyata masih ada yang kesulitan.
    Hapur broken link itu penting sekali, saya hampir tiap bulan mengeceknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas link-tautan yang rusak jika dibiarkan terus akan mengakibatkan terjadinya kurang nyaman bagi pembaca jika mau mengklik link, ditambah jug Google-bot kurang menyukainya itu menurut mas Teguh Cahyono.

      Hapus
  2. Mas Muda akhirnya hadir lagi,,, senang rasanya. Saya belum baca secara keseluruhan mas. Izin shere terlebih dahulu untuk dipelajari. tetap semangat ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segala puji bagi Allah mas, silahkan saling belajar dan berbagi, tapi mohon maaf jika tulisan ini kepanjangan sampai menyita waktunya hehehe.

      Hapus
    2. Tidak apa-apa mas ini bagus... saya suka. Saya pribadi kagum dengan pengetahuan mas Muda soal desain Blog...SEO dan lain-lain. #kagum.

      terus berkarya mas, semoga selalu sukses

      Hapus
  3. terima kasih informasinya, sepertinya website kami masih perlu pembenahan dalam sitelinknya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salasatu caranya bisa dengan banyak mereview nama situs di berbagai media sosial dan situs lain mas, silahkan di lakukan.

      Hapus
  4. Keliatan keren juga ya blog yang punya sitelink kayak gitu di search engine. Tapi sayang setelah saya cek ternyata blog saya tidak ada seperti itunya :D

    BalasHapus
  5. Tolong cek apakah blog kami sudah ada sitelinknya? Terima kasih.

    BalasHapus