Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Wisata Air Terjun (Curug) Terpopuler di Purwakarta

Curug di Purwakarta - Subang - Daerah yang dikelilingi pegunungan dan sungai berpotensi kaya akan tempat wisata alam air terjun mempesona. Kabupaten Purwakarta merupakan daerah paling beruntung yang mempunyai semua itu. Kota Purwakarta yang hujau di anugerahi kekayaan alam dan airterjun melimpah.

Air terjun dalam bahasa Sunda disebut Curug, Objek wisata curug dapat dinikmati ragam kegiatan alam bebas berpetualang seperti mandi di air curug, Arung Jeram, Kemping, Berfoto (Hunting) Shelfie dll, dilakukan dengan akomodasi/ biaya terjangkau bahkan gratis! Wisata Curug ini jadi tempat rekreasi pavorite paling diserbu masyakat Indonesia lho.

Untuk melengkapi informasi wisata di purwakarta kali ini berikut informasi daftar nama-nama tempat wisata air terjun-curug di Purwakarta dan Subang, saya yakin semuanya cocok sebagai pilihan rekresi liburan keluarga dan sahabat.

Lihat juga: Skylodge AnyarbPadjajaran Purwakarta Hotel Gantung Tertinggi di Dunia

Daftar Nama Tempat Wisata Curug (Air terjun) Terbaik dan Seru di Purwakarta



1. Curug Cipurut, Wanayasa


Cipurut merupakan satu tempat Wisata alam yang memiliki rengking terbaik dengan curug terbagus, terindah dan terbesar di purwakarta, Masyarakat dan berbagai sumber media, mengulas Curug Cipurut sebagai tempat rekreasi populer di Purwakarta lokasi/alamat Curug Cipurut berada kaki Gunung Burangrang Kampung Babakan Kecamatan Wanayasa, Purwakarta Jawabarat.

Memiliki ketinggian tebing dan Air terjun ± 25 meter lokasi dikelilingi keindahan alam hutan Pinus nan eksotik yang begitu sensasional.

Wisata-curug-air-terjun-terbaik terpopuler-di-purwakarta
Foto Wisata Alam Air Terjun-Curug Cipurut Wanayasa, Purwakarta

Aksesbilitas

Jalan desa menuju curug juga sudah temasuk permanen cor (beton) dan Aspal mulus pemerintahan kabupaten sangat mendukung dan berharap adanya wisata ini bisa mengangkat pariwisata di wilayah ini karena curug cipurut memiliki daya tarik nan cantik alami.

Spot Wisata

Curug Cipurut memiliki jenis tebing batu gunung warna corak hitam seperti ukiran, dibawahnya ada kubangan kolam kecil bendungan dalam bahasa sunda disebut leuwi ini digunakan sebagai pemandian dan bermain-main air.

Aliran sungai kebawahnya bisa dijadikan perosotan seru dengan dasar batu hitam andesit, suhu udara sejuk dan airnya sangat dingin  berwarna putih bersih alami, dipadu dengan suara gemuruh air yang jatuh dibebatuan. Hijaunya hutan menambah suasana tenang dan nyaman jadi curug cipurut juga pas untuk bahan refreshing.

Selain pengunjung dapat mandi dan merasakan air terjun kelebihan lainnya berwisata di Curug Cipurut ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya senam mata melihat pemandangan kebun teh disepanjang jalan sebelum sampai ke air terjun, dapat melalukan camping atau berkemah menginap dibukit-bukit, kebun teh dan hutan pinus, edukasi mencintai lingkungan dengan menaati pelaturan dengan banyak kampanye cinta alam dengan membuang sampah dipegunungan dll.

Harga tiket masuk wisata alam curug cipurut sangat murah dan terjangkau seperti untuk bayar penitipan parkir kendaraan motor cukup 5 Ribu Rupiah, mobil Rp 10.000 seharian dan masuk ke kawasan juga tahun 2017 cukup bayar 5 Ribu Rupiah sepuasnya untuk waktu tertentu bisa berubah.

