Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rahasia Cara Menjadi Travel Bloggers Sukses

Langkah Awal menjadi travel blogger sukses - Asiknya menikmati perjalanan tanpa bekerja berat hanya berkeliling ketempat wisata lalu mendapatkan penghasilan uang dari traveling tersebut!

Ini kenyataan jaman sekarang, diamana tercatat penghasilan 100 Travel Blogger top dunia yang sangat pantastis, kesehariannya jalan-jalan berkeliling dunia, menceritakan pengalamannya dalam sebuah tulisan di blog, dari hasil survey pengunjung tetapnya pun mencapai 20 juta orang dalam sekali posting!!

Cara menjadi travel blogger aukses berpenghasilan tetap
Rahasia Cara Menjadi Travel Blogger Sukses

Hallo sobat blogger bagaimana masih semangat dalam menulis blog-nya? Saya harap demikian kita harus tetap semangat?

Dan semangat itu artinya bukan ketika beliau blog saja tetapi semangat juga dalam urusan kehidupan sehari-hari lainnya...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai mengembangkan hobi berjalan-jalan dan menulis artikel dijadikan satu ternyata menjadi usaha yang menjanjikan yaitu seorang travel blogger terkenal.

Apa yang dimaksud dengan travel blogger? Adalah suatu perjalanan wisata yang ditulis di blog.

Inspirasinya pendek cerita pagi hari seperti mimpi di siang bolong saya berandai-andai bagaimana jika menuliskan perjalanan hidup tapi penghasilan tiap bulan.

Nah bagi anda yang sedang mengembangkan hobi ngeblog dengan topik perjalanan wisata tidak ada salahnya untuk melihat tips berikut inilah:

Baca juga: Top 10 Travel Blogger Sukses Indonesia Terpopuler Sudah Mendunia


7 Tips Agar Menjadi Travel Bloggers yang Sukses Go Internasional



Ternyata sangat mudah dan gampang menjadi traveling blogs cukup mengikuti cara-cara Bloggers sukses dunia saja, walaupun demikian tentu ada langkah-langkah jitu untuk mencapai semua itu selain dari hobi wisata dan menulis diantaranya:


1. Memiliki Tujuan dan penulisan yang Jelas

Memiliki impian sukses dengan blog itu harus tapi awas! kebanyakan di awal semangat di ahiri dengan melempem. Untuk menjadi travel blogger sukses hampir semua mengalami awal yang rumit, menganggap bahwa ngeblog itu mudah menulis sekehendak hatinya tanpa ada kendala apapun lalu mendapatkan penghasilan dari google tiap bulannya.

Ingat sesuatu apapun tidak ada yang instan atau cepat! Dan ingat pula sekarang Anda akan merintis hobi dalam diri yang memungkinkan dijadikan sebagai usaha jangka panjang bukan lagi hanya sekedar berwisata, tetapi ada interaksi pembaca disini yang harus anda perhatikan.

Coba kita mulai membuat visi dan misi dalam ngeblog dengan jelas!

Maksud visi misi disini seperti:

Membuat isi konten yang baik dimulai sejak dini, ini wajib dilakukan setiap blogger pemula atau yang sedang berjuang termasuk kriteria tulisan unik yang menarik bagi pembaca ini penting untuk membuat pengunjung suka dan teringat dengan konten yang Anda suguhkan, usahakan selanjutnya akan berlangganan artikel di blog Anda.

Tidak mengandung promosi terlalu besar-besaran pada satu target penulisan, karena hal yang paling di prioritaskan oleh google adalah informasi akurat dan membantu pembaca yang mencari informasi mengenai tempat atau target penulisan dari para blogger, tapi bukan mempromosikan secara langsung. Jika hal tersebut terjadi bisa jadi blog Anda dianggap promosi dan selanjutnya susah untuk diterima AdSense.

