Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Gunung Parang Purwakarta dan Memanjat Hotel Gantung (Skylodge)

Wisata Gunung Parang di Purwakarta - Destinasi wisata gunung Parang sangat memukau Dunia, bagaimana tidak Obyek wisata favorite Rock Climbing perjalanan ter extrim didunia sekarang menjadi lokasi wisata super lengkap, memiliki tempat panjat tebing tertinggi kedua di asia.

Hiking gunung parang Surga wisata pavorit olahraga teknik tinggi yang membutuhkan adrenalin itu bisa ditempuh dengan teknik Via Ferrata (tangga besi) untuk Tacking, Camping dan Ekplorasi jelajah alam lain termasuk menginap di hotel bergantung Skylodge yang pertama ada di Asia hanya ada di Gunung Parang.

Gunung Parang rock climbing kini menjadi Kampung wisata dan petualangan di Kaki sampai tebing Gunung Parang letaknya di Kampung Cihuni Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Obyek wisata alam seru memberikan ragam suguhan keindahan, seni budaya daerah dan edukasi alam seperti mendaki, panjat tebing Flaying Fox dan menginap di hotel bergantung, wisatawan akan disuguhi pemandangan pegunungan hijau daerah purwakarta dan dapat melihat Danau-Waduk Jatiluhur dengan sangat jelas dari ketinggian.

Kawasan wisata gunung parang peminatnya pun tak tangung-tanggung dulu sampai sekarang mulai dari dalam dan luar negri, asia da Eropa Selain tebingnya yang menantang para pendaki dapat bersosialisasi dengan pemandu, masyarakat diperkenalkan seni budaya berbagai bagunan khas, makanan ala sunda dan banyak paket-paket wisata disini yang bisa dipilih.

Perjalanan Terbuka Badega Gunung Parang Purwakarta



Yaitu sebuah kawasan wisata pengelola berikut warga dan Base Camp (posko) yang bisa anda datangi dan gunakan sebelum mendaki atau memanjat, karena disini kita bisa mendapatkan panduan memanjat peralatan berikut Pemandu yang disebut Badega; dari bahasa sunda, artinya pelayan. Ada beberapa posko Badenga disekitar kawasan wisata ini menurut informasi awal ada 3 Kantor sekertariat yang siap melayani dan daftar memanjat dengan kisaran harga 150 Ribu Rupiah berikut Asuransi kecelakaan.

Lokasi wisata Gunung parang tediri dari 3 Tower  (puncak) dan 7 tempat wisata lain terfavorit, contoh: untuk Tower 1 itu paling tinggi, tower 2 sedikit rendah dan yang tower 3 ketinggiannya ledikit tidak curam atau landai, untuk mencapai ke Tower 1 kita dapat menempuh tiga rute pendakian mulai dari 3 lanjut ke 2 dan terkhir Tower 1, itu bisa ditempuh dengan dengan Taraje (Tangga alami) dari akar pohon yang ditambah anak tangga kayu yang mencontoh jaman dulu.

Ada juga melalui jalur cepat dengan Via Ferrata yaitu tangga yang dibuat dari Besi lengkung yang di tancapkan pada tebing batu andesit, menurut pengelola ini aman karena batu andesit adalah batu jenis yang di buat candi, ditambah bantuan tali kawat baja sebagai pengaman.


Pertama di Asia Gunung Parang Purwakarta Hotel Gantung (SkyLodge) penginapan tertinggi di Dunia 


Terbaru di tebing gunung parang hadir Skylodge atau Hotel gantung bernama Anyar Padjajaran, hotel gantung penginapan pertama di Indonesia dan Asia-tertinggi juga tertinggi di dunia, bergantung ditebing setinggi 1.000 Meter dari permukaan Laut dan tinggi hotel sekitar 400-500 Meter dari tanah.

Hotel bergantung bisa dipesan oleh siapa saja dengan harga yang ditwarkan sekitar 3 hingga 4 Juta Rupiah per malam harga awal berikut pelayanan, peralatan memanjat, pemandu, makan di hotel.


Wisata-badega-gunung-parang-hotel-gantung-skylodge-purwakarta
Foto Hotel gantung (skylodge) di tebing gunung parang purwakarta


Menurut Bupati Purwakarta Bapak Dedi Mulyadi "Obyek Wisata Gunung parang telah dibuka hotel sejak 28 Oktober 2017 sudah bisa dipesan hotel yang dilengkapi juga resort di tempat lainya bagi siapa saja pengunjung yang suka tantangan"

Ruangan Hotel gantung mirip pesawat dibuat dari Polikarbonat rangka besi berkualitas seperti kapsul tranparant segi 8 di pasang memakai peralatan khusus digantungkan pada Batu andesit, dibuat berjajar dengan beberapa tingkatan ketinggian, yang lebih tinggi akan lebih bersensasi dan berharga sedikit mahal.


