Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Keindahan Gunug 4 (Haur) Jatiluhur


Jika kalian sedang ada di Purwakarta pasti tertarik dengan suasana dan pemandangam pegunungannya apalagi jika kebetulan sedang ada di Waduk Jatuhur pasti juga melihat Gunung unik dengan Empat puncak berbaris sejajar sangat begitu indahnya letaknya persