Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surga Wisata Curug Mahrom Sukasari Purwakarta



Cirugahrom-kertamanah-sukasari-purwakarta
YouTube/Zaenal Arifin/https://youtu.be/-vfNkjMA_Rs


Curug Mahrom Sukasari Purwakarta, Petualangan wisata kita kali ini ke Desa Kertamanah Kecamatan Sukasari Purwakarta tepatnya di sebelah barat Waduk Jatiluhur yaitu ada satu air terjun (Curug) unik bernama curug Mahrom. Curug ini belum banyak terjamah anda tertantang untuk menjunjunginya.

Lokasinya masih tersembunyi di perbukitan hutan bambu suasananya cocok dan pas untuk rekreasi atau refreshing keluarga dari penatnya rutinitas sehari-hari. Suasana pedesaan dan pegunungan yang tenang nan segar, damai dan sejuk pokoknya idaman baget setiap pengunjung.

Kata Mahrom dari nama Curug ini biasa kita temukan di dalam aturan islam antara Laki-laki dan Perempuan yang tidak boleh dinikahi disebut Mahram, lalu awal mula nama mahrom pada Curug ini tidak diketahui secara pasti mungkin karena keunikan air terjun dari aliran sungai kecil ke awahnya berpisah bercabang terbagi dua, tapi bisa juga mahrom diartikan dengan pakaian ihram untuk berHaji atau Umroh.

Ada pula yang menyebutkan nama Mahrom dari seseorang yang telah di hilangkan nyawanya dan di kuburkan ditempat tersebut.

Lihat Pula... 9 Obyek Wisata Curug terbaik yang ada di Purwakarta

Untuk menuju lokasi wisata Curug Mahrom rute yang ditempuh sama seperti akan ke kawasan Curug Tilu Ciririp yaitu melintasi Kecamatan Banakan Cikao lalu Lewat Jalan Raya Curug yang sepi melewati sisi barat Waduk Jatiluhur jalannya sudah sangat bagus sudah dicor permanen dari mulai masuk kawasan jatiluhur sampai ke Desa Kertamaneh. Bisa di tembus tiga arah yaitu dari karawang loji, kota Purwakarta dan Cianjur lewat Maniis.

Suasana Curug Mahrom asli sangat rekomended banget istimewa indah ada air mancurnya lagi perjalanan kanan-kiri dihiasi pemandangan yang sagat hijau alami dan sejuk. Wisata ini belum banyak yang mengetahui masih perawan.

Selepas Jalan Raya Curug selanjutnya perjalanan wisatanya sedikit membutuhkan petualangan yang ekstra sebelum sampai dan menikmati indahnya curug yang eksotik ini, kita harus berjalan kaki melewati lintas ladang dan persawahan milik warga yang indah yang belum dibangun jalan permanen, disaksikan tinginya pegunungan. Bebukitan hijau diisi dengan hutan bambu dan pohon-pohon rimbun jadi pemandangan seru ditambah jalan tanah, berbatu dan sungai akan menemani perjalanan dan memperbarui rekaman pandangan mata Anda.

Curug-mahrom-purwakarta-sukasari
Gambar diambil dari: YouTube/Zaenal Arifin/https://youtu.be/-vfNkjMA_Rs


Nah, setelah anda melewati itu semua deruan suara air trjun yang jatuh menghantam batu Curug MAHROM akan segera menyambut dengan indahnya, itu akan semakin penasaran saja untuk mengeksplor kedalaman dan ke indahannya, jika kita mandi rasanya dingin, asri bagaika kolam disurga. Ini kesan yang akan dirasakan setelah menatap dan merasakan Curug Mahrom.

Lihat pula... Hotel Bergantung ditebing Juran setinggi 400 M di Purwakarta

Keindahan-Curug-mahrom-purwakarta
YouTube/Zaenal Arifin/https://youtu.be/-vfNkjMA_Rs


Rute menuju Curug Mahrom

Tujuan wisata Curug Mahrom beradi di kaki gunung yang sedikit tersembunyi dan belum terkenal masih alami tapi jalan menunuju daerah ini sangat banyak pihan.

Jika anda dari daerah karawang loji jonggol- itu bisa melewati jalur tikus pasar loji ambil belok ke kiri Jalan Palasari-Naringgul Desa Kutamaneuh-lalu ke arah Danau Cibayat-sampai ke pertigaan Jalan Raya Curug Sukasari lalu belok kanan arah selatan sampai Ke desa Kertamanah dan sampai Gang Curug Mahrom.

Jika dari Kota Purwakarta-anda bisa ambil jalan raya yang mau ke Kecatan Babakan Cikao ambil yang ke arah Jatiluhur-lalu ke jalan Raya Curug-ke Sukasari.

Jika anda dari Cianjur bisa nelewati Rute Waduk Cirata Kecamatan Maniis-Sukasari (tapi jalur ini jalannya masih berbatu dan sedang diperbaiki).

Lihat... Wisata Badega Gunung Parang Spot Wisata Rock Climbing Tertinggi di Asia

Alamat lengkap Curug Mahrom
Address: Jl. Raya Curug Dikaki Gunung Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawabarat. 41116.



Peta diambil dari google maps lokasi koordinatnya belum terdeteksi dengan pasti hanya lokasi yang bertanda itu adalah bagian depan atau Gang menuju Curug Mahrom sedangkan lokasi Curugnya kearah barat naik keatas sawah dan kebun bambu.

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Mahrom Purwakarta semoga menambah wawasan dan referensi tujuan wisata anda, terimakasi.

Wisata lain...







3 komentar untuk "Surga Wisata Curug Mahrom Sukasari Purwakarta"

  1. wahhhh airnya berwarna hijau. cantikkk

    BalasHapus
  2. enak langsung nyebur disana
    kayaknya seger y mas

    BalasHapus
  3. kata MAHROM itu adalah nama dari seseorang yg mati karna dibunuh dan dikubur dicurug tersebut .

    BalasHapus