Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 10 Travel Blogger Sukses Indonesia Terbaik 2018 Terkenal Mendunia

Mencontoh penulisan perjalanan wisata ala travel blogger sangat mudah agar mempunyai sajian Artikel menarik. Tahukah anda para pencari informasi wisata rata-rata merasa puas dengan apa yang ditemukan di halaman pertama Google, artinya pembaca informasi tentang wisata merasakan lebih dari sekedar mencari tahu dimana tempat wisata tersebut, tapi akan mengenai siapakah yang menulis artikel tersebut.

Sajian artikel travel bukan saja dari penataan foto yang bagus, juga panjang Artikel agar mendapatkan perhatian dari pembaca, tetapi bagaimana didalam Artikel tersebut mengandung makna dan informasi lengkap sarat untuk agar berita tentang pariwisata menjadi berkualitas sampai banyak orang yang suka jatuh hati terhadap tulisannya.

Sehingga di halaman depan google rata rata selalu mendapat sitelink atau peta lengkap mengenai tempat yang di cari seperti tips tiket atau harga total biaya berlibur termurah.

Seperti cara menulis 10 Travel Blogger Indonesia terbaik berikut mereka sudah memiliki banyak penghasilan dan menjadi populer dari hobi bepergiannya. Ternyata mereka sudah memberikan dampak positif bagi pariwisata Indonesia hingga mendapatkan penghargaan juga perhatian pemerintah, selain hasil materi.

Inilah Top 10 Travel Blogger Indonesia Go Internasional



Nah, berikut ini saya coba review Top 10 Travel Blogger Terbaik Indonesia yang rata-rata sudah menemukan apa yang mereka inginkan dari hasil menuliskan kisah traveling sampai Go Internasional hingga mendapatkan Penghargaan Duta wisata sampai menjadi tamu Menteri dan acara Talk Show di TV sebagai Narasumber diantaranya:

1. Adam Poskitt dan Susan Natalia pergidulu.com


Pasangan suami istri yang menikah di tahun 2012 di Pulau Dewata (Bali) memiliki impian dan hobi yang sama yaitu bepergian dan wisata, sudah pernah mengunjungi total 60 negara, seperti yang saya baca di blog nya, yang rata-rata daftar negara yang mereka kunjungi adalah dambaan semua para traveler seperti ke negara-negara di Eropa, Asia (Maldives), Australia dll.

Inilah 10 Travel Blogger Sukses Terbaik Indonesia 2018 Terkenal Mendunia
Gambar diambil dari: pergidulu.com

Mereka mengklaim tidak mempunyai pekerjaan tetap selama ini, sehari-hari hanya bertemankan laptop, paspor dan kecintaannya dengan perjalanan yang membuat waktu terus berjalan.

Dalam menilis Artikel Ia hanya mencaritakan pengalaman seperti mencurahkan isi hati ketika melihat susana keindahan, menikmati kuliner khas negeri dan daerah menjadikan sosok Ia begitu banyak pengikutnya di beberapa Media Sosial miliknya.

Tercatat Followers Adam dan Susan yang saya lihat di pergidulu.com Instagram sekitar 52.000 Followers, Twitter 45.000, Facebook hampir 6.000 ditambah dengan penonton YouTube hampir 1000 pelanggan tetap.

Jika dilihat secara intenal pendapat dari tayangan para pengikutnya parhari sangat memungkinkan hasil dari travel blog-nya mendapatkan gaji untuk terus keliling dunia.

2. Wira Nurmansyah Travel Blogger dengan blog wiranurmansyah.com


Wira Nurmansyah adalah seorang Travel blogger memiliki hobi perjalanan dan wisata dan menulis di blog independen pribadinya, jika Dia bepergian kemampun seluruh Indonesia hanya sendirian kegemarannya mengambil foto apasaja sampai mendapatkan apa yang ia temukan, lalu ditulis cerita dan diunggah foto tersebut di blognya, hingga kini Ia telah memiliki pencapaian yang luar biasa.

Diantara kegiatan travelingnya seperti menyelam di laut, mendaki yang disana ia mendapatkan kepuasan atas apa yang dilakukan. Hasilnya apresiasi pun tidak sedikit banyak media massa seperti koran dan majalah memajang tentang dirinya sampai satu halaman penuh.