Sfesifikasi Hotel Gantung Skylodge Gunung Parang

Hotel bergantung milik Badega Gunung Parang memiki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter dan tingginya 2,4 meter.

Kafasitas hotel bisa dipakai untuk 4 orang wisatawan dengan harga tetap satu kali Cek In, hotel terbuat dari Polikarbonat atau rangka besi dengan diding kaca, fasilitas layaknya hotel pada umumnya seperti Ruang tidur lengkap, Ruang Tengah, Balkon, Interiornya berikut Pendingin Udara (AC) Televisi (LED TV) Toilet portable, tempat cuci tangan, perlengkapan minum seperti teko, cangkir aliran listrik dan perlengkapan lainnya, ditambah jendela kaca keatas dan kesamping khusus untuk memudahkan mengambil gambar atau merasakan udara gunung di kamar hotel. 

Kamar hotel bergantung di ikat dengan 20 tali besi sling dan di tancap pada tebing, pada satu talinya teruji mampu menahan berat 1 Ton kalau 20 tali anda bisa hitung berapa kekuatanya.

Menurut Dhani Daelami pengelola Badega Gunung Parang yang juga sebagai Operator Via Ferrata, dengan Flat Form hotel dan pelayanan lainnya, Ia ingin memberikan pengalaman wisata yang senyaman mungkin dan seaman mungkin memberi kepuasan semua orang walau bukan seorang pemanjat tapi dengan pelayanan terbaik orang bisa menikmati tebing dengan aman menurut beliau.
"Hotel bergantung ini akan memiliki Safety- keamanan berstandar Internasional dan teruji seperti Skylodge di Negara Peru Amerika Selatan" Wow, Keren!

Memanjat Tebing Parang Via Ferrata

Untuk pendaftaran menginap di hotel gantung bisa datang dilokasi langsung ke Posko  Badega Gunung Parang dari waktu pagi hingga Jam 12 dan diperkirakan Jam 2 Sore Berangkat menuju hotel.

Sky Lodge Hotel yang berada di ketinggian 400 Meter dari permukaan tanah ini merupakan yang pertama di Asia dan tertinggi di Dunia, karena dibangun ditebing gunung bebatuan andesit, tentu membutuhkan sklis dan adrenalin khusus sebelum memulai pendakian sejumblah peralatan seperti Carabinner berikut Harness (sabuk pengaman) dan Helmet bajib dikenakan.


Wisata-badega-gunung-patang-via-ferrata
Foto gunung parang ETALASE/TRANS7/YouTube

Melalui Via Ferrata atau tangga besi, sebelum pendakian para wisatawan akan di beri arahan oleh pemandu (para badega) mengenai cara pendakian yang baik dan aman, pada ketinggian 200 meter anda dapat istirahat sejenak untuk menghilangkan rasa lelah dapat sambil menggambil gambar atau video, dilanjutkan lagi perisnya di ketinggian 400 meter adalah titik dimana pengunjung akan meluncur lagi kesamping dengan Tali kawat besi baja seperti Flaying Fox bernama Sky Rolling sampai masuk kedalam hotel.

Ketika di coba oleh profesional lama pemanjatan sampai di hotel gantung membutuhkan waktu 1,5 Jam tentu ini tidak masalah bagi pecinta tantangan dan pemanjat tebing kalau ingin menginap di hotel yang bisa melihat keindahan sunrise dan sunset.

Kampung wisata yang mendunia kebanggan Purwakarta
Menjadi hotel bergantung yang pertama di Indonesia dan Asia, tentunya penginapan yang bergantung di Gunung Parang ini menjadi Viral untuk kawasan wisata Pem.kab. Purwakarta sebab ini akan meningkatkan Wisatawan Domestik dan Internasional yang datang, pada tahap pengerjaan pun sudah banyak yang meminati dan menanyakan sampai memesan.

Sebelum hotel mulai di buka pun keindahan kawasan wisata Gunung Parang sudah terkenal hingga mancanegara untuk dan tidak sepi pengunjung yang rata-rata pecinta tantangan Climbing mulai di berbagai daerah Indonesia Ibu Kota, Bekasi, Mahasiswa ITB dan Internasional seperti Inggris, Belanda, Jepang dll. Merka tertarik dengan jalur trek yang kemiringannya menantang berbatu dengan kemiringan vertikal.


