Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Sukses Menjadi Travel Blogger Profesional

Tips dan cara Menjadi Travel Blogger Profesional - Punya mimpi ingin menjadi seorang travel blogger profesional yang sukses, tapi suka berpikir apakah Saya bisa? Tentu bisa asalkan mau belajar bagaimana cara menjadi seorang blogger perjalanan dan terus mencobanya! Pelajari tips dan cara sebagai kunci rahasia kesuksesan yang pernah para traveler dunia jalankan.

Pengalaman selama 7 tahun mereka berkeliling menjadi blogger wisata/backpacker sampai mengetahui apa yang harus Dia lakukan untuk blognya. Dapatkan strategi bagaimana cara terbaik membangun pembaca dari mereka sampai berhasil menjadi seorang blogger perjalan yang memiliki pembaca di seluruh dunia.

Rahasia Cara Menjadi Travel Blogger Profesional
Rahasia Cara Menjadi Travel Blogger Profesional

Tak dipungkiri banyaknya kabar beredar mengenai ada orang bisa sukses dan berhasil dapat menghasilan uang hanya dari jalan-jalan dan wisata, membuat minat orang menjadi meningkat menulis tentang perjalanan wisata di blog atau disebut dengan travel blogger termasuk saya.

Sebenarnya syarat menjadi travel blogger untuk mendapatkan penghasilan dari menulis artikel perjalanan wisata itu tidak mudah, harus dibarengi juga dengan pengetahuan mengenai apa saja yang harus dilakukan, termasuk mengetahui bagaimana mendapatkan penghasilan tiap bulan itu benar adanya atau bohong?

Kita bisa ambil contoh 10 Travel blogger profesional Indonesia yang sudah Go Internasional mereka kini hidup hanya bepergian wisata dan mendapatkan gaji tetap dari hasilnya berjalan-jalan.

Mendengar kata Profesional berarti orang tersebut adalah sudah ahli pada bidang tersebut dan mendapatkan pula keuntungan travel blogger untuk membiayai keluarganya dari hasil dari profesi tersebut.

Jika Anda memandang ngeblog itu mudah, secara pribadi saya katakan memang mudah jika blog hanya sebagai aktivitas menulisan dan menyimpan gambar saja, tapi bisa dikatakan sulit jika menjadikan blog sebagai profesi tempat untuk mencari uang.

Awal mula menjadi travel Blogger sukses dari aktivitas hobi dan kreatifitas belajar bagaimana membangun blog secara profesional seperti mulai mencari pertemanan atau penggemar sambil bersenang-senang tapi tetap menulis artikel secara konsisten. Buku harian perjalanan terbaik adalah blog.

Selanjutnya mereka mulai ke arah yang serius dan melakukan evaluasi-evlauasi terhadap konten yang dibuat, agar mendapatkan hasil dari apa yang dilakukannya selama ini bagaimana caranya agar blog layaknya sebuah pekerjaan sampai mendapatkan gaji tetap.

Untuk itu mulai dari sekarang ubah pola pikir anda bahwa ngeblog bukan sekedar menyalurkan hobi, yakinkan bahwa Anda bisa walaupun sulit tapi mampu bertahan hingga babak final nanti. Jadi, jika Anda ingin menjadikan blog sebagai usaha online yang menguntungkan? segera melakukan tips kunci dari ahlinya:

Jadilah Travel Blogger Profesional


Apa yang dimaksud Travel Blogger Profesional? Siapa pun Anda bisa menjadi salah seorang Blogger Perjalanan dan Wisata termasuk pada saat anda mulai bercerita dengan menulis artikel di blog saat ini.

Mungkin salasatu penghalang adalah rasa malas yang di akibatkan oleh anda sendiri atau merasa kurang percaya diri akan kekuatan, merasa belum memiliki pengetahuan tentang ilmu blog sehingga anda mundur secara teratur.

Apa yang Anda pilih, kalau ada peluang usaha online seperti blog yang telah banyak orang di dunia lakukan, karena Anda merasa kurang percaya akan adanya kekuatan sendiri, maka keputusan Anda keluar dari minat tersebut jika Anda seperti tadi, yang sebenarnya itu akan membawa Anda pada pengetahuan yang belum didapatkan dimana pun.

Jika anda masih ragu, coba lihat siapa yang sudah berhasil? Saya katakan banyak! walaupun tidak semua hanya beberapa persen yang mendapatkan keberhasilan ngeblog Perjalanan dan Wisata setidaknya 1000: 10 ada yang sudah sukses.

Indonesia termasuk masyarakat yang sangat antusias dengan bisnis online seperti membangun blog, sudah banyak yang berhasil blog tentang pariwisata atau topik pilihan lainnya sesuai minatnya masing-masing.

Profesional merupakan kunci keberhasilan para traveler blogger melakukan semuanya apakah itu di para travel blogger Indonesia atau dunia.

