Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Laman Form Kirim Artikel Langsung di Blog

Cara Membuat Formulir Kirim Artikel di Blog - Form Kirim Artikel merupakan satu Halaman Formulir khusus yang memberi kesempatan kepada para pengunjung untuk berpartisifasi sebagai penulis Tamu. Penulis disini bisa mempulikasikan/memosting artikel langsung ke situs blog dari form tanpa harus daftar menjadi penulis Artikel online dan harus melalui persetujuan owner terlebih dahulu.

Contoh Form Kirim Artikel

Sistem seperti ini menjadikan blog multi penulis yang terbuka menerima tulisan dari pengunjung mirip dengan infogua, lintas.me, kompasiana, jalantikus, wikipedia dan lainnya pasti sobat juga pernah melihat form seperti ini di situs-situs blog ternama? Sistem ini juga bisa dibuat sosbook di blogspot.
Cara Membuat Laman submit Form Kirim Artikel Posting Langsung pada Blog

Situs web/blog multi penulis biasanya menjadi cepat besar juga solid dalam menjalin kemitraan antara pemilik pengunjung juga blog lainya, tapi tetap ada proses dan kehati-hatian disini, cara inipun tidak cepat begitu saja. Jika blog sobat ingin dibuat form seperti ini tentu tidak ada salahnya mencoba kebetulan saya pernah memasangnya dan akan membagikannya disini:

Lihat pula: Keuntungan memasang Form kirim Artikel multi penulis blog

Karena langkah dalam membuatnya lumayan panjang jadi kita langsung ke pokok bahasan saja supaya mempersingkat waktu.

Cara Membuat Halaman Form Kirim Artikel di Blog Langsung Publish

Dalam membuat form kirim artikel ini ada tiga tahap yang harus dilakukan
1. membuat Email rahasia di blog Anda
2. membuat Formulir Kirim Artikel
3. Memasangnya di Blog

Kita mulai dari tahap pertama (1)


Membikin E-mail Rahasia untuk menerima kiriman Artikel

Email rahasia ini disebut juga Mail2Blogger alamat yang dapat digunakan untuk memosting teks dan gambar (hingga mecapai 10 MB) dari penulis langsung, mengirim ke blog langsung posting atau ke draf terlebih dahulu tergantung pengaturan Anda sendiri.

Langkahnya:

1. Masuk ke Akun blogger Anda

2. Pilih Menu Setelan -> Email Anda lihat pada Setelan "Mempublikasikan Melalui Email"
  • Tersedia kolom untuk Anda isi silahkan isi kolom tersebut dengan Secret Word atau kata rahasia gunakan kata yang sesuai mudah di ingat oleh sendiri tapi rumit agar tidak diketahui oleh orang lain? tulis dikertas atau memo. Contoh 'mudahrizki' jika disambungkan menjadi warman*****.mudahrizki@blogger.com, nah ini merupakan email rahasianya, Email inilah yang nanti dipakai sebagai target tujuan pengiriman Artikel langsung ke Entri blog dari penulis.
  • Pilih atau atur penerimaan artikel terdapat Segera publikasikan email (artinya Artikel akan diposting/submit langsung tanpa edit) dan Simpan email sebagai draf entri (ini Artikel akan masuk ke draf dahulu selanjutnya anda bisa edit dulu sebelum dipublikasikan) saran saya pilih yang kedua saja.
Cara Membuat Laman Form Posting Artikel Submit Langsung ke Blog

3. Setelah diterima kata rahasia serta memilih penerimaan kiriman email tinggal klik Simpan! pada pojok atas Dashboard blogger.

Selesai untuk membuat email rahasia untuk menerima kiriman artikel, selanjutnya tahap kedua (2)


Cara Membuat Formulir atau Form Kiriman Artikel ke Blog

Pada tahap ini kita harus menggunakan jasa pihak ketiga dan ada beberapa pilihan penyedia form yang bisa dipilih diantaranya emaimeform.com, jotform.com dan banyak lagi situs penyedia form lain semuanya bagus, tapi untuk kali ini saya mencoba pakai situs JOTFORM.COM saja

Langkahnya:

1. Kunjungi saja situs Jotform.com di http://www.jotform.com/myforms/ persilahkan daftar pakai email anda terlebih dahulu (agar memudahkan jika mengunjungi dan mengedit lagi nanti misal ada perubahan akan gampang tinggal masuk dan edit)

2. Langsung klik Create Form untuk memulai membuat formulir -> Pilih Template atau versi tampilan diblog ada yang Klasik dan Kartu slide -> klik saja salasatu atau bisa coba Demo dulu jika sudah cocok -> klik Membuat
!) disini coba Anda rancang sendiri atau buat Form, pasang Element Formulir Basic atau dasar saja yang terpenting sebagai data penulis dan Artikel seperti: Nama penulis, alamat Email, Judul Artikel, Kolom Artikel, Upload File semacam ini,
Cara Membuat Laman Form Posting Artikel Submit Langsung di Blog

tidak usah banyak widget untuk membuatanya atur oleh anda sendiri mudah sekali kok tinggal tambah pasang saja, Saya yakin anda bisa disini, atau bisa lihat contoh Form Kirim Artikel Blog Mudahrizki versi kartu.

3. Setelah dirasa cukup selesai membuat formulirnya tinggalkan saja formulinya silahkan
-> cari menu Pengaturan -> pilih Email -> klik Pilih Email Pengiriman / Send emails after submission klik +Notifikasi Email Penerima / NOTOFICATION EMAIL (akan menerima email ketika seseorang mengisi formulir Anda)
Disini akan stef permintaan mengisi nama, email untuk menerima, lalu Anda isi dengan email rahasia tadi

Kira kira seperti ini urutannya:
Sender Name ; di abaikan saja
Reply-to-email ; abaikan alias biarin
Recipient e-mail ; (baru isi dengan email rahasia pada blogger tadi)
Cara Membuat Laman Formulir Posting Artikel Submit Langsung pada Blog

contoh: warman*****.mudahrizki@blogger.com setelah itu anda bisa cek UJI untuk kirim atau langsung klik MENYIMPAN artinya email rahasia dan blog anda siap menerima kiriman Artikel.

4. Mengatur format penerimaan Email

Teks Artikel yang berupa masih email sedikit berbeda dengan Artikel blog untuk itu sobat mesti mengatur penerimaannya, edit saja sesuai keinginan letak-letak tulisan label file gambar judul dll, tapi jika malas nanti pada draf blog juga bisa.

5. Dapatkan kode script untuk dipasang di Laman

Caranya Anda bisa kembali cari pada menu PREVIEW -> EMBED/MENANAMKAN, tersedia berbagi macam pilihan versi tampilan nanti pada halaman web/blog Anda -> tapi pilih saja IFRAME -> Klik SALIN KODE  " </> " (kode IFRAME ini lebih lengkap jika dipasang pada Laman web Anda)
Cara Membuat Halaman Formulir Posting Artikel untuk pennis tamu


Sampai disini selesai mendapatkan kode Form Kiriman Artikel dari pengunjung blog.

Terahir atau yang ketiga (3)

Memasang Kode Form Kirim Artikel di Blog

Pada tahap ini kita kembali lagi ke blogger yaitu untuk memasang Form Submit Artikel di Blog, disini ada 2 pilihan memasang formulir pertama Halaman Statis, kedua pada sidebar melalui Add HTML/JavaScript.

Agar mudah dibuat menu sebaiknya dipasang pada Laman atau Halaman statis, walau sangat mudah tak ada salahnya saya jelaskan saja caranya berikut langkahnya:

Cara membuat Halaman untuk Kirim Artikel di blog

1. Kembali buka blog anda -> pada menu -> klik Laman -> buat Laman baru -> paste/tempelkan kode form pada mode HTML -> klik Pratinjau -> jika oke langsung Publikasikan -> copy link/URL -nya pasang pada Tema

2. Menampilkan di blog agar pengunjung mengetahui

  • Jika pasang pada Menu drop down secondary html -> menu Tema/template -> Edit HTML -> cari di HTML untuk menambah menu tinggal tambah Link/URL Laman tadi
  • Memasang di widget -> menu Tata letak -> Add gadget -> tinggal cari Form Kirim/submit Artikel ini di gadget Halaman cukup dicentang saja Simpan.

Memasang Form di Sidebar langsung

Blog -> Menu Tata letak -> Add gadget -> HTML/JavaScript -> Simpan.
(Cara ini akan menampilkan Formulir kirim Artikel IFRAME langsung pada sidebar blog)

Jila tidak terlewat langkahnya dari 1 sampai 3 diatas saya rasa Anda akan sukses dalam membuat Form Kirim Artikel di Blog, tapi jika ada yang belum paham silahkan mulai baca dengan seksama dari atas sampai bawah.



Posting Komentar untuk "Cara Membuat Laman Form Kirim Artikel Langsung di Blog"