Tempat-tempat Wisata yang ada di Gunung Parang

Badega Gunung Parang adalah sebagai kawasan wisata menyediakan Base Camp menejmen pemandu rute yang bisa dipakai untuk menuju tempat-tempat wisata, jika anda akan masukbkekawasan ini silahkan menghadap dulu base camp Badega Gunung Parangbong.


Wisata-badega-gunung-parang-purwakarta
Gambar Kampung Wisata Badega Gunung Parang Sukamulya Tegalwaru Purwakarta


Lokasi A
Terdapat Posko Via Ferrata dan Badega Gunung Parang, ini sebagai zona favorit, terdapat tempat pendaftaran Resort, Toko Oleh-oleh, Spot Flaying Fox dan spot utama panjat tebing Gunung parang apakah? melalui jalur Via Ferrata memandu dari berangkat sampai kembali, atau melewati ingin jalan batu akar pohon alami dan Tangga besi dan tali yang di tancapkan ke batu andesit hingga mencapai puncak gunung.

Badenga Rock Climbing - wisatawan bisa bertanya, melihat paket wisata dan bagaimana caranya memesan hotel, untuk menemani perjalanan ke beberapa pilihan di wisata ini seperti Tower 1, 2, 3 dan spot lainnya.
Anda bisa tahu info gunung parang menghubungi Call:
+62 87874708230
atau lewat Email:Badega.parang.gmail.com

Via Ferrata - adalah perjalanan manjat tebing Gunung Parang dengan menggunakan tangga besi (taraje beusi: Sunda) anda bisa melalui posko via ferrata dalam memanjat dan mendapatkan pemandu untuk menaiki gunung dengan aman dan nyaman.

Alamat Via Ferrata di Kampung. Cihuni, Desa Sukamulya, Tegal Waru Sukamulya, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41116

Lokasi B
Adalah tempat istirahat sebelum memulai perjalanan wisata ke lokasi yang akan dituju terdapat penginapan Villa dan penginapan di kaki gunung dan membeli bekal diperjalanan dan persiapan lainya, disini juga kita bisa besosialisasi bertanya dengan para wisatawan dan warga mengenai frofil Gunung Parang.

Lokasi C / zona 1
Adalah fasilitas tempat ngaso;sunda artinya istirahat disini terdapat Saung kebun Rumah-rumah kecil gazebo untuk berteduh atau tiduran jika anda pusing merasa ingin mengumpulkan tenaga di zona C atau 1 telah tersedia untuk anda dan teman gunakan sebelum naik ke Tower 2 atau 1 melalui Via ferata.
Keadaan dan suasana alami sangat terasa terdapat tempat duduk dari bambu menurut bahasa Sunda di sebut Bale diperuntukan bagi pemanjat gunung parang yang di buat secara gotong-royong antara warga setempat.

Lokasi D atau zona 4
Nah, disini adalah pertengahan perjalanan terdapat wahana permainan Flaying Fox-Out Bondnya orang dewasa paling ekstrim disebut Lempok Edan dengan ketinggian 60 Meter dan panjang lintasan 200 Meter, silahkan saja jika ada suka atau ingin mencoba merasakan sensasi bergantung bebas di antara tebing 1 ke tebing 2, di zona D-4 anda bisa coba dengan harga yang sepadan kita bisa melihat pemandangan yang saya jamin tak mudah dilupakan.

Lokasi E, zona 3
Resort Badenga Gunung Parang- sebuah perkampungan wisata berkelas untuk memanjakan wisatawan di zona E tersedia Resort denga pelayanan ala kampung anda bisa merasakan keliling jalan santai mandi refreshing dan istirahat.

Jika anda ingin melakukan wisata dengan panjat tebing Flaying Fox dan Resort pada lokasi A sampai E anda harus singgah karena sudah ada pemandunya. 

Lokasi F
Ini adalah masih lokasi yang menyediakan tempat-tempat pelayanan seperti: Resort / Cafe / Resto spot ini disebut Cilanghoar tempatnya dibawah sebelah barat gunung Parang jika anda sudah turun gunung atau setelah dan sebelum menginap acara Camping/ berkemah dari hotel anda bisaampir ke tempat ini.

Titik Lokasi G Zona 2

Disini terdapat 2 Base Camp Badega Gunung Parang Badega Gunung Parang PARANGBONG tepatnya dipertemuan jalan desa di antara dua kaki gunung yang sangat indah dan sejuk terdapat kantor sekertariat (posko) pemandu bagi anda yang ingin melanjutkan wisata keindahan seperti melewati Sasak Panyawangan (Jembatan Menerawang), menginap di hotel gantung yang ekstirm Skylodge Purwakarta (Bale Sawarga dan Anyar Padjajaran B. sunda)

Jika anda bertujuan manjat melihat sebuah desa diatas gunung melewati Jembatan Bambu "Sasak Panyawangan" dan menginap di hotel bergantung pertama di Asia (Skylogde) anda bisa menuju kesini.


PETA LOKASI "Badenga Gunung Parang"

Untuk menemukan lokasi wisata dengan mudah sebaikanya anda menggunakan googlemaps yang akan menampilkan peta lokasi wisata gunung parang, selain dapat mencari anda juga dapat melihat foto-foto yang menarik dari wisata disini.




Tips mendaki Gunung Parang agar aman dan nyaman

Untuk anda yang berniat berwisata ke kawasan Gunung Parang atau tebing lain alangkah baiknya memperhatika tips sebelum memanjat.

1 Persiapan fisik - Pastikan anda jika ingin mendaki ke gunung parang dalam keadaan sedang Vitalitas terjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tak terduga seperti pusing mual.

2. Perbekalan - Air minum Mineral dan makanan kecil bernutrisi tinggi biar kondisi tubuh tetap stabil jika menyentuh titik ketinggian Atmosfer akan berbeda sedikit tipis sering terasa pengap sesak dan cepat lelah.

3. Safety - Pastikan alat pengaman seperti Memakai Helm yang benar, webbing berfungsi secara benar masih bagus dan berfungsi untuk memegang semua sudah disiapkan di pengelola wisata anda tinggal mengeceknya saja.

4. Pakai sepatu dan topi Jaket - Suasana daerah Purwakarta aggak sedikit berubah signifikan antara pagi dan siang, ketika pagi 08.00 sampai jam 10.00 udara masih dingin dan lembab dan dari Jam 11:00 sampai Jam 15:00/03 Sore bisa panas menyengat maka pakailah Sepatu yang tidak licin dan Topi sebagai pelidung kepala agar tidak cepat lelah. Awas juga daerah ini suka hujan deras disertai petir yang besar.

5. Mengajak pemandu lokal - Ini yang penting dengan pemandu yang sangat hafal dengan kondisi fisik pengunjung dan situasi alam di Gunung Parang pemandu akan lebih paham dalam melakukan tugasnya, pemandu dari Badega Gunung Parang siap memandu anda sampai pulang lagi.


Frofil-Sejarah gunung parang

Informasi sedikit ya.. Gunung Parang Memiliki ketinggian 983 sampai 1.000 M dari permukaan laut, memiliki 3 rute pemanjatan 700 M,
Gunung Parang cocok untuk jalur trek Tacking, Climbing, Camping di tahun 1980 dari ITB dan Skygers sudah menjadi lokasi ini sebagai tempat Rok Climbing pemanjat Indonesia dan mancanegara gunung alami berbatu sebagai tempat latihan perang dan fisik pasukan TNI (tentara Nasional Indonesia).

Dari dahulu kala Nenek moyang penduduk kampung ini sering memanjat Gunung menaiki tebing dengan cara menaiki tangga dari akar pohon alam untuk mencari ubi sebagai makanan sehari-hari.


Ide Pemanjatan tebing Gunung Parang

Ada beberapa jalan memanjatan yang dibuat dari beri melengkung "Taraje Beusi" dirancang dengan ide pemanjatan gunung dari Italia yang disebut "Via Ferrata" disisni mulai dibuka tahun 2015 pemanjatan sekitar 300 Meter dengan Biaya 150.000 Rupiah sudah termasuk biaya peralatan Safety memanja seperti Harness dan Pemandu.

Menaiki anak tangga dari besi dengan memakai Harness lalu pasang pada kawat pengaman carabinner.


Waktu yang tepat untuk memanjat

Pengelola menyarankan, Musim kemarau bulan Afril sampai sebelum musim hujan Desember adalah waktu yang paling pas! saat itu wisatawan bisa tenang melakukan pemanjatan sampai puas menikmati keindahan gunung parang sampai sore dan malam hingga pagi lagi.

Walau berwisata digunung Parang bersipat ekstrim tapi sebenarnaya ada jalur dan tempat-tempat pendakian yang aman buat anak seperti Resort kampung budaya dan tebing landai Tower 3.

Kepuasan lainya kita bisa merasakan suasana bergaul dengan masyarakat setempat yang ramah dan menjunjung tinggi nilai ke tata sundaan sopan terhadap Tamu (semah) melihat Sunrise dan Sunset itu pasti.


