Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Liburan Hemat Bahkan Gratis ala Travel Blogger

Mungkin Anda penasaran dan tertarik bagaimana seorang travel blogger melakukan perjalanan wisata sampai mendapat fasilitas menginap di hotel secara gratis?

Bagaimana jika Anda ingin mengikuti langkah perjalanan seperti mereka tersebut. Lalu Anda nekat melakukan walaupun belum punya modal cukup untuk melakukan perjalanan touring sampai menginap ala orang kaya.

Sebaiknya jangan! sayang sama keluarga.

Jangan melihat mereka dari masa sekarang karena seorang traveler sejati sedikitnya telah mempunyai sejarah panjang dalam menekuni hobinya itu dan sekarang mereka sudah mendapatkan hasil dari petualanganya.

Mereka sudah menemukan apa-apa yang Ia lakukan termasuk suka suka menjadi travel blogger.

Lalu bagaimana dengan Anda yang kini memiliki cita-cita yang sama seperti mereka, apakah harus berhenti saja, atau mengumpulkan modal yang besar?

Saya jawab tidak perlu!

Untuk update postingan baru mengenai wisata kuliner sampai menginap di hote yang semuanya membutuhkan biaya yang tidak gratis? apalagi jika perjalanan menginjak ke pelosok daerah sampai ke luar negeri, jika Anda menggunakan modal sendiri cukup disayangkan, walaupun itu hobi yang perlu pengorbanan meteri, tapi tidak gitu-gitu amat.

Inilah cara hemat menjadi traveling dan ngeblog

Cara Menghemat travel blogger hingga gratis

Menjadi seorang travel blogger bukan hanya sekedar pandai menulis perjalanan di blog saja. Tapi pandai juga mencari cara mendapatkan banyak uang selain dari ngeblog karena berwisata perlu membeli tiket pesawat kereta sampai naik ojek.

Cari peluang untuk mendapatkan uang dengan cepat selain dari hasil iklan AdSense seperti:

1. Ikut Lomba menulis di blog orang

Lho kita kan punya blog eh malahan menjadi penulis di blog orang?

Mungkin untuk seorang travel blogger yang sudah mendapatkan penghasilan tetap dari menulisnya bisa jadi cara ini kurang menarik, tapi bagi sobat yang sedang berjuang keras mencari modal sekaligus pengalaman ini bisa menjadi pilihan utama.

Banyak hal baik selain mendapatkan uang dari sekali kirim artikel diantaranya:

Semakin melatih diri untuk menjadi seorang yang lebih baik, karena menulis artikel di blog Anda secara pribadi berbeda jika di situs lainnya, disini Anda bisa mendapatkan serapan ilmu baru selain di blog sendiri.

Selain itu akan timbul jiwa kompetisi agar menjadi yang terbaik, supaya tidak mengecewakan pemilik blog tersebut. Inilah skils pembelajaran buat modal ngeblog untuk sendiri.

Menitipkan atau membuat tautan link ke blog Travel Anda, jika niche se tipe dengan blog Anda. Situs blog seperti Kompasiana, Babe, Detik wisata biasanya bebas untuk menanamkan link ke situs wisata lainnya, tentu dengan syarat dan ketentuan empunya situs.

Disini adalah kesempatan bagi blog traveling anda mendapatkan backlink selain mendapatkan penghasilan dari nulis. Bahkan jika artikel anda menjadi populer biasanya akan mendapatkan bonus lebih untuk posisi postingan terbaik.

Nah semuanya bisa untuk modal anda untuk menjadi travel blogger dalam melakukan perjalanan atau membeli pulsa kuota.


2. Mendaftarkan Lokasi dan foto ke Google Map

Kebetulan sekali ini, lagi lagi ada peluang bagi sobat blogger bagaimana caranya agar mendapatkan hasil dari hobi jalan-jalan dan berfoto. Sebentar bukankah kita membuat foto untuk dipakai sendiri tapi kok malah di unggah ke google map? Ya.. daripada di upload ke sosmed doang yang cuma mendapatkan like.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dari traveling

Perlu diketahui bahwa banyak lokasi wisata dan tempat tersembunyi yang belum diketahui dan terdaftar oleh google map ini memerlukan interaksi manusia karena Map google tidak sampai memuat gambar secara detail sampai ke pelosok desa atau tempat terbaru.

Pihak Google Map sering menyediakan bonus bagi siapapun yang rajin memperbaui foto dan lokasi. Fitur ini membutuhkan anda yang disebut pemandu lokal (Local guide) di google map.

