Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Menu Navigasi Daftar isi Blog Sesuai Kriteria Adsense

Cara Desain Menu Navigasi tampilan daftar isi satu kategori blog - Sebagai pemula saya pernah kebingungan bagaimana cara menyusun elemen pada menu heder yang merupakan bagian penting dalam urusan tampilan dan keterbacaan menu navigasi untuk fungsi blog yang baik dan benar, juga sebagai kriteria menu blog untuk didaftarkan ke google Adsense sekaligus sebagai menu yang memudah ditemukan pengunjung juga mudah digunakan dalam mencari konten dalam situs.

Seperti pada template yang saya pakai (EvoMagz dan VioMagz) sudah tersedia struktur untuk menu navigasi yang disajikan lengkap dari menu utama dan sub menu dengan sangat responsive yang siap menampilkan menu horizontal pada versi desktop maupun dropdown pada mobil seluler. Jujur pertama saya tidak tahu harus di isi dengan apa menu-menu tersebut, apakah dengan link menuju ke label/kategori atau ke daftar isi blog per label, dengan Tols atau menu lain?

Untuk blog yang baru atau belum keterima dan akan mendaftar sebagai penayang Adsense, saran dari Mas Sugeng yang sekaligus selaku desainer template ini menerangkan dalam artikelnya "untuk mengatur menu navigasi diusahakan tidak mengarah ke halaman kategori atau label melainkan buat link yang mengarah ke postingan secara langsung" caranya silahkan modifikasi sendiri buat manual pada halaman statis.

Cara membuat Menu navigasi Daftar isi Blog sesuai Kriteria Adsense

Tetapi saya tidak mengikuti saran tersebut melainkan mencoba membuat menu yang di isi dengan link ke label tidak ke halaman postingan, dan alhasil ketika dulu mencoba daftar Adsense blog saya ditolak dan disarankan situs harus memiliki navigasi yang jelas. Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi karena penataan menu navigasi link ke label atau memang situs blog Saya yang belum layak untuk menayangkan program iklan dari google.

Bagi sobat blogger yang ingin tahu bagaimana cara membuat menu navigasi dengan link ke posting langsung seperti ini silahkan ikuti tutorial berikut ini:

Cara Membuat Menu Navigasi daftar isi ke satu Label


Perlu diketahui perbedaan menu navigasi link ke Kategori dan link pada postingan sebagai berikut:

  • Tapi jika membuat menu navigasi link langsung ke halaman blog (page) statis: Isi menu biasa ditambah dengan kata dan tipe navigasi lain tampilan mirip dengan Sitemap tapi khusus satu kategori, Contoh link ke page/postingan: http://mudahrizki.blogspot.com/p/blog-page_96.html
Jadi sudah jelas kan mana link ke label dan mana link yang langsung ke Halaman/page untuk dibuat menu navigasi blog?

Langkah dalam Membuat Menu Navigasi daftar isi satu kategori/label

1. Login atau buka blogspot Anda > pada Dashboard pilih menu Laman > klik buat Laman baru > tulis judul pada kolom titel sesuaikan dengan kategori yang akan Anda buat.

2. Selanjutnya copy script dibawah ini kemudian paste/tempelkan kode pada mode masukan HTML (ingat! pada HTML)
</div>
<script>
var numposts = 999;
var standardstyling = true;
</script>
<script src="https://sites.google.com/site/komporgas130/postlabel_kompor.js?attredirects=0&amp;d=1" type="text/javascript"></script>
<br />
<ol>
<script src="https://mudahrizki.blogspot.com/feeds/posts/default/-/Tips%20Blogging?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=999">
</script>
</ol>
</div>

3. Jika sudah di pasang atur bagian kode yang berwarna dengan link dan label blog Anda perhatikan pedoman berikut:
  • Bagian kode 999 berwarna biru adalah perintah jumlah artikel yang akan ditampilkan; silahkan ganti atau biarkan agar postingan tampil lebih banyak.
  • Untuk kode https://mudahrizki.blogspot.com warna hijau ganti dengan link/url blog Anda.
  • Terakhir Tips%20Blogging warna merah ganti dengan nama Label blog Anda;
Catatan Penting!
Untuk memasukkan nama label harus diperhatikan betul seperti huruf kapital (A a) urutan huruf atau penggunaan Spasi agar sesuai dengan tulisan label di postingan bisa pelajari seperti dibawah ini:

Contoh: jika di postingan anda "Blogging" maka tulis Blogging; tapi jika nama label terdiri dari 2 suku kata seperti: "Tips Blogging" maka bagian spasi harus diganti %20 detilnya menjadi /Tips%20Blogging? yang dimasukkan pada kode label.

Jika Anda masih bingung mencari yang mana sih Label  di postingan itu? Berikut gambar Label pada blog
Cara membuat Menu navigasi Daftar isi Blog sesuai Kriteria Adsense


4. Jika sudah diatur semua Anda bisa coba lihat Pratinjau terlebih dahulu, jika tampilannya benar tinggal klik Publikasikan. Selesai.

Pada penjelasan dan gambar di atas kode dipasang pada halaman statis dan dipasang pada menu dropdown sebenarnya kode itu bisa di bagian sidebar blog itu telah saya coba tapi menurut hemat saya dijadikan elemen menu navigasi adalah paling baik.







5 komentar untuk "Cara Membuat Menu Navigasi Daftar isi Blog Sesuai Kriteria Adsense"

  1. pernah buat sebelum ini tapi sy deletešŸ˜¬

    BalasHapus
  2. wah ini yang saya cari, mas tolong kasih masukan buat daftar isi blog saya, benar-benar berkelas mas, #salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daftar isi blog (Sitemap) sangat banyak sekali macamnya mas secara otomatis biasa digunakan termasuk untuk memudahkan para mesin telusur menemukan beberapa konten di blog kita coba gunakan saja yang versi show click desain Arlina yang pernah mas baca kemarin.

      Hapus
    2. oh oke, terima kasih mas atas rekomendasinya. salam

      Hapus
  3. Punya saya kok gak muncul ya?

    BalasHapus