Harga Tiket Masuk Gunung Parang

Setelah kita mengubek semua informasi mungkin anda penasaran dengan tiket masuk gunung parang yang sebenarnya murah meriah untuk sampai ke Tower 1 Hanya dengan Rp. 10.000 sudah bisa masuk, berikut rinciannya.

1. Tiket masuk termurah 10 Ribu Rupiah itu belum ditambah pemandu, jika anda menggunakan pemandu itu untuk satu orang biayanya 100 Ribu, jalur yang di tempuh menggunakan taraje dari kayu dan akar pohon alami gunung dapat sampai ke Tower satu.

2. Tiket masuk berikut Harga Rp 150.000 ini paket aman berikut pemandu memakai Jalur Via Ferrata jalur ini bisa anda lewati dengan peralatan Safety lengkap mulai dari Carabinner + Harness, Helm dan trik cara pemanjatan dari pemandu hingga sampai puncak Tower 1.

3. Hampir sama dengan yang kedua hanya tujuannya adalah untuk menginap dihotel bergantung Sky Lodge-Bale Swarga-Anyar Padjajaran, harga paket ini semua Rp. 4.000.000 berikut makan peralatan dan pemandu.

Kesimpulan

Kawasan wisata Gunung Parang di Purwakarta begitu memberikan kepuasan pengalaman, ke elokan dan ragam eksplorasi wisata seni budaya ramah, memanjat gunung, camping Flaying Fox menginap di hotel gantung dan sebagainya semua bisa dan ada disini. Jadi jika anda binggung menentukan wisata alam yang lengkap dan harga variatif Kawasan wisata Badega Gunung Parang bisa jadi pilihan untuk anda tuju kedepan.

Oke, Selamat menikmati keindahan dan kekayaan Indonesia ya Guys melalui pariwisata. 

13 komentar untuk "Wisata Gunung Parang Purwakarta dan Memanjat Hotel Gantung (Skylodge)"

  1. saya rasa kalau ada yang offer untuk ke sini walaupun percuma (gratis) mungkin saya tolak awal2... takuttttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak wisatawan yang masih belum pengalaman memanjat pun masih tetap bisa jika berminat karena kawasan wisata badega gunung parang sudah siap membantu pendakian dwngan peralatqn khusus bagi yang awam sekali pun. Terimakasi Anis.

      Hapus
  2. Wuih, seru banget mas. Berapa biaya nginap di hotelnya semalam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menginap di skylodge-hotel bergantung di tebing gunung parang saya dapat informasi kisaran 4 Juta Rupiah sehari semalam berikut akomodasi pemandu dan lainnya kalau mau hemat bisa patungan 4 orang, karena satu kamar bisa di izinkan seperti itu.

      Hapus
  3. Mesti mikir-mikir dulu saya kalau mau main ke sini, selain karena takut ketinggian pikiran ngeri kalau terjadi apa-apa selalu terbesit. :(

    BalasHapus
  4. Sebagai informasi saja mas, tapi jika sudah ada bisa dicoba sensasinya

    BalasHapus
  5. Menyajikan suasana alam dan menginap berbeda. Tapi untuk durasi waktu mungkin tidak semua kalangan bisa mencoba menikmati menginap di hotel gantung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya asyik buat menikmati dan menambah suasana petualangan di rekreasi di Out door / rock climbing jadi tambah seru ditambah dengan adanya tempat penginapan bergantungan di tebing (skylodge) ini, sebagai daya tarik juga bisa juga dicontoh di tempat2 lain asal tetap mengutamakan standar keamanannya yang bagus dan tersruktur.

      Hapus
  6. Seru pasti kalau bisa berkunjung dan menginap disana dengan keluarga (yang ga takut ketinggian),menikmati suasana alamnya makin terasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasi atas kehadirannya di Ulasan ini. Semoga ini dapat memajukan Pariwisata idonesia akan lebih mendunia dengan banyaknya lokasi wisata yang berqualitas dan baru lebih berbeda tapi tidak jauh dengan kultur alam indonesia yang di kedepankan.

      Hapus
  7. Untuk saya yang Phobia denga ketinggian mungkin tidak cocok menginap disini mang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ketinggian itu bagi orang yang menyukainya sangat menyenagkan, di bdega gunung parang banyak juga tempat rekreasi lainnya mas.

      Hapus
  8. #cadas, hotel tapi kaya bukan hotel, kaya lagi survival yak hahahaha

    BalasHapus