Alamat lengkap curug cipurut di purwakarta berada di Kaki Gunung Burangrang Barat Laut, Kampung wisata Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 41174
Lokasinya mudah dicari dari berbagai daerah seperti Karawang, Subang, Bandung dan daerah lainnya.
Cari stu titik saja yaitu Kecamatan Wanayasa selanjutnya tinggal ke arah selatan pasar wanayasa sekitar 700 meter atau juga dengan panduan
Maps Curug Cipurut

Koordinat: 6°42'22.9"S 107°33'59.7"E
(-6.706366,107.566579)

Bagi anda yang penasaran dengan suasana Curug Cipurut silahkan untuk mendatanginya dengan mempersiapkan kendaraan, biaya dan perlengkapan.

Lihat... Wisata Rock Climbing Terbaik di Asia Badega Gunung Parang

2. Curug Tilu di Sukasari Ciririp Purwakarta


Curug Tilu artinya: Air Terjun dengan Tiga undakan, merupakan airterjun yang masih asri tersembunyi mempunyai keindahan alam yang mempesona lokasinya tak jauh berada di kawasan wisata Jatiluhur, tepatnya berada di Kp. Gunung Buleud, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa barat 41116.

Daerah ini memiliki ciri khas dengan pegunungan yang sagat tinggi dengan panorama alam yang menakjubkan dengan hutan bambu tropis yang masih terjaga.

Wisata-curug-air-terjun-terbaik-di-purwakarta
Curug Tilu, Wisata Curug  Terbaru & Tersembunyi di Sukasari, Purwakarta

Pegelola wisata Curug Tilu merupakan Karangtaruna Sukasari mendirikan Komunitas yang disebut KOMPAS (Komunitas Pecinta Alam Sukasari) dan didukung pemerintah Kabupaten Purwakarta berinisiatif membangun fasilitas dan mempromosikan kawasan ini agar menjadi tempat wisata terpadu antara gunung, hutan keindahan waduk Jati Luhur.

Selain itu Wisatawan dapat menikmati pemandangan perkebunan dan pengelolaan ikan dan mancing bagi pemancing maniak ada disisi Waduk Jatiluhur, suasana hawa sejuk Desa ditambah sarana dan aksesbilitas jalan ke tempat wisata yang bagus dan lengkap akan memberi rasa nyaman dan memanjakan traveler puas.

Harga tiket masuk Curug Tilu relatif murah hanya Rp. 5000 dalam sekali masuk. Parkir kendaraan 5 ribu.

Bermacam kegiatan rekreasi pavorite yang biasa dilakukan Anak muda dan pelajar juga ada disini seperti eksplor di Curug Tilu diantaranya mandi di 3 tingkatan air terjun terbentuk alami Curug Tilu Ciririp Desa Sukasari berlokasi sekitar Gunung Buleud ini paling hits, karena lokasi ini sudah di bangun sedemikian rupa dari fasilitas jalan bagus, warung kuliner, Musholah, gajebo, kamar ganti pakaian, toilet umum dll dengan fasilitas ini tentu ini akan menjadi menarik dan nyaman.

Adapun Curug Jayanti persisnya berada di Kampung Cisaat, di Desa Sukasari selanjutnya Curug Cikanyayan sebagai tempat camping ground atau bermalam di hutan dengan berkemah sambil melatih diri di alam terbuka, menyaksikan indahnya Tampian-getek tempat bersandar Perahu dikawasan kampung Cilimpa Desa Sukasari Jatiluhur.

Info tambahan, nama Curug Tilu juga terkenal di wilayah Bandung Utara persisnya di Parongpong serta ada juga di daerah Ciwidey dengan sebutan Cirug Tilu Leuwi Opat (Air Terjun Tiga Sungai Empat)

Jalan menuju Curug Tilu Purwakarta bisa anda tempuh dengan berbagai kendaraan pribadi dengan satu rute terbaik melaui Babakan Cikao menuju Kecamatan Sukasari Jl. Raya Curug jalannya sudah jenis beton kokoh sampai lokasi.