Tapi profesional bagi traveler kalau totalitas berarti meninggalkan pekerjaan dan sedikitnya membutuhkan anggaran untuk ngeblog perjalanan yang bisa berkurang bagi keluarga, sebaliknya jalankan aktivitas seperti biasa, karena ngeblog bisa bisa dilakukan berbarengan.

Cara travel blogger profesional mendapatkan penghasilan selanjutnya yang harus juga dilakukan yaitu:

Membangun Pembaca


Mungkin ada yang bertanya apakah jika tidak profesional tetap bisa mendapatkan penghasilan? Jawabannya adalah pasti asalkan blog sudah memiliki pembaca yang banyak!

Menjadi Profesional adalah pilihan, tapi memiliki pembaca adalah kunci yang paling utama dalam bisnis blog.

Tapi bukan hanya Banyak Pembaca saja yang harus kita ketahui melainkan pahami bagaimana caranya pelajari dan membagun pembaca untuk blog Anda.

Sebab hal yang paling susah adalah memiliki banyak pembaca agar mendapatkan penghasilan dari blog Anda tersebut.

Rahasia cara Sukses Menjadi Travel Blogger Profesional dunia
Membangun Pembaca untuk Blog Perjalanan
Untuk itu sekarang pelajari teknik cara membangun audiens tetap atau menjaring mitra baru supaya banyak yang melihat artikel di blog perjalanan wisata Anda, bukan lagi pengunjung bahkan perusahaan Travel bisa menjadi Partnership Anda.

Inilah 11 Tips Rahasia Blogger Perjalanan Wisata Dunia dalam Membangun Pembaca


Tips ini dikutip dari situs: Matthew Karsten adalah seorang blogger perjalanan terbaik Amerika juga sekaligus travel blogger terbaik di dunia saat ini, yang dari Vagabond (gelandangan).

Bisa Kita jadikan referensi untuk niche blog wisata atau lainnya, perlu tahu juga apa saja sebarnya yang ia lakukan dengan blog perjalanan menjadi yang terbaik rahasianya untuk di ikuti dalam membangun blog perjalanan anda sendiri.

1. Membuat Konten Bermanfaat dan Berkualitas


Menuliskan sesuatu yang bisa dibaca oleh orang itu mudah tapi yang perlu diperhatikan untuk seorang blogger profesional setidaknya membaca blog Anda harus mendapatkan sesuatu yang berbeda terlebih mengejutkan selain membaca dan melihat gambar.

Pastikan mereka bisa mengambil manfaat dari artikel anda.

Untuk mengetahui apa saja hal-hal yang penting untuk di tulis?

Coba cari tahu...

Apa saja yang dicari saat anda mencari tempat wisata?

Apa saja yang belum diketahui dan lakukan di tempat tersebut?

Pelajari ketertarikan dan kesan pembaca di dunia selanjutnya cari dan buat perencanaan...

A. Gunakan asisten

Dalam hal ini, Travel Blogger Profesional merekomendasikan bisa mengetahui di situs quora.com untuk mengetahui kesan atau kejutan para wisatawan saat berkunjung ke beberapa negara di dunia bisa Anda pakai sebagai pedoman saat menulis.

Cari oleh Anda dan gunakan di blog perjalan travel Anda untuk mendapatkan kesan bernilai bagi audiens.

Jika sobat blogger perlu contoh sederhana hal apa saja yang menurut pengunjung bermanfaat?

Contoh artikel perjalanan wisata bermanfaat bisa anda kedepankan seperti: Budaya lokal, Tips berguna perjalanan agar lebih hemat, Rekomendasi kuliner, Foto unik yang menginspirasi dan menggambarkan lokasi, Bercerita dengan tulisan menghibur, Susunan kata-kata yang indah dibaca yang disertakan Humor dan banyak lagi sesuai dengan karakter Anda dalam menulis agar tidak membosankan bisa dimasukkan dalam tulisan.

B. Pasang kolom komentar dan emoticon di blog Anda

Pelajari apa permintaan atau saran dari kolom komentar, apa pertanyaan? dan kesan mereka. Secara tidak langsung anda sudah berinteraksi dengan pembaca mengenai apa sebenarnya yang dibutuhkan pembaca.

Contoh soal:

Jika ada pembaca anda menanyakan peralatan apa yang penting untuk dibawa ke tempat wisata out door? (Pada komentar)

Pertanyaan tadi bisa mewakili pembaca lain yang tidak berkomentar.

Tentu ada harus bersikap bukan hanya menjawabnya saja tapi dengan menuliskan tentang Tips dan trik di dalam artikel bagaimana agar berwisata di alam bebas itu bisa aman dengan peralatan apa yang harus mereka bawa.

Itu contoh kecil simpel tapi bisa memberi nilai lebih bagi pembaca yang diambil dari kolom komentar. Penulisan artikel yang membantu tentu bisa membuat satu pengunjung datang lagi dan membawa penonton lain lebih banyak ke blog anda.

Intinya: Anda harus serap dan rangkuman samu materi dari luar dan dalam blog sendiri selanjutnya terapkan untuk ide menulis di blog perjalan dan wisata Anda sesuai karakteristik dan gaya penyajian Anda sendiri.

C. Buat gambar unik dan berkualitas

Selain membaca artikel blog perjalanan wisata satu hal yang paling penting adalah menampilkan foto atau gambar yang harus berkualitas.

Bloggers profesional sangat pandai dalam hal ini, mereka tidak sungkan membeli alat Fotografi dan perekam video mumpuni agar mendapatkan hasil enggel terbaik untuk blog peejalanan wisatanya, berani menggunakan teknologi untuk pengambilan gambar dan video dari udara (drone).

Bagi Anda yang belum memiliki budget untuk membeli peralatan fotografi dan perlengkapannya bisa menggunakan apasaja yang penting hasil foto bisa dibilang unik dan menarik, contoh minta bantuan teman-teman.

Saya yakin Anda pasti bisa belajar membuat konten bermanfaat dan berkualitas!

Tips selanjutnya...

2. Melakukan Hal yang Menarik


Kata Menarik mungkin telah banyak orang yang membicarakannya bahwa untuk membuat pengunjung suka harus memiliki konten menarik.

Tapi bagi traveler blogger profesional, kata Menarik harus ditambah lagi menjadi "Benar-benar Menarik" agar pembaca benar-benar terkesan dengan isi konten di blog Anda, selanjutnya pembaca bisa menyebutkan bahwa "Blog Anda adalah rekomendasi Kami"

Sebenarnya apa saja hal menarik dalam menulis blog perjalanan wisata itu?

Untuk contoh anda bisa pahami begini:

Anda Merangkap 1 bidang yang sama dengan kerja berbeda contoh sebagai travel guide!
Jika kini anda hanya sebagai travel blogger tulisan ditambah sebagai travel guide. Yang tenaganya sangat diperlukan oleh wisatawan juga Developer wisata. Travel guide adalah pemandu wisata yang sedang diperlakukan akhir-akhir ini terutama di daerah yang telah anda jelajahi.

Penuh Sensasional dan Menantang!
Menuliskan dan berfoto hal-hal ekstrim yang membari kesan WOW, seperti perjalanan ke Gunung Merapi, Berlayar dilautan lepas bersama Kapal pesiar terbesar di dunia atau hal lainnya yang termasuk orang lain jarang dituliskan maka tulislah oleh anda.

Nah, semua kegiatan seperti ini jika di tulisan dan di postingan akan lebih menarik perhatian pembaca dan memungkinkan untuk dibagikan ke banyak orang.

Apakah mesti begitu?

Tidak juga, untuk membuat hal menarik itu tidak mesti membahas hal-hal yang sangat besar seperti tadi, walau sederhana jika sudah memiliki identitas diri dalam menulis bisa membuat menarik dalam mencari bahan penulisan!

 Kunci Sukses Menjadi Travel Blogger Profesional
Melakukan Hal yang Menarik untuk Pembaca
Tentu semu blog tidak perlu di isi dengan hal yang mengundang efek WAH sepeti tadi saja, tapi cukup memasukkan kisah seputar wisata biasa tapi menjadi Benar-benar menarik dan berbeda sekaligus bermanfaat.

Karena hal yang lebih penting adalah kejujuran dalam menulis kalau gambar keren itu bisa di manipulasi sedemikian rupa agar menjadi wah.


3. Menjadi Penulis dan Menerima Tulisan Tamu


1. Menjadi Penulis Tamu


Trik ini sebelumnya telah saya singgung sedikit tepatnya di sub judul "Cara Liburan Hemat Bahkan Gratis ala Travel Blogger" bahwa banyak peluang dan menghasilkan uang dari menulis di situs lain, diantaranya sebagai penulis Tamu di blog populer atau situs berita Nasional.

Arti "Tamu" disini adalah penulis dari situs lain.

Di Indonesia sendiri banyak situs berita online yang menyediakan form kirim artikel diantara seperti Detik wisata, Kompas Travel-Kompasiana, Babe dan Wikipedia itu bisa dicoba jika Anda minat!

Trik ini sering dilakukan oleh blogger untuk strategi backlink atau mendapatkan uang secara cepat dari hasil menulis di situs berita populer sampai ajakan mengisi detline asal konten anda baru unik dan menarik pasti diterima.

Cara ini pun sebagai langkah membangun blog perjalanan anda lebih dikenal karena rata-rata persyaratan pun bisa dengan menyertakan link atau E-mail dan Profil Google Plus Anda.

Anda tertarik Menulis di Situs Populer? Coba saja.

Beberapa blogger sukses dunia pun melakukan strategi ini dalam meningkatkan traffic pengunjung dan mendapatkan banyak pengikut dari backlink juga memperkenalkan blog ala backpacker nya pada pembaca (audiens) ke skala yang lebih besar lagi.

Tips dari saya:
  • Pilih situs berita populer karena secara otomatis pembacanya adalah orang-orang betul mencari berita dan jaringan luas secara global di dalam dan luar negeri.
  • Rutin dalam mengirimkan artikel, agar Anda dipandang sebagai orang yang bisa diajak kerjasama.
  • Pelajari terlebih dahulu kebutuhan dan kemauan situs-situs tersebut, juga dapatkan ilmu pengetahuan lain dari para penulis lainnya di situs di tempat menilis anda tersebut.
Cara ini juga bisa dijadikan pelajaran oleh kita untuk mengukur kemampuan sendiri sampai sejauh mana teknik menulis untuk tipe artikel yang enak dibaca oleh publik layaknya tulisan Jurnalis.

Jika Anda tertarik! coba saja mencari situs web tersebut lalu melamar sebagai penulis tamu di Negara Anda, kenapa tidak?

Cara Menjadi Travel Blogger Profesional
Membangun Pembaca dengan Menjadi dan Meneriman Penulis Tamu

2. Menerima Penulis Tamu

Kalau tadi Anda sebagai  Penulis Tamu kini Anda situs yang menerima tulisan dari orang lain.

Caranya Blog Anda paling tidak harus menyediakan Form Kirim Artikel sebagai promosi awal, jika sudah menjadi rutinitas atau langganan bisa beralih langsung dikirim ke email anda dari penulis tamu tersebut.

Bagaimana caranya memasang Form Kirim Artikel di blog Saya? Anda bisa baca cara membuat formulir kirim artikel di blog atau mendesain sendiri form kiriman email di postingan.

Selanjutnya tinggal mempromosikan saja bahwa blog anda menerima multi penulis, tinggal menunggu respon dari pembaca.

Tipsnya: Dalam hal ini anda harus selektif dalam memposting artikel tamu cek terlebih dahulu keaslian kontennya mencegah Artikel hasil copas yang dikirimkan.

Berikan reward atau bonus berupa uang atau free backlink jika memang relevan dengan situs tujuan.

Jika perlu contoh seperti apa formulir kirim artikel itu anda bisa lihat:
Form Kirim Artikel MUDAHRIZKI
Untuk mengetahui atau langsung coba menulis!

Itulah salasatu cara travel blogger top dunia dalam membangun pembaca menjadi besar yaitu: dengan menjadi penulis tamu di situs lain, juga menerima kiriman artikel dari penulis tamu dengan menyediakan formulir submit artikel di blog sendiri.

4. Selalu Aktif di Sosial Media


Tak bisa dipungkiri bahwasanya Media sosial seperti Google Plus, Facebook, Twitter, Instagram dan yang lainnya merupakan alat promosi utama paling jitu untuk di andalkan, memberi efek dan berpengaruh besar di masyarakat untuk saat ini, cocok jika dijadikan sarana yang membagun pembaca.

Terbukti konten yang dibagian di media sosial secara otomatis akan lebih cepat sampai kepada Audiens setia maupun baru.

Teruslah aktif di beberapa sosial media jika perlu semua Anda punya mulai dari yang terpopuler sampai yang masih belum dikenal buat akun nama kalau bisa nama blog Anda.

Tapi mohon di catat dan hati-hati! jangan terlalu lama disana cukup seperlunya saja, tinggalkan hal-hal yang tidak penting.

Gunakan waktu online di sosial media untuk berbagai dan mencari teman baru agar lebih banyak yang membaca share dari anda. Tidak perlu membuang waktu terlalu lama apalagi berjam-jam di media sosial.

Saran: Atur waktu anda di sosial media, misalnya:
  • Untuk mencari informasi terbaru atau  wawasan sebagai gagasan penulisan cari sebentar saja.
  • Aktif mencari teman dan membalas komentar paling lama 30 Menit saja.
  • Share Artikel 15 Menit saja atau Anda bisa gunakan teknik share dengan berbayar akan memosting selam 3 hari berturut-turut dengan buffer jika anda mau, semua agar tidak terlalu enjoy di media sosial sehingga mengakibatkan terlambat memosting artikel.
Intinya management ada ditangan anda sendiri.

Rahasia cara mudah Menjadi Travel Blogger Profesional

Aktif di Facebook

Status anda adalah gambar di artikel, bagikan 1 sampai 5 artikel tidak perlu lebih untuk menjaga orang yang sama mendapatkan artikel yang sama juga.

Promosikan artikel ke grup, untuk blog perjalanan dan wisata tentu Anda tahu apa yang perlu anda perhatikan yaitu bergabung mengikuti komunitas Tarvel Bloggers agar share lebih tepat sasaran, jika di lihat oleh para pecinta dan banyak yang membaca.

Kiat: Konsistenkan aktif dan share postinga di Facebook beberapa menit atau waktu pagi dan sore dan malam hari paling tidak 5 menit, selanjutnya menambah pertemanan dan bergabung di grup atau komunitas dengan minat yang sama yaitu traveling.

Promosikan diri anda sendiri seperti Ikuti Saya di Facebook

Optimalkan Instagram

Simpan gambar yang ada dalam postingan ke Instagram, caranya anda bisa upload seperti biasa lalu buat link/URL dari setiap gambar ke postingan terkait. Lakukan ini pada komentar atau balasan komentar, jika belum bisa nanti saya berikan cara membuat link dari komentar IG.

Baca juga: Cara membuat Instagram jadi partnership blogger

Trik inilah yang sering dipakai travel blogger untuk mendapatkan pengunjung dari Instagram dan berhasil. Berikan tanda lokasi supaya orang disekitarnya bisa menemukan gambar anda.

Karena Instagram tidak bisa memosting artikel secara langsung triknya?

Buat hashtag didalam teks status atau keterangan foto anda, dengan tagar target ke postingan. Selanjutnya berikan kesan bahwa tempat ini sangat menarik kawan harus melihat selengkapnya? Ini membuat kesempatan membaca artikel dari melihat gambar yang menarik.

Pelajari:
Cara Memasang Foto Instagram di Postingan juga
Cara Membuat Link ke situs Instragram

Dan jagan lupakan juga promosi diri Ikuti Saya di Instagram.

Maksimalkan Twitter


Twitter tergolong jarang diminati oleh anak-anak remaja kebanyakan orang yang mencari peluang untuk promosi, mencari tips kesehatan atau pariwisata dan informasi terbaru. Perbarui status anda dengan memosting artikel informasi tentang pariwisata atau tips perjalanan di Twitter.

Kesempatan mendapatkan partnership dari perusahaan pariwisata atau atau ajakan menjadi Ambasador travel mereka bisa saja ada disini, jika ada yang membutuhkan mereka akan mentweet anda kembali, kesempatan menambah penghasilan dari pihak Agen selain dari afiliasi Ads, sudah banyak contohnya.
Ikuti saya juga di Twitter

Manfaatkan Google Plus

Untuk Google Plus dan lainnya, Anda sudah pasti tahu, G+ adalah satu sosial media yang wajib dimiliki oleh blogger, atur sendiri bagaimana cara mendapatkan pembaca di media ini.

Kembali lagi saya tekankan untuk memaksimalkan pembaruan share artikel di media apapun syah-syah saja jika mosting sebanyak mungkin asalkan saling pengertian.

Gunakan google plus sebagai jalan untuk memperoleh pembaca dan pertemanan. Terpenting adalah membagikan info tentang pariwisata Anda harus banyak bergabung dengan komunitas Perjalanan dan pariwisata atau nature.

Ada slogan sederhana: Jika Anda bantu membagikan artikel orang lain, pasti artikel Anda pun dibagikan pula, nah gunakan saja slogan ini mengajarkan kita agar tidak pelit dalam membantu teman untuk membagikan artikel, coba untuk membantu blog Anda jika masih belum banyak pengunjung, niscaya berhasil.

Dan jangan lupa beritahukan kepada semua orang untuk Ikuti Saya di Google Plus

Selanjutnya ada banyak sosial media lainnya yang biasa Anda gunakan untuk promosi seperti LinkedIn, Pinterest atau YouTube yang tak bisa saya ulas semuanya disini, bisa juga dipelajari dan lakukan tautan ke blog anda sebagai kunci keberhasilan dalam membangun pembaca.


5. Mempelajari Fitur Utama Situs Berita


Google pernah memberikan saran kepada blogger mengenai kesan pembaca, "Untuk membuat konten menarik cobalah Anda lihat situs berita mereka sangat pandai dalam menyusun navigasi dan konten menarik" kurang lebih seperti itu.

Kalau dipikir lagi memang situs berita itu berawal dari media massa seperti koran dan majalah yang semuanya berpengalaman dibidang informasi sejak dari jaman sebelum kita lahir, jadi jangan heran jika google menyarankan kita untuk belajar kepada media massa (situs berita) untuk belajar.

Jadi jika ada blogger mengklaim sudah memiliki pengunjung paling banyak, itu belum apa-apa dibandingkan dengan situs berita online yang menjual dengan skala besar ke lapisan masyarakat sampai keseluruhan dunia.

Pelajaran kita adalah? Mengintip apa yang di jual dan di unggulkan oleh situs berita tadi.

Taktik Sukses Menjadi Travel Blogger Profesional
Membuat Fitur Utama Situs Berita

Rumus ini merupakan resep rahasia dari Travel blogger sukses yang tidak sembarang orang lain tahu selain dari penggemar setianya.

