Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengedit HTML Template/tema Blog di HP Android dengan Quoda

Cara Edit HTML di Android - Sobat blogger harus mengakui bahwa mengedit templete / tema blog merupakan satu yang paling penting dalam perangkat apapun termasuk saat mepet hanya ada HP Android atau Smartphone seluler.

Studi kasus sebagian Blogger yang ngeblog dengan menggunakan Smartphone (termasuk Saya) biasanya sedikit kesulitan, frustasi karena kehabisan akal saat terbentur ketika ingin melakukan banyak hal di HP seperti menambahkan kode CSS, memasang kode iklan, edit menu navigasi sesuai kriteria Adsense dan editing HTML lainya. Padahal kan, blog adalah suatu bisnis online yang mudah bisa dijalankan oleh siapa saja, asal dengan perangkat digital dan dimana pun tempatnya.
Cara Edit HTML Template blogger di HP AndroidCara Edit HTML Template blogger di HP Android
Jika mengedit HTML melalui browser di HP langsung, masalah yang terjadi tab hanya bisa membuka halaman HTML, tapi tidak mampu menanggapi dan mengenali bahasa program HTML, jadi untuk aktvitas editing seperti sentuhan jari (mengetik, memotong, menggopy dan lainnya) tidak bisa merespon, bahkan mengakibatkan browser lag (berat) yang tidak jelas.

Bagaimana Cara Edit template Blog lewat Android?


Edit HTML di HP bukan sebuah kendala serius dengan alasan tidak bisa mengedit secara jangan langsung di browser karena bisa dengan Aplikasi pengeditan kode HTML Android yang mampu mengedit kode HTML template AMP maupun Non AMP blogger dengan file XML, dengan mendownload tema terlebih dahulu, Pada kasus Anda perlu Aplikasi pengeditan kode HTML website blog untuk Android.

Harus diakui lumrahnya ngeblog paling enak dan nyaman dilakukan di rumah dengan menggunakan laptop karena lebih mudah untuk melakukan apapun termasuk edit HTML template bisa sambil ngopi, tapi kesibukan pekerjaan atau urusan sampingan lain, sering membuat kita hanya memegang HP dan jauh dari perangkat komputer atau Laptop, terpenting ketahui bagaimana cara edit HTML selain di Komputer.

Nah, jika sobat blogger memiliki Smartphone Android, itu sudah cukup untuk ikutan ngeblog dan mendapatkan penghasilan uang tambahan dari giat menulis di blog. Karena Android bukan hanya untuk digunakan sebagai alat komunikasi saja, karena sekarang Android bisa sebagai alat untuk bisnis blog sekaligus sebagai alat untuk pengeditan templete blog tersebut. Nah itu sekilas informasiny, kita langsung ke tutorial bagaimana cara melakukan edit HTML tema blogger di HP seluler.

#1. Cara Edit HTML di HP, Tablet Android

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menginstal aplikasi yang bernama Quoda kenapa harus Quoda (karena banyak selain dari Quoda) karena aplikasi ini sudah saya pakai dalam mengedit HTML tema blog yang saya gunakan dan terbukti lancar dan sukses.

1. Unduh aplikasi Quoda for Android berikut linknya:
https://play.google.com/store/apps/details?
jika Anda sudah punya tinggal langsung ke langkah berikut

2. Login (masuk) ke blogger melalui browser, pilih blog yang akan di edit.

3. Pada menu klik "Tema" > Klik "Beckup / Pemulihan"
Cara mengedit HTML Template blogger dengan HP Android
Pilih menu "Tema" > "Beckup / Pemulihan"

4. Pada tab selanjutnya, klik "Download tema" (pada tahapan ini tema secara otomatis ada di File Manajer/dokumen Android Anda.
Bagaimana cara edit HTML template / tema blog lewat layar android
Tampilan cara edit template blog lewat android

...Tinggalkan sebentar blog, lalu?

5. Buka "Dokumen atau histori unduhan" Smartphone Android Anda > Cari file xml tema yang telah di download, (disarankan untuk merubah nama file-nya tersebut biar mudah dicari lagi ketika di pasang lagi ke blog) > Lalu "Klik buka dengan Quoda" (saat di klik untuk membuka biasanya secara otomatis file xml tema akan terbuka oleh Aplikasi Quoda)
Cara Editing HTML tema blogger di layar HP Android
edit HTML di hp

6. Selanjutnya, Cari kode yang ingin di Edit atau di tambahkan kode script iklan atau editing HTML lainya.

7. Untuk memudahkan mencari kode yang banyak, Anda gunakan Find, silahkan buka menu sudut atas nanti pilih "Find" selanjutnya tinggal ketik saja kode pada Search Find Quoda, cari keatas kebawah jika kode memiliki banyak persamaan.
Bagaimana caranya agar mudah Edit HTML Template blogger di Smartphone Android pakai Aplikasi Quoda
Gunakan opsi "Find" untuk mencari kode HTML template

(disini aktivitas mengetik seperti biasa bisa Anda atur memotong, copy paste dll seperti pada komputer / laptop)

8. Setelah proses edit HTML selesai, tinggal "Klik tanda Simpan di memori" (dengan ini kode sudah otomatis berhasil tinggal pasang kembali.