Maps Curug Tilu Sukasari

Koordinat: 6°34'07.5"S107°16'49.3"E
(-6.568744,107.280354)


3. Curug Suhada Purwakarta


Curug Suhada juga merupakan wisata air terjun indah yang didaulat sebagai curug terbesar di Purwakarta karena wisata air terjun ini memiliki keindahan natural hasil sungai alam lokasinya sisi utara Gunung Lembu di Desa Sindanglaya, Sukatani, Purwakarta, jika anda berada di Waduk Jariluhur Curug Suhada Persis disebelah Selatan Danau Jatiluhur. Disekitar curug juga bisa digunakan sebagai tempat kemping.

Wisata-curug-air-terjun-terbaik-di-purwakarta
Curug Suhada di Sindanglaya, Sukatani, Purwakarta

Air terjun ini memiliki tinggi ± 7 meter dan memiliki banyak curugan banyak menyusuri batu-batu pemandangannya elok dan menawan dengan suara gemuruh airnya selalu menghiasai setiap detik waktu sampai tak terasa waktu yang lama terasa sebentar, cirug ini memiliki air yang deras jika sedang musim hujan dan sedang jika musim kemarau maka tak heran jika curug dari sungai diatas Gunung ini menjadi tempat paporite untuk memanjakan mata pengunjung, selalu ramai oleh wisatawan tempat ini sagat cocok untuk liburan di ahir pekan dan hari Raya.

Tidak ada tiket resminya untuk sementara curug suhada bisa dikunjungi secara gratis!

Umumnya yang datang ke Curug Suhada masyakat dari dalam dan luar daerah kebanyakan mereka tertarik dan terkesan dengan sensasi Adventure atau petualangan arung jeram lebih dari sekerdar rekreasi wisata, jika anda melewati atau di sekitar Waduk Jatiluhur Purwakarta dan sekitarnya jangan lupa mampir ke curug suhada.


Walau memiliki ketinggian tebing curug sekitar tujuh meter saja tapi curug ini tetap berkesan dengan aliran sungai sedang sangat pas untuk merasakan nyebur di curug suhada, lingkungan sekitar curug memiliki pemandangan yang indah bisa melakukan berkemah, cocok mengabadikan dengan mengambil gambar fotografi dan videografi dengan banyak sudut yang bisa dipilih.

Beberapa kegiantan pavorit di Curug Suhada seperti nyebur di bawah air terjun, jalan-jalan Sungai berbatu dan dibukit, relaksasi wisata alam menyehatkan, merasakan udara segar hutan dan kampung dengan hawa sejuk di pegunungan. Tersedia warung jajanan bagi pengunjung dan berbagai sofenir lainnya.

Untuk mendatangi pesona wisata alam ini kita bisa memulai perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil sampai lokasi, dengan jalan yang sudah bisa dilalui kendaraan roda 4, jalannya pun sudah sedemikian rupa dimodifikasi untuk wisatawan yang berkunjung jadi lebih nyaman. Silahkan di tinjau lokasinya dengan menggunakan maps yang anda punya di Gadget.

Address: Lokasi obyek wisata curug suhada beralamat Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawabarat, Indonesia 41167.

 Maps Curug Suhada Purwakarta.

4. Curug Mahrom Sukasari


Wisata Curug Mahrom adalah curug terindah di purwakarta, memiliki ciri khas unik air terjun bening kehijauan dibawahnya kolam (Leuwi) dan aliran air bercabang dua suasana masih asri sejuk segar alam pegunungan dengan balutan kebun hutan bambu serta pohon yang hijau.