Apa yang mereka lakukan?
  1. Yaitu meluangkan waktu untuk meneliti beberapa media (situs berita online) yang sering menerbitkan berita yang sama dengan topiknya contoh "Perjalanan wisata". Kemudian memperhatikan Penulisnya.
  2. Mengikuti beberapa sosial media penulis tersebut, melakukan sapaan, share artikel-artikelnya, selanjutnya memberikan pujian dan sedikit pertanyaan-pertanyaan kecil.
  3. Mempelajari artikelnya, lalu membuat program penulisan seperti artikel di situs berita tersebut. Ingat bukan mengopy! Tapi ambil hal-hal menarik dan istilah-istilah yang belum Anda ketahui mengenai topik yang ditulis. 
  4. Selanjutnya, membuat sendiri rumus artikel tanpa melihat postingan di situs berita tersebut, lihat hasilnya, tulisan Anda layaknya seorang penulis situs berita Profesional.

Setelah itu sampai pada tahapan menghubungi penulis di situs berita tadi melalui media sosialnya. Bicaralah bahwa anda menyukai tulisannya dan mencoba mencontoh, lalu kirimkan demo artikel anda, bisa jadi Anda ditawarkan untuk menjadi penulis juga di situs berita sekaligus di bimbing oleh nya untuk menjadi penulis handal.

Inilah kunci rahasia para travel blogger terbaik di dunia mendapat ilmu sampai menjadi gandengan perusahaan Raksasa seperti Maskapai Penebangan Internasional, disebabkan oleh kontennya yang mengalir DNA Media Massa, sampai menjadi blogger perjalanan yang mendapatkan penghargaan.


6. Menerapkan Ilmu SEO untuk mendapatkan Pembaca


Jadikanlah SEO bukan sebagai keharusan, tapi menjadikan ilmu ini sebagai seni yang dipasang didalam artikel.

Teknik jitu agar tampil di halaman pertama Google ini ternyata menjadi topik besar sebagai bahasan yang menarik bagi kalangan blogger, bahkan tidak sedikit yang menyalah artikan bahwa untuk berada di halaman pertama itu dengan menabur banyak kata kunci.

Sudahlah tinggalkan dulu orang itu yang paling penting sekarang saatnya menguasai bagaimana menerapkan SEO untuk artikel.

Ngeblog dan SEO bagaikan sepasang kekasih yang tak dapat dipisahkan.

Sebagus apapun konten yang dibuat kesempatan muncul dihalaman depan google sangat sulit jika dibarengi dengan teknik SEO.

Blogger terbaik dunia banyak yang tidak dipusingkan dengan ini rata-rata mereka hanya fokus kepada konsumen dan sajian yang istimewa, jika selesai baru menerangkan seni SEO.

Rahasia dari mereka yaitu hanya menyematkan keyword utama dengan tiga kata saja di Judul (Titel) 3 kata, di URL dengan permalink khusus 3 kata, menyimpan di deskripsi penelusuran, di paragraf pertama pada sub judul dan selebihnya menyesuaikan sendiri.

Adapun untuk penerapan di gambar mereka memakai kata kunci utama pada Add caption, di tag alt, gambar lainnya menyesuaikan sub judul selebihnya tinggal melengkapi dengan mengambil istilah lain di penelusuran LSI saja.

Tips Sukses Menjadi Travel Blogger Profesional

Bagaimana ada tentu sudah paham mengenai hal ini, tapi tidak ada salahnya jika ingin mengikuti cara teknik SEO seperti mereka siapa tahu ketularan sukses juga, silahkan pakai.

Menurut pakar sih, SEO on-page bisa dihasilkan dari banyaknya backlink rekomendasi dari situs lain atau pengalaman penulis, juga artikel terkait yang relevan bisa mengakibatkan berada dihalaman atas.


7. Memberi Hadiah Kepada Pelangganan


Setiap orang pasti suka dengan tawaran hadiah, seperti yang dilakukan oleh blogger profesional dalam membangun pembaca, mereka paling pintar dalam memberi umpan yang dibutuhkan oleh pembaca.

Taktik mudah seperti ini jarang dilakukan oleh blogger Indonesia hanya ada beberapa saja diantaranya, misalnya mencontoh seperti Mas Sugeng atau Mbak Arlina atau para ahli desainer tema blogger lainnya. Mereka sering membagikan template secara cuma-cuma alias gratis untuk dipakai, mengambil pembaca bisa dari kredit link ke blog pembuat.

Itu kan desainer template bagaimana dengan kita yang tidak punya apapun yang bisa dijadikan umpan? Mudah saja beri hal lain yang bermanfaat misalnya jika berlangganan di blog Anda akan mendapatkan E-BOOK panduan SEO, Desain Web atau Fotografi Gratis! Berikut panduan dan tipsnya.

Cara mendapatkan e-book banyak yang harganya murah dan gratis, membuatnya bisa anda pelajari bagaimana membuat penangkap alamat email yang masuk untuk berlangganan artikel.

Silahkan terapkan taktik ini di blog tentang apapun itu agar mendapatkan pembaca tetap yang semakin banyak.

8. Tentukan Pilihan ke Satu Topik


Banyak blogger diluar sana termasuk saya menulis banyak topik dalam satu blog, boleh saja, tapi sebaiknya keluar dari masalah besar tersebut. Fokus pada satu atau dua bidang keahlian saja, jika ingin membuat blog peejalanan anda sebagai profesi usaha.

Banyak topik berarti anda perlu banyak pula pengetahuan yang harus diserap, sedangkan rasa bosan selalu datang. Perlu banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat blog campuran.

Jangan meniru situs berita karena dibalik situs berita itu banyak sekali yang bekerja bahkan adalah sebuah perkantoran. Bagaimana dengan kita yang hanya kemauan saja yang besar?

Sarannya, boleh menulis banyak topik asal dengan blog yang berbeda untuk belajar, jika Anda menggunakan blogger itu kan bisa membuat sampai 100 blog, pisahkan saja paling tidak 3 topik dalam satu blog.

Jika Anda seorang yang suka wisata ya sudah tulis mengenai perjalanan wisata saja berikut tipsnya.


9. Melakukan Promosi


Mas Darmawan di blognya PanduanIM pernah menuliskan bahwa untuk mencapai rangking 1 google salasatunya adalah dengan berpromosi.

Begitupun dengan para blogger profesional terbaik di Amerika, Asia Australia termasuk Indonesia, mereka terkenal membangun blog perjalanan wisata dengan melakukan promosi dengan sangat gencar.

Mereka tidak segan membayar blognya untuk tampil di Facebook, menyisihkan pendapatan dengan memasang iklan di Twitter dan di google sendiri dengan AdWords.

Mengapa sampai berani berkorban segalanya?

Karena mereka tahu bahwa dibalik menulis artikel di blog menghasilkan uang yang melebihi dari pangorbanannya!

Apakah kita juga harus seperti mereka?

Walaupun sangat yakin dengan sikap anda jika belum saatnya sebaiknya jangan dulu, kecuali Anda memang sudah mendapatkan penghasilan cukup dari blog dan meningkatkan ke tahap yang lebih besar!

Tipsnya: Lakukan saja promosi di sosial media dengan saling share agar mendapatkan partner sesama blogger sampai terjalin hubungan yang erat antara Anda dan blogger lainnya.

10 Tentukan Fasilitas Jalan Anda berada di Rel yang Tepat


Siapa yang paling cepat melihat artikel Anda ketika pertama kali di publikasikan?

Jangan dulu melihat ke mesin penelusuran jawabannya tentu: Pelanggan, Teman sosial media, partner blog itu logikanya.

Insting calon seorang travel blogger terbaik harus pandai bergaul dan membuat identitas sendiri yang diharapkan menjadi besar dengan menjaring minat dan hobi manusia di dunia.

Contoh nyata mereka membangun komunitas untuk backpacker yang hobinya itu sama dengan petualangan, bepergian apalagi melihat tempat wisata.

Buatlah komunitas jaringan online atau forum oleh anda sendiri, contoh kecil buatgrup WhatsApp Google Plus. Facebook, Twitter dan lainnya, ajak teman-teman bergabung di komunitas Anda tersebut.

Contoh lain Mas Gani Sebastian membuat komunitas di Google Plus Indonesia Publisher AdSense atau Klik Mania News yang sangat ramai dan wajib di ikuti untuk blogger untuk diskusi atau mencari perkembangan terbaru para blogger.

Bergabung juga dengan komunitas traveling terbesar di dunia, caranya Anda cari sendiri mana yang lebih besar dan luas jangkauannya mereka ada di Kaskus, Google Plus, Facebook dan lainnya.

Intinya, selain bergabung dengan komunitas Perjalanan wisata di luar dan dalam negeri, anda bisa coba membuat komunitas grup sendiri untuk menjadi moderator, manfaatnya sangat besar untuk perkembangan blog Anda.

11. Memiliki Karyawan


Saran terakhir dengan orang lain untuk bergabung di aktivitas anda. Bagi sobat blogger yang belum memiliki budget untuk mempekerjakan karyawan tentu bergabung adalah kata yang tepat.

Hal ini sangat diperlukan jika perjalanan anda sedang tahap menanjak perlu adanya tim kerja, banyak dari pemikiran orang lain yang tidak bisa kita buat sendiri, jika terus mempelajarinya pun perlu waktu yang banyak.

Hal kecil simpel kita perlu bantuan saat memotret masa iya di blog traveler fotonya penuh dengan shelfi doang, disini perlunya karyawan atau sahabat untuk bergabung dengan minat Anda.