10 Travel Blogger Sukses Terbaik Indonesia 2018 Terkenal Mendunia
Gambar dari: About/wiranumansya.com/travel blogger populer media cetak dan digital
Pengunjung blog wiranurmansyah.com pun banyak dari kalangan penggemar fotografi atau keindahan juga dari Agen Perjalanan Wisata. Rata-rata tujuan mereka untuk mendapatkan informasi perjalanan dan gambar yang dianggap membantu juga menarik minat wisatawan.

Pendapatan terbesar banyak dari kerjaan sebagai duta wisata dan promosi perusahaan terkemuka juga pemerintah, sampai menjadi topik di koran dan majalah seperti:

Ambasador Maskapai penerbangan: Airasia Garuda Indonesia dll.
Otomotif: Toyota, Daihatsu, dll.
Dari Perusahan Smartphone dan elektronik: Samsung, Nokia, BenQ, Canon, XL Axiata, Telekom, Indosat dll.
Perusahaan Travel:  Airy Rooms, Ezy Travel, Panorama Magz dan banyak lagi. (Diambil dari profil blognya)

Karena pencapaiannya banyak media cetak dan digital membahas tentang dirinya:
Wanita Indonesia, Pikiran Rakyat, Majalah Marketeers, Jakarta Globe, Kompas.com, Menjadi Profil di Blog pergidulu.com dan Blogger Indonesia lainnya termasuk terakhir di blog ini.

Cerita tentang Wira Nurmansyah banyak menjadi inspirasi atas yang telah dia capai untuk para Travel Blogger lainnya termasuk Saya sendiri, semoga menambah wawasan bagaimana mencapai gemilang kesuksesan di bidang blog.

3. Chocky Sihombing chockysihombing.com


Kisah perjalanan ke semua Provinsi di Indonesia dan Internasional, diantaranya Eropa Asia Australia. Kegemarannya berjalan-jalan dibarengi dengan menyalurkan hobi menulisnya di blog.

Inilah 10 Travel Blogger Sukses Terbaik Indonesia 2018 Terkenal Mendunia
Image Chocky Sihombing Diikuti: instagram.com

Dilihat dari semua artikelnya tulisan Chocky Sihombing sangat lengkap dan serius jika menulis artikel seperti bagaimana cara memesan penginapan paling cerdas secara hemat dengan Aplikasi atau pesan online yang menawarkan harga yang paling murah di Indonesia.

Menggunakan foto yang berkualitas bagus, foto khasnya seperti: fose di tempat yang paling tinggi, indah, menampilkan ruangan kamar hotel secara profesional lengkap dengan hal-hal unik lainnya.

Menuliskan tempat pariwisata seperti bercerita dengan teman atau sahabat, dan diantara perhalaman artikel selalu di berikan pula Tips dan Trik cara berlibur hemat juga persiapan perlengkapan bepergian.

Chocky Sihombing besar di kota Yogyakarta yang memiliki hobi bepergian snorkeling, berenang seperti kebanyakan orang cuma bedanya kegemarannya ditulis di blog hingga ribuan orang perhari yang membacanya.

Nah, mungkin sobat blogger pernah melihat dan terinspirasi dengan artikel-artikelnya, Saya lihat blog-nya dinamis cocok untuk kita belajar.

4. Al-Marhum Moechamad Adi Mariyanto Travel Blogger Ramah dan Sederhana di cumilebay.com


Travel blogger yang satu ini tercatat mulai ngeblog sejak tahun 2012 Beliau terkenal sangat cinta dan rajin memosting artikel tentang jelajah wisata budaya Indonesia sampai ke luar negeri, menulis artikel jenaka sampai ekstrim. (Tapi Beliau kini telah tiada menurut berita meninggalnya disebabkan mengidap MAG kronis)

Ciri khas penyajian artikelnya sangat ramah sederhana dengan tulisan warna warni layaknya kehidupan ini.

Inilah 10 Travel Blogger Sukses Terbaik Indonesia 2018 Terkenal Mendunia
Gambar dari: instragram

Untuk blog templatenya sangat sederhana sekali seperti menggunakan tema blogger default, tapi jika dilihat kontennya sangat berkelas.

Kesan ceria adalah ciri khas blog Mas Toro, tapi penyampaian informasi seputar wisata dan kuliner Indonesia dan dunia sangat membuat fans terhibur dengan gayanya yang khas terkenal ramah di beberapa sosial media.