Contoh artikel yang mempromosikan seumpama anda berniat mereview Hotel berbintang di satu tempat wisata, pastikan didalam artikel tidak harus serta-merta memajang promo atau diskon secara lengkap mendasar dengan harga yang bersaing dari hotel lainnya, tentunya ini bisa mengajak orang dan pastikan Anda bukan bagian dari pihak hotel tersebut. Hal semacam ini bisa dipelajari seiring dengan berjalannya waktu.

Menggunakan metode pemetaan artikel, menulis di blog sedikit berbeda dengan di media cetak, walaupun karakter sama, tatacara penulisan artikel wisata yang menarik bukan mengenai banyak kata atau panjangnya artikel, gunakan metode pembagian mana foto utama, diawal dan  foto pelengkap lainnya dengan enak dilihat hal ini membuat pembaca mendapatkan informasi secara lengkap tapi tidak melelahkan mata.

Jika perlu berikan makna penting lainnya, tentang fashion untuk berwisata atau semisal tips berwisata dengan kendaraan atau keperluan penting untuk dibawa ke tempat wisata, peta Google dll.

Lihat juga: 7 Cara Travel Blogger Mendapatkan Penghasilan Tetap dari Bepergian


2. Memilih Target Pembaca

Blog sebagian besar di isi dengan tulisan dan sekian persennya gambar atau video.

Sebagus apapun tulisan anda perlu di promosikan, semua tahu pertama dengan banyak share di sosial media seperti Facebook Twitter Google Plus dll ini menjadi salahsatu cara mencari pembaca secara lebih cepat dan populer.

Anda masih ingat bagaimana ketika satu orang teman mendapatkan informasi menarik minat setidaknya akan membicarakan informasi tersebut minimal ke satu temannya bahkan bisa jadi kepada 10 lainnya, tentu akan lebih banyak dan menjadi perbincangan yang masal pada satu komunitas.

Bayangkan jika hal menarik tersebut adalah konten dari blog Anda akan kebanjiran pengunjung jika komunitas yang besar, tentunya tidak semudah itu karena tergantung dari konsep dasar konten anda juga.

Tapi ada trik supaya artikel sampai kepada pembaca yang tepat terlebih artikel anda bisa untuk dibagikan lagi, caranya bergabunglah dengan komunitas pecinta travel blogger lain atau Grup mengenai pariwisata yuterbesar di negara anda atau dunia.

Intinya selain di bagikan kepada publik promosi konten lebih tepat ditargetkan kepada komunitas yang sesuai dengan topik blog Anda.

Tujuannya jelas agar topik traveling anda mempunyai target kepada calon wisatawan yang ingin tahu bagaimana keadaan dan berniat mengunjungi tempat wisata tersebut.

Baca juga: 11 Tips Rahasia untuk menjadi travel blogger profesional ala Matthew Karsten


3. Manajemen Ada di Tangan Anda

Siap atau tidak anda harus memiliki cara unik dalam mengelola bisnis online ini, atur secara baik atau Anda menyesal telah kehilangan banyak pembaca ke blog lain.

Pengunjung setia memerlukan sentuhan tangan kreatif dari tangan anda, jadikan pandangan pembeda antara Anda dan orang lain, majukan kredibilitas jatidiri sesungguhnya dalam mengolah isi perjalanan Anda secara menyeluruh isi konten dan tema khusus yang cocok untuk tours atau traveling.

Persembahan murni dari hasil keringat anda menjadi bermakna bagi pembaca, hasilnya pengunjung yang datang tidak segan untuk membantu membagikan artikel anda tanpa harus diminta.

Layaknya surat kabar buat persembahan secara konsisten ini salasatu pondasi dasar agar blog menjadi ke sinambungan dan berjenjang terus menerus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan tetap untuk mengisi pengetahuannya terbaru dari blog Anda, semakin terjalin antara anda blog dan pembaca setia.