Wisata-curug-air-terjun-terbaik-di-purwakarta
ScreenShoot: YouTube/Zaenal Arifin/

Wisata lain daerah ini pun baru-baru ini telah dibuka semenjak jalur Jl. Raya Curug rampung dibangun secara permanen sampai ke desa Ciririp dan didukung pemerintah Purwakarta agar lebih berkembang disektor pariwisatanya. Seperti penginapan tempat belanja dan pemancibgan.

Curug mahrom sendiri telah menyediakan fasilitas wisata yang lengkap namun tetap mengedepankan kesederhanaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan saat berjalan dan mandi di Air terjun alami ini pengunjung diharap menggunakan pakaian sopan dan tidak mbuang sampah sembarangan, untuk urusan lain di setiap wisata disiapkan pandu yang siap untuk ditanya dan diskusi.

Alamat lengkapnya Curug | Grand Canyon ini berada di Desa Kertanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta Jawabarat 41116.

Maps Curug Mahrom

Rutenya perjalanan untuk Jalan Raya sudah dicor dan ketika masuk ke gangnya (lorong) masih berbatu Peping tanah alami persawahan berbatuan alam dan sungai-sungai kecil.


5. Curug Cijalu Cipancar Perbatasan antara Subang-Purwakarta


Curug Cijalu dalam bahasa Indonesia diartikan Air Terjun Jantan atau Laki-laki Perjaka, bujangan ini merupakan tempat wisata Air Terjun terbaik dan populer wajib anda coba kunjungi untuk refrashing atau berlibur sebab Curug tertinggi di purwakarta-subang ini memiliki pesona luar biasa sulit di gambarkan dengan kata-kata saking indahnya.
Wisata-curug-air-terjun-terbaik-di-purwakarta
Wisata Alam Curug Cijalu Cipancar

Mepunyai tinggi tebing ideal ketinggiannya sekitar ± 70 meter saya baca di wikipedia, ketika pertama dibuka wisata air terjun yang berada di perbatasan Purwakarta dan Subang ini bernama Curug Cikondang artinya air terkenal (Sohor), lalu semenjak ada kisah yang terjadi dengan pendatang Jagoan-Pendekar yang masih Perjaka-bujang yang mempunyai taji dan Putri, Air Terjun yan berada di 1030 mdpl ini namanya menjadi Curug Cijalu.

Curug ini letak administratifnya disekitar perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Subang banyak orang yang mengatakan curug ini milik purwakarta dan juga milik Pemkab subang untuk itu saya masukan kedaftar Curug Purwakarta dan Subang saja.
Karena titik koordinat dan alamat Curug Cijalu berada di 6°42'36.1"S 107°35'24.9"E (-6.710022,107.590260) berada di Desa Cipancar, Serang panjang, Pusakamulya, Kiara pedes Kecamatan. Sagala Herang, Kab. Subang bagian Barat, Propinsi Jawa Barat. 41282.

Kegiatan yang bisa dilakukanTantangan- Rock Climbing, Cemping (berkemah) relaksasi mandi dengan guyuran air terjun.

Terbaru Harga tiket masunya Curug Cijalu 8 Ribu Rupiah saja.
Disisi jalan menuju Curug banyak pengamen dengan suara merdu dengan lantunan lagu sunda dan campuran.

Informasi Direction:
Kalau anda dari kota Subang lokasi ini jarak tempuh sekitar 36 km ke arah selatan dan diperkirakan sekitar satu jam lama perjalanan jika menggunakan kendaraan pribadi, untuk arahnya yang mau ke Wisata Ciater tapi belok di Cagak kearah Purwakarta.

Adapun kalau dari pusat kota Purwakarta anda akan menempuh jarak sekitar 25 km melewati situ Wanayasa, nanti pas di pertigaan pasar wanayasa perjalanan and berbelok dilanjutkan kearah timur yaitu ke jalan Cagak Subang, dari situ sekitar 5 km lagi nanti berhenti di kampung Legok Barong Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes tepatnya ada Pangkalan ojek dekat Gerbang perbatasan nah, dari situ ada jalan ke selatan anda tinggal belok saja ini sekitar 4 km nantinya akan ke Desa Cipancar Sagala Herang sampai di Curug Cijalu.