Terimakasi Moechamad Adi Mariyanto, lebih akrab disapa Mas CumiLebay. adalah salah satu travel blogger Legendaris yang situs blognya masih ramai dikunjungi untuk belajar.

5. Arief Rahman di blog backpackstory.me


Arief Rahman mengatakan di profilnya bahwa " mas bekerja sebagai pegawai dan ingin bersumbangsih dan memajukan pariwisata Indonesia dengan blog" sebagai harapan untuk dilirik oleh Presiden sebagai Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Indonesia.

Menuliskan tentang pariwisata dengan serius dengan candaan, tapi yang penting selalu menyuguhkan informasi keindahan alam secara baik untuk masalah pariwisata.
Travel blogger Indonesia paling heboh 2018 sudah go Internasional

Sejak menjadi travel blogger Arief Rahman telah di anugerahi beberapa penghargaan tentang pariwisata diantaranya:

  • Indonesia's Best Travel Blog of the Year 2014 by Skyscanner Indonesia
  • Didaulatsebagai travel blogger yang berpengaruh di Indonesia.
  • 6 terbaik versi majalah Panorama.
  • 50 0travel blogger ASEAN dari Indonesia di tahun 2018
  • dan menjadi review dan pelajaran para blogger Indonesia lainnya.


Selain itu Ia juga telah menerbitkan 9 buku ke luar negeri tentang pariwisata Indonesia contoh judul: Jakarta Bandung Jogja, Born to Travel dll.

Anugerah terbesar lainnya di tahun 2014 berkesempatan berfoto dengan Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya.

Sukses buat Mas Arief Rahman.

6. Danan Wahyu Sumirat di blog dananwahyu.com

(Gambar profil menunggu konfirmasi)

Berkisah menjadi seorang pegawai yang kesulitan tinggal di hutan untuk koneksi internet, sampai ahirnya menjadi senang berjalan wisata sampai bergabung dengan komunitas backpacker.

Tulisannya diambil dari kisahnya berjalan-jalan dan bertanya jawab dengan orang selalu ditulis oleh nya ia tidak memikirkan mengenai SEO untuk blognya, tapi setiap artikel selalu lengkap dengan informasi mendetail hingga mendapatkan perhatian dari pembaca setia dan media informasi.

Karena ke cintaanya kepada apa yang dia tulis tentang pariwisata Danan Wahyu Sumirat mendapatkan Award di beberapa media berita cetak dan ekektronok online sampai TV sebagai travel blogger yang berhasil mengangkat pariwisata Indonesia ke dunia Internasional.

Seperti:
Insfirasi Jurnalis NET TV
Terpampang di Travelvista harian Media Indonesia yang bertema "Pulau Palambak, Pesona di Balik Ombak" tahun 2012
Ditulis di Kompas dan Kompasiana
Artikelnya jadi inspirasi dan di tulis di Majalah Get Away
Dan sejumlah prestasi lainnya yang dapat menjadi inspirasi bagi semua yang menyimak tulisannya.

7. Farchan Noor Rachman seorang Travel Blogger di efenerr.com


Farchan Noor Rachman adalah seorang penulis, internet marketing, Sosial Media Strategist.

Mulai menulis di blog sejak 2011 sebagian besar menceritakan peristiwa perjalanan dan sebagian menulis artikel lainnya penyajiannya yang dari sudut pandang tidak jauh dari aktivitas wisata dengan gaya jurnalis. Ia juga masih aktif sebagai penulis di media massa Nasional.

Travel blogger Indonesia sukses terbaik terpopuler 2018 sudah go Internasional
Gambar dari About/efenerr.com

Kegemarannya melakukan perjalanan yang di tulis di blog pribadinya seperti melakukan perjalanan dengan pesawat.

Tulisan kelihatan sedikit aneh mulai dari hal-hal kecil simpel yang tidak mungkin orang menulisnya coba bayangkan seperti ini: keramaian orang-orang saat di Air Port, foto sedang membeli tiket, jam penerbangan, menu makanan di atas pesawat, tisu makan, sarana hiburan memainkan game dan hal kecil lainnya.

Selanjutnya ia juga menggambarkan bagaimana kesan saat di pesawat, foto diatas pesawat.