Orang bisa membeli sebuah surat kabar yang beredar di pasaran tapi pelanggan setia secara langsung sengaja langganan supaya dapat berita terbaru terus menerus.

Baca trik: Cara Liburan Hemat ala Travel Blogger Bahkan Gratis

4. Menuliskan Penuh dengan Gaya  Anda yang Jujur

Menulis blog mengenai perjalanan sedikit berbeda dengan tutorial atau informasi atau news, tidak ada step by step atau langkah untuk di ikuti oleh pembaca, hanya sekedar bercerita. Tapi secara tidak sadar pembaca setia sering mengikuti gaya fashion atau bag yang anda gunakan dalam perjalanan.

Untuk megantsipasinya Anda bisa menggunakan jenis fashion khas para traveling tapi tetap menjaga adat istiadat menurut norma agama seperti tetap memakai Hijab untuk blogger wanita dan bagi laki laki tidak memamerkan otot atau baju terlalu terbuka saat menceritakan mengenai renang dan semacamnya.

Intinya jadilah dirimu sendiri tapi tidak mengandung kontoversi visual.

Baca juga: Cara memperoleh ide untuk menulis artikel blog dari hal kecil


5. Menulis Artikel Blog itu Jangka Panjang

Menceritakan peristiwa perjalanan mengenai destinasi wisata untuk traveling sama halnya dengan mengelola blog dari dasar, jika website baru perlu kesabaran dan promosi tiada hentinya, bukan hanya tulisan ada yang membaca tapi sebenarnya teknisnya lebih dari itu.

Tipe blogger sepeti anda sangat banyak sekali dan sudah memiliki penggemar setianya masing-masing, kembali lihat blog Anda OK untuk di tingkat persaingan seputar daerah mungkin anda bisa kuasai di pencarian google tapi pada level Nasional atau dunia kemungkinan masih belum terlihat maksimal, kenapa disini ada proses waktu disini sangat sangat diperlukan kesabaran.

Bukankah blogger sepeti Linda Ikeji selama 6-7 tahun ngeblog tidak dibayar baru setelah masa itu lewat baru mendapatkan penghasilan dari ngeblog-nya, dan tercatat sebagai  blogger dunia yang sukses, Anda pasti sudah kenal siapa Linda Ikeji? Ia seorang Blogger, Pengusaha dan Penulis.

Andaikan Linda Ikeji saat itu berhenti ngeblog ya sudah selesai semua, pada hal ini kembali lagi pada hobi jika anda sudah hobi tanpa dibayar pun tidak apa bahkan memerlukan modal untuk membuat hobi tersalurkan.

Jadi intinya siapkan diri Anda untuk jadi penulis jangka panjang.

6. Mengumpulkan Informasi

Menikmati keasikan berpetualang jangan sampai salah mengartikannya tetapi Anda harus memiliki bentuk pengetahuan dari satu titik yang anda temukan, latih diri anda menjadi seorang traveler sekaligus sebagai pencari berita (wartawan), dapatkan informasi se detil-detilnya dari tempat tersebut.

Selain berinteraksi dengan lingkungan spot wisata biasakan bersosialisasi dengan penduduk sekitar atau pemandu wisata lalu cari informasi secara lengkap, kumpulkan dan catat semuanya, hal ini untuk ide dan bahan penulisan artikel. Siapa kalau bukan anda yang maju sebagai pelengkap fitur nanti di blog.

Mengabadikan suasana sekitar dengan mengambil gambar atau foto sampai mengenai hal kecilnya, jadi tidak ada tempat yang tidak di foto. Ini sangat penting sekali bagaimana google sekalipun sangat menghargai satu foto hasil jepretan yang di unggah ke Google Map atau situs internet.

Setidaknya jika Anda rajin mengunggah foto di google map akan mendapatkan discount berupa potongan 50% dari harga normal di Zelora fashion. Tentu ini akan mengurangi pengeluaran anda jika berbelanja di online shop tersebut.