Dari kota Bandung 50 km lama perjalanan sekitar 1,5 jam kalau dalam keadaan lancar, dapat menempuh rute lembang ke Subang-Ciater-sampai di pertigaan Jalan Cagak belok kiri yang kearah Wanayasa nanti belok di Pusakamulya kearah selatan.

Jika anda dari Jakarta, Bandung, Karawang dapat melalui Tol Cipali keluar Pintu Tol mana saja dipurwakarta selanjutnya mencari ke arah wanayasa-Kiarapedes-Cipancar.

Untuk keadaan jalan dari beberapa daerah purwakarta sudah sangat baik dan bebes kemacetan walau di hari libur tahun baru atau Hari Raya, hal ini yang sangat disukai wisatawan.

Jika anda akan memuju kawasan rekreasi Air Terjun Cijalu letak geografisnya sangat mudah dicari dan banyak petunjuk atau menanyakan ke warga.
Apalagi memakai panduan pemetaan google.maps untuk mencari Curug Cijalu.

Maps Curug Cijalu

6. Curug Putri Purwakarta


Nama lain dari curug Putri (Anak Prempuan-Bidadari) sering juga disebut Curug Cibuntu ini masih berada disekitar Kawasan wisata Curug Cijalu persisnya sekitar 100 meteran saja, memiliki ketinggian sekitar 30 meter, airnya meluncur kebawah melintasi susunan batu gunung tajam berwarna putih bersih sementara tebingnya batu-batu hitam yang indah.
Wisata-curug-air-terjun-terbaik-di-purwakarta
Air terjun-Curug Putri/Cibuntu, Desa Cipancar

Jika anda ke desa Cipancar atau Curug Cijalu Pasti akan menemukan Curug Cibuntu ini suasananya indah baget.


7. Curug Ponggang


Destinasi wisata air terjun selanjutnya yang ada diantara Kabupaten Subang dan Purwakarta adalah Curug Ponggan Air terjun ini berada di Desa Ponggan memiliki debit arus air yang kadang deras dan sedang dikarenakan Curug ini dihasilkan dari sungai-kali alam Cilamaya gunung Burangrang Jawabarat. Memiliki suara khas yang bergemuruh dan airnya sedingin es akibat hawa sejuk dari pegunungan di bawahnya terbentuk kolam yang dapat dijadikan mandi dengan air jernih alami berwarna keijauan, bentuk curug ini seperti lorong yang berair atau gorong-gorong saja.

Hulu sumber atau mata air curug Ponggang berasal dari sungai Cilamaya yang mengaliri antara dua kabupaten dari gunung sampai kelautan utara pulau jawa, curug ini diwaktu musim hujan antara bulan Desember sering meluapkan air secara deras.

Awal tahun 2000 wisata air terjun ini begitu populer walau kala itu belum di kelola secara serius, wisatawan yang berkunjung semakin ramai hingga foto-fotonya viral di Instagram, wisatawan bisa nyaman bercengkrama dengan alam yang sangat cantik disela batu sungai.

Tapi ditahun belakangan wisatawan yang ke Curug Pongang seperti berkurang padahal tempatnya sangat bagusa kebanyakan yang dayang sebagian sari pelajar pecinta traking dan traveler sejati masyarakat daerah kurang tertarik.

Maps: Curug Ponggang


8. Curug Cilamaya


Sekilas Curug Cilamaya bagaikan Keturunan dari Curug terkenal diatasnya karena satu aliran dari Curug Cijalu dan Curug Putri sebagai sumber utamanya suasana asri sejuk pedesaan Cipancar Kecamatan Serang Panjang Kabupaten Sunag ini masih sangat terjaga terlebih lokasi yang berada dikaki Gunung Burangrang sangat menawan terlebih pepohonan Pinus sangat hijau masih terjaga keperawanannya.