Tidak seperti travel blogger lain Mas ganteng ini followers di media sosial sangat jarang coba lihat pengikut Google Plus hanya 555, tapi mendapatkan berbagai kesempatan yang bisa di banggakan oleh Nya sampai didaulat sebagai travel blogger top 10 di Indonesia.

8. Rijal Fahmi Mohamadi dengan blog catperku.com


Rijal Fahmi Mohamadi mengatakan tadinya sebagai pegawai kantoran dan kini lebih memilih lepas bukan karena malas tapi untuk totalitas sebagai travel blogger Indonesia yang bebas dari aturan pekerjaan.

Memiliki blog bernama catperku dari singkatan catatan perjalananku sesuai keinginan nya bepergian melihat ke seluruh Indonesia dan dunia internasional yang memang memberikan segalanya.

Travel blogger Indonesia terbaik  2018 sudah go Internasional
Gambar: about/Rijal Fahmi Mohamadi/capterku.com

Hobi kuatnya mengeksplor ragam budaya Indonesia sampai ke pelosok negeri dan ikut serta dalam festival budaya. Seluruh kegiatan travelingnya di tulis di blog secara lengkap, termasuk bagaimana cara melakukan perjalanan touring tips berkendara aman, sampai peta traveling dan travel itinerary.

Semua kegiatan traveling ia ikuti dari Indonesia dan luar negeri, harapannya hingga nanti pensiun di kampung halamannya.

Memiliki Misi yaitu menyebarkan sangat dan motivasi semua orang bisa traveling yang menyangka menjadi traveler itu barang mahal, ternyata tidak justru akan mendapatkan pengetahuan yang tidak pernah didapatkan di bangku sekolah.

9. Katerina S Travel Blogger Cantik pemilik travelerien.com


Katerina S adalah sebagai salahsatu travel blogger Wanita Indonesia yang berwajah Cantik foto di Akun Instagramnya terlihat profesional, kesukaannya berfotografi dan tercatat telah menulis di media cetak seperti majalah dan koran nasional.

Juga sebagai kontributor Majalah penerbangan Garuda Indonesia, dan majalah popular lainnya, juga di koran pikiran rakyat, tribun dll.

Travel blogger Wanita cantik Indonesia terbaik 2018 sudah go Internasional
Instagram/travelerien

Untuk saat ini Katerina S adalah sosok travel blogger yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang tulisan apasaja selain traveling diantaranya: fashion, teknologi, informasi, kuliner dll.

Silahkan jika sobat ingin belajar dengan melihat tulisan dan beberapa prestasi Dia dalam urusan menulis Katerina S pokoknya sudah jangan diragukan lagi.

10. Adis Takdos dengan blog whateverbackpacker.com


Adis Takdos terkenal seorang travel blogger backpacker Indonesia yang bisa berhemat dalam urusan biaya bepergian juga menjadi travel blogger yang sudah go internasional tapi dengan biaya hemat, penasaran bagaimana caranya? Ia juga banyak mendapat pujian dan sebagai narasumber TV Nasional.

Travel blogger backpacker Indonesia paling hemat dan Terbaik 2018 sudah keliling dunia
Takdos/Instagram

Yuk kita lihat artikel yang terakhir diposting: wah sangat menarik panjang sekali tulisannya menyimpan banyak gambar untuk kisah perjalanan ke Macau dari mulai sudut kota sampai foto tidur memberikan informasi tentang kualitas suatu tempat dengan baik.

Gaya bahasa Adis Takdos terbilang sangat mudah dipahami dan gaya trend anak muda banget.

Bahasan Artikel seputar kelebihan dan kesenian budaya serta kemudahan transaksi seperti pemakaian kartu kredit jadi prioritas utama setiap tempat wisata yang di luar negeri dengan hemat.

Silahkan dilihat: Cara Liburan Hemat sampai Gratis ala Travel Blogger

Itulah ke sepuluh travel blogger yang sekarang ini banyak orang mengenal dan tercatat sebagai traveler yang bisa mengangkat minat masyarakat untuk memajukan sektor pariwisata seperti menuliskan dan mempromosikan ke dunia luar.