Saran: Pada tahap ini bisa anda jalankan jika blog Anda sudah ke jenjang nasional atau mendunia.


Kesimpulan sebelum Anda berangkat sebagai travel blogger profesional


Dilihat dari sudut pandang sekilas totalitas menjadi seorang travel blogger seperti mudah, tapi jangan dianggap terlalu murah, blogger profesional biasanya sudah memiliki kemampuan di bidang pendidikan setidaknya dalam menulis.

Sulit dipercaya memang jika ada orang yang tiba-tiba kepopulerannya melejit melebihi melebihi selebritis, walaupun ada beberapa yang mendapatkan itu.

Kesimpulan bagi kita bahwa orang yang sukses saja seperti Matthew Karsten saja belajar dan promosi bagaimana untuk Ia meraih mimpi menjadi penulis hebat, apalagi kita yang sering kebingungan pada saat membuat paragraf pertama.

Saya yakin 11 Tips diatas bukan hanya sekedar dipelajari oleh Anda saya dan teman blogger di Indonesia tapi seluruh dunia, semoga bisa dijadikan pedoman bagi ilmu ngeblog kita semua. Terimakasi.


16 komentar untuk "11 Tips Sukses Menjadi Travel Blogger Profesional"

  1. Balasan
    1. Profesional bukan berarti harus totalitas seorang blogger harus kreatif salam menggunakan waktu dan kesempatan, lakukan profesional blogger sambil bekerja semetinnya.

      Hapus
  2. Artikelnya yang saya butuhkan. Terima kasih kak. Ini pun saya juga masih terus belajar untuk menjadi profesional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sebelumnya sempat berkunjung ke blog sederhana ini, saya juga masih banyak belajar untuk sampai ke situ, perjalanan masih jauh. Semoga kedepannya lebih baik.

      Hapus
  3. Terima kasih sudah berbagi. Jadi ikut belajar ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Alhamdulillah suatu kehormatan bagi saya Mbak Katerina sempat-sempatnya berkunjung disini merupakan kebanggaan bagi saya dan teman-teman saya" hanya sekedar melihat tips ini menarik dan berbagi sambil belajar ini mbak bagaimana mengelola blog tentang perjalanan saya ambil dari Traveler Dunia semoga bermanfaat. Terima kasih Mbak Katerina.

      Hapus
  4. pengen banget jadi travel blogger yang seperti itu, jalan jalan kemana mana trus bercerita di blog hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin hal pertama mempersiapkan bekal mas, termasuk bekal semangat juga pengetahuan yang banyak, seorang penulis belum Profesional juga bisa merasakan sukses jika dalam dalam dadanya merasa sukses itu dekat yang penting! Mulai sekarang jangan sampai salah cepat tulisan perjalanan apasaja yang sedang dilakukan.

      Hapus
  5. Menjadi travel bloger sangat mengasyikan, tidak semua mempunyai kesempatan baik ini, selain bisa menikmati perjalanan kemudian menuangkan dalam bentuk tulisan juga memberikan info kepada yang membutuhkan khususnya mereka yg sdg mencari rujukan tentang daerah-daerah tertentu
    saya belum bisa, ada banyak kendalanya termasuk persetujuan sang Imam sulit didapatkan blm lagi urusan pekerjaan
    sementara menikmati yang sekarang ajah dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak saya juga kadang memiliki pikiran yang sama yang penting sekarang menjalankan apa yang Allah berikan kepada kita semua untuk blog peejalanan seperti sulit untuk orang bisa tapi untuk orang yang berlatar hobi perjalanan itu sangat pas. Terima kasih apresiasinya.

      Hapus
  6. Wow artikel ini sangat komplit dan detil ... , bagus sekali, mas 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. "Benar-benar Menarik" memang kata ini menjadi reflektif dan pergumulan sebab menulis kontent yang menarik untuk blogger travel seperti kita menawarkan barang/produk jadi kemasannya pun harus semenarik mungkin. Tetapi bagi saya dan di mata saya para blogger yang membuat literasi kita semakin melangit dan blogger travel harus diberi apresiasi lebih sebab dunia tahu tentang Indonesia dan keindahannya dari mereka. Nice post mas. sangat education.

      Hapus
    3. Betul mas konten adalah yang dijual oleh blogger se gencar apapun promosi yang dilakukan jika barang tidak bagus pembeli akan menyesal, itu berlaku untuk konten blog.

      Hapus
  7. ternyata sangat komlpeks sekali dan saling berkaitan satu sama lain ya mas
    terimakasih nih iformasi dan tipsnya akan saya coba terapkan tipsnya

    BalasHapus
  8. Untuk menjadi professional memang butuh perjuangan dan pengorbanan. Semoga kita bisa menjadi professional

    BalasHapus