Wisata-curug-air-terjun-terbaik-di-purwakarta
Wisata Air Terjun Curug Cilamaya, Pebatasan Purwakarta-Subang
Memiliki air yang bersih dan aliran yang bersahabat sugai cilamaya juga dimanfaatkan oleh warga desa untuk kebutuhan pertanian tanaman, sawah dan sumur (MCK) melalui sungai kecil dibuat selokan kecil dan pancuran. Sementara sugai cilamaya yang besar ini memiliki sejarah yang panjang yang melintasi tiga Kabupaten yaitu Subang, Purwakarta dan terahir di muara Cilamaya Karawang Laut utara Jawa.

Untuk imfastruktur atau jalan menuju lokasi-lokasi wisata Cilamaya sudah sangat bagus dan sangat mulus dari mulai Jalan Raya Serang Panjang sampai ke Desa Cipancar itu sudah mendukung untuk kegiatan wisata pokoknya.

Maps Curug Cilamaya


9. Curug Cilemper


Lokasi Curug Cilemper letaknya tidak jauh dari Curug Cijalu Desa Cipancar berdasarkan informasi diperkirakan hanya sekitar 500 meter saja cuma akses jalannya yang terjal dan tersembunyi membuat Curug Cilemper jarang yang mengunjungi, memiliki ketinggian yang pantastis menurut sumber wikipedia ketinggiannya sekitar 100 meter

Masih di kawasan yang sama terdapat 2 curug lainnya, yaitu curug Putri dan curug Cilemper. Curug Putri berada 100 meter dari curug Cijalu sedangkan curug Cilemper berada sekitar 500 meter dari curug Cijalu. Curug Cilemper lebih tinggi dari curug Cijalu yaitu sekitar 100 meter, debit airnya pun lebih besar. Namun karena letaknya yang tersembunyi dan jalan menuju curug ini cukup terjal sehingga tak banyak pengunjung yang sampai ke curug ini. Di kawasan Cijalu juga terdapat camping ground di bawah hutan pinus.

Maps Curug Cilemper

Itu adalah beberapa Obyek wisata air terjun-curug yang ada di Purwakarta dan subang jawabarat, semuanya terbaik dan populer wajib dicoba mengunjunginya.

8 komentar untuk "9 Wisata Air Terjun (Curug) Terpopuler di Purwakarta"

  1. yang curug putri itu kayaknya bagus tempatnya ya mang
    tinggal fasilitas dan jalan nya saja yg mungkin di benahi
    mungkin jika d poles lagi bisa jadi tempat wisata yang keren

    BalasHapus
  2. Wisata alam air terjun begini pasti dingin suasannya.
    Ga terlalu tinggi tapi bagus ya bentuk2nya.

    BalasHapus
  3. Wah... jalan-jalan ke curug memang sangat mengasyikkan dan menyejukkan hati.

    tetaplah berhati-hati saja apalagi sekarang masih sering turun hujan. :D

    selamat bersenang-senang ..

    BalasHapus
  4. Wow. Ciptaan Tuhan yang begitu indah.
    Purwakarta banyak juga ya air terjunnya.

    BalasHapus
  5. menarik juga, kenapa dinamakan Curug Suhada ya??
    Mungkin banyak banyak pejuang kemerdekaan yang syahid disana ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada sejarahnya untu dipurwakarta ada beberapa tempat yang di beri nama Islami seperti curug mahrom.

      Hapus
  6. Wow banyak juga air terjunnya ... , kayak di Magelang nih.

    Pemandangan curug Suhada keren.
    Limpahan air terjunnya melebar.

    BalasHapus
  7. Curug yg mna saja yg bisa dilewati mobil dengan nyaman ?

    BalasHapus