Kesimpulan

Dilihat dari semua Saya bisa simpulkan kesuksesan yang travel blogger diatas dasari dari hobi dan kecintaan terhadap melihat dunia luar sangat murni dari hati, tidak selalu pada saat membuat Artikel saja pada setiap profilnya selalu memberikan bagaimana seperti apa sebenarnya tujuan memutuskan totalitas menjadi travel blogger.

Terutama mereka menyajikan informasi lengkap tentang dunia perjalanan dan pariwisata, sampai menghasilkan itu bukan tujuan utamanya.

Survey tentang pembaca tetap atau baru travel blogger diatas mereka merasakan sensasi lebih jika melihat dan membaca artikel menambah rasa kagum akan keindahan dunia terutama tentang kualitas alam dan budaya juga kuliner Indonesia.

Tapi apa jadinya jika blog tentang wisata sajiannya asal-asalan kurang lengkap dan penataan gambar tidak teratur? Pasti pembaca berinisiatif untuk meninggalkan halaman tersebut, lalu pindah ke yang lain.

Disini jika Anda ingin seperti mereka bisa mencontoh tata dan gaya penulisan artikel di blog mereka untuk belajar.

Untuk itu silahkan pelajari:

7 Rahasia Cara Menjadi Travel Blogger Sukses

22 komentar untuk "Inilah 10 Travel Blogger Sukses Indonesia Terbaik 2018 Terkenal Mendunia"

  1. Blogger-blogger fave saya nih... khususnya alm mas Toro. Sangat menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas, semua orang hebat terimakasih.

      Hapus
  2. travelerien.com terkenal bangat yaa,, malah dia follow ig gue duluan dan ramah bangat..

    Baru tahu gue

    BalasHapus
  3. Kalau baca tentang travel blogger keren, pasti banyak yang mikir, enak ya jalan² terus. Padahal saya yakin pasti sama sibuknya dengan pengusaha UKM. Saya sekarang masih belajar menulis blog, tapi suatu saat nanti semoga bisa jadi travel blogger profesional juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren saya lihat konten blognya Mbak Dyah, terimakasih atas kunjungan Anda.

      Hapus
  4. Baca yang begini-begini ini bikin semangat jadi terpacu hehehe

    BalasHapus
  5. Al-Fatihaah buat Bang Cumi Lebay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, Al-fatihah buat Moechamad Adi Mariyanto, semoga Beliau dimaafkan segala kesalahan oleh Allah, diterangkan di alam sana dan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW Aamiin...!

      Hapus
  6. Seharusnya dinas pariwisata beri apresiasi lebih kepada para blogger travel karena dunia tahu tentang indahnya Indonesia dari mereka. Salut buat orang-orang seperti ini. Mengindonesiakan Indonesia dengan cara yang mereka sukai.Nice post Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, semangat terus menulis tour and travel Indonesia agar Indonesia bisa menjadi salah satu negara agraris lebih lebih maju seperti Maldives.

      Hapus
  7. Wah penghasilannya berapa ya kira-kira perbulannya kalau udah jadi travel blogger terkenal gitu?
    Dan seharusnya juga pemerintah mengapresiasi mereka untuk terus mengeksplor tempat wisata yang ada di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah untuk Penghasilan rata2 tidak secara pasti, yang jelas melebihi gaji swasta dan mendapatkan semua manfaat hasil bepergian. Selama ini beberapa dari mereka sudah mendapatkan apresiasi pemerintah dan perusahaan travel wisata mas termasuk sebagai penulis situs berita harian Nasional.

      Hapus
  8. Mantap para backpacker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terima kasih apresiasinya mas.

      Hapus
  9. ketika mimpi tak sesuai kenyataan, itulah yang terjadi dengan blog ane :D, salam kenal gan. happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum saja mungkin mas, pilih topik yang banyak pengunjung dan cpc mahal.

      Hapus
  10. wah masuk pak eko...
    keren keren banget ini bikin saya termotivasi
    saya kaget pas lihat foto komodonya saya kira itu komodo raksasa hehe ngga taunya bukan

    BalasHapus
  11. Mereka semua inspirasi, tapi jujur aja travelerin ini Saya baru Tau beberapa munggu kemaren Karena liat IG nya. Wah keren2 semua pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih saya lihat mas sudah dua kali berkunjung di halaman ini dan sering di blog saya saya sangat bersyukur Mas terus memberikan semangat.

      Hapus
  12. mantul banget mas, keren blognya

    BalasHapus