9. Caranya? Buka tab Blog lagi posisinya persis dibawa yang tadi Anda download: Klik menu Tema>Beckup / Pemulihan> Klik "Pilih File" selanjutnya tinggal pilih file yang tadi Anda disimpan hasil di edit Aplikasi Quoda.
Cara Edit HTML tema blogger dengan file XML di hp Android
Klik "Upload" lalu pilih file yang di simpan hasil edit Quoda

Kemudian Klik "Upload" Jika tidak terjadi kesalahan dalam mengedit tema biasanya berhasil di maksimalkan walaupun dengan perangkat HP Android.

#2. Cara lain, Menggunakan Aplikasi DroidEdit Free

(ini solusi jika anda kurang puas dengan Quoda bisa) 

1. Silahkan download DroidEdit Free terlebih dahulu berikut linknya:

...Download tema seperti biasa.

2. Buka DroidEdit Free, langsung klik Menu pojok bawah > kemudian Pilih "Local" > Cari File xml tema yang telah Anda download tadi.
Buka tema dengan Aplikasi DroidEdit Free

3. Setelah terbuka kode HTML dari tema, Anda tinggal cari kode yang akan di edit atau tambahkan suaya cepat dan mudah? menggunakan menu pencarian (Find) misalnya kode <body> ketika saja <body> pada "Find" lalu klik cari, silahkan edit sampai selesai.
Cara Mengedit html template blog di HP Android

4. Setelah selesai tinggal menyimpan pada perangkat lagi, caranya?
Klik menu samping > Save as > Local > Ubah nama file  (supaya mudah mencarinya) > Create.
Cara menyimpan html hasil editing di hp Android

5. Terakhir Tinggal di upload lagi ke blog Anda.

Bagaimana mudah sekali bukan mengedit HTML blog di Android?

Catatan!
Saya melakukan editing tema dengan platform blogger atau blogspot, tutorial ini mungkin untuk Anda yang menggunakan platform blog berbeda seperti WordPress dan lainnya tidak jauh beda.

Alasan saat Anda memutuskan edit HTML template di HP Android

Di Android banyak sekali Aplikasi yang sudah mendukung untuk editing HTML tema menambah Jquery, CSS, JavaScript dan berbagai bahasa program lainnya, yang bisa  Inspect dan langsung Edit HTML, mungkin Anda pernah menggunakan selain Aplikasi Quoda.

Umumnya mereka melakukan agar tampilan blog menjadi lebih baik SEO atau urusan bisnis lainya, seperti membuat Pop up untuk berlangganan, Ads sticky (untuk menampilkan iklan melayang) dll.

Nah, Sobat blogger semoga setelah mengetahui cara edit HTML tema blog di perangkat Seluler seperti Tablet, HP Smartphone Android yang sebelumnya dianggap susah ternyata mudah dan bisa dilakukan lewat proses Aplikasi yang mampu mengedit bahasa program HTML template AMP maupun Non AMP blogger. Semoga bermanfaat untuk belajar coding.

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya:

17 komentar untuk "Cara Mengedit HTML Template/tema Blog di HP Android dengan Quoda"

  1. Akkkk pusing kalo di hapeeee. enakan di komputernya langsung aja. Enak liatnya. Leeebaaar. hahaha

    BalasHapus
  2. Semakin mudah yah dgn kemajuan teknologi

    BalasHapus
  3. Saya enggak bisa kalau di HP ahahaha harus di laptop/komputer baru mudeng dikit-dikit sama HTML :D

    BalasHapus
  4. belum pernah coba edit pakai smartphone nih, sejauh ini masih di laptop aja. tapi saya takut pusing kepala kalau diedit dengan hape karena layarnya kecil. hehe

    BalasHapus
  5. he..he.. sama donk dengan saya kang..
    saya edit template menggunakan hp juga, tapi menggunakan aplikasi jota text editor

    BalasHapus
  6. Wah ternyata bisa juga yah edit-edit template lewat hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas bisa banget, kalau untuk edit mendesak bisa dan lancar.

      Hapus
  7. Kalau saya sih jarang edit html template... kalau keasyikan suka lupa bikin artikel

    BalasHapus
  8. Yap sama mas saya juga kalau sedang malas pakai laptop saja.

    BalasHapus
  9. ribet.. tapi nice info om.

    BalasHapus
  10. Mantap kak tutorial nya, tapi agak susah juga kalau utak atik theme pakai hp ;)

    BalasHapus
  11. Harus download dan upload ulang tema ya, kira2 tdk ada yang langsung edit ke tema blog langsung?

    BalasHapus
  12. Ribet juga ya hahaha maklum gk ngerti bahasa html dll hihihi

    BalasHapus
  13. Nyoba² muter² cari kotak find d kode HTML, teryta lewat file manager ngutik² nya 🙈

    BalasHapus
  14. Kasih tutorial gan untuk ubah ukuran tulisan post di theme onepress gan.. Soalnya saya ada theme onepress yang premium tapi kalau di lihat ukuran atau tempat tulisan posting yang saya upload kayaknya kecil gitu karna saya mau coba bikin jadi web comic atau manga gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan ke menu edit tema>>kemudian pilih sesuaikan>>lalu klik Lanjutan, Nah disitu agan bisa setting ukuran, warna hingga tipe tulisannya.

      Untuk sekarang saya belum sempat tulis tentang blog lagi, tapi semoga artikel ini membantu.

      Hapus