Baca juga: 7 Cara Tarvel Bloggers Mendapatkan Penghasilan Uang

7. Berhentilah Membaca Artikel ini dan Mulailah Menulis dan belajar

Banyak hal dalam pikiran kita untuk mendapatkan hasil maksimal itu dengan cara mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, menunggu waktu yang tepat, dan hal lain-lain lagi... itu tidak salah, tapi ada hal yang paling penting yaitu memprakteknya dalam tulisan.

Menginput cara cepat menjadi traveling kaya, tapi tidak juga diceritakan dalam tulisannya, itu salah! Segera pijit tanda start mulai dari detik ini juga. Tidak perlu menulis artikel yang sulit atau jauh jaraknya dari kita, coba tulis hal  mudah dan terdekat dengan ruang lingkup anda sehari hari...

Disini saya akan memberikan contoh: penulisan untuk sebuah tempat wisata alam atau modern yang tidak jauh dari rumah kita. Nah pada tahapan awal Anda bisa sekali adalah yang paling tahu banyak tentang bagaimana kondisi daerah tersebut, kelebihan dan keunggulan jika pembaca mengunjunginya. Dipasang juga peta lokasinya.

Jika sudah segera publikasikan, ingat artikel ini akan menjadi pelajaran anda sendiri diwaktu nanti.

Dalam buku KIAT SUKSES memberi keterangan yang bisa kita simpulkan bahwasanya 'Jika seseorang berada pada kondisi sulit maka diwajibkan untuk merubahnya' Maka tidak perlu banyak mikir menjadi sukses di awal segeralah untuk memulainya, karena setiap kesempatan yang pertama adalah yang paling baik.

Memastikan dalam menulis secara serius cek berulang ulang jangan sampai ada kesalahan sedikit pun, hal ini sering terjadi pada travel blogger yang terlalu bersemangat.

Kesimpulan

Jika mengangap menjadi travel blogger itu susah belum tentu susah kalau dijalankan, jika diawal saya bilang supaya profesional maka gunakan desain yang bagus untuk templatenya tidak perlu jika belum menguasai atau belum beli template khusus traveling.

Menulislah dengan serius atau fokus jangan kebanyakan mikir hal seperti bagaimana kalau saya gagal dll.

Menulis dengan mengalir seperti bercerita karena ngeblog bukan hal yang menakutkan coba anda hitung berapa modal ngeblog untuk nilai uang pasti sama dengan seharian penuh kita aktif di sosial media.



6 komentar untuk "7 Rahasia Cara Menjadi Travel Bloggers Sukses"

  1. Kesimpulannua mungkin satu yang bisa saya tangkap, konsisten adalah kuncinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali jika sudah bisa konsisten dan konsentrasi menulis kesuksesan itu didepan mata.

      Hapus
  2. Informasi yang sangat bermanfaat buat yang suka ngeblog saya juga buat blog tentang activitas di Bali dan kalau anda search watersport murah di Bali saya urutan pertama judulnya KSS watersport karena kita tidak boleh bohong kalau harga yang kita berikan murah dan harus terbukti ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. betul itu, kejujuran melebihi dari segalanya, kita semua pasti suka yang jujur hal itu pun sama halnya dengan pengunjung tetap suka dengan penyajian apa adanya tapi menarik.

      Hapus
  3. Blog sebagian besar di isi dengan tulisan dan sekian persennya gambar atau video.
    mas kalau taruh (tautkan ling youtube) di blog apa tidak memberatkan blog tersebut?... Katanya (koreksi kalau salah, soalnya dari hasil baca) kalau blog yang ada ling youtube dalam postingan susah diterima google adsense... Maaf pertanyaan amatir bangat, tapi memang saya tidak paham. mohon berbagi mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya mas gunakan video yang paling relevan jika tidak mending tidak usah, kalubemang penting tidak perlu di buat Link tautan lebih baik disematkan saja langsung di postingan.

      Hapus