Jika Anda setiap tempat menyimpan data dalam Map level anda akan terus meningkat tajam hasilnya bonus discount belanja online Zelora mulaibdari level 2 sudah  mendapat 50% potong harga artinya jika harga normal 1 Juta rupiah cukup membayar setengahnya yaitu 500rb saja.

Itu untuk level 2 bagaimana jika sudah level 6 sampai 10 Anda bisa bayangkan besarnya diskon artinya pengeluaran belanja anda bisa ditekan sampai minimal. Dan uang lainnya bisa dipakai untuk keperluan penting lainnya.

Jadi mulai sekarang coba daftarkan tempat yang belum ada di google map oleh anda selanjutnya anda bisa mendapatkan manfaat lain selain dari mengupload foto di sosial media.


3. Tawarkan Bakat Anda

Selama ini cara mencari uang untuk blogger dari iklan AdSense saja tidak juga.

Hobi menulis artikel wisata berpeluang juga ditawarkan kepada pihak pemerintah kabupaten, biasanya direktorat sering mengadakan dokumetasi sewaan untuk fotografi atau penulisan, mempromosikan wilayahnya supaya maju di sektor pariwisatanya. Selanjutnya dokumenter pasti diajak berpergian gratis.

Silahkan hubungi pihak pemerintah daerah tersebut dan mulailah menawarkan keahlian anda.

Jalin kerjasama dengan perusahaan juga bisa biasanya perusahaan sering membuat dokumetasi Family Gathering, untuk majalah bulanan yang perlu menulis dari luar Anda bisa menggunakan kesempatan ini gunakan pengalaman selama ini yang telah di dapatkan.

Masih banyak sebenarnya peluang untuk mendapatkan uang lebih dari menulis dan fotografi. Intinya hanya kita yang mau atau malas melakukan semuanya.

4 Hemat dan Mulailah dari yang Terdekat

Selanjutnya jangan terlena dengan mencari uang tambahan seperti langkah-langkah diatas karena ada yang lebih penting dari itu? Yaitu konsisten menulis!

Jika untuk perjalanan seperti para traveling top belum bisa caranya kita mencari lokasi wisata penomenal kebanggaan warga daerah terdekat.

Ini merupakan salasatu trik dalam mengisi buletin blog travel Anda sekaligus menjukan wisata daerah sekitar anda, tentu biayanya minimal bahkan gratis!

Caranya: coba kemas beritanya secara eksklusif dan mengangkat walaupun tempatnya sederhan penuh dengan sampah" tapi ini bisa membanggakan bagi pembaca yang tepatnya berada tidak jauh dari lokasi tersebut.

Selanjutnya share ke grup media-media sosial di daerah anda termasuk ke radio desa, saya yakin inilah cara-cara hemat sederhan tapi akan lebih mempopulerkan blog anda terutama di daerah sendiri.

Kesimpulan

Siapapun bisa traveling dengan Hemat dan mudah menjadi travel blogger, asalkan memanagemen dan pemetaan situs dengan tepat, tentukan kapan saat memulai perjalanan ber Badget besar atau mulai yang lebih irit modal terlebih dahulu.

Niche jenis perjalanan berbeda dengan tutorial atau berita yang tidak perlu berpergian, sedangkan traveling pelu biaya tambahan untuk ongkos dan bekal makan hingga sewa penginapan atau hotel.

Bagi sobat yang sudah memiliki rencana liburan keluarga pada saat itu pula mengumpulkan informasi data dan fakta seperti apa perjalanan. Salam sukses dan sejahtera buat Anda.

9 komentar untuk "Cara Liburan Hemat Bahkan Gratis ala Travel Blogger"

  1. ilmu berguna untuk saya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat semoga menambah wawasan anda.terimamsi atas kunjungan Anda.

      Hapus
  2. ilmunya blogger traveler ini. kalo saya ingin jadi bloger traveler itu du mas hambatannya masalah dana dan waktunya. padahal pengen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sebelumnya Mas, dimulai dari yang terdekat saja dulu mas, hal-hal kecil kalau kita yakin dengan apa yang kita lakukan pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

      Hapus
  3. Point nomor 3 belum kupraktekkan,mas.
    Kesemua point diatas sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali untuk poin 3 memang sangat susah setidaknya butuh waktu lama supaya nama travel blogger nya lebih luas. Sehingga banyak tawaran pihak Pemerintah atau Developer Pariwisata.

      Hapus
  4. Empat poin ini memang harus diterapkan jika seorang travel blogger mau sukses.
    Trimakasih mas Warman udh sharing artikel yg menarik ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas sama sama salam buat semua blogger.

      Hapus
  5. Liburan sama keluarga sangat menyenangkan, apalagi bisa tau tempat liburan yang hemat.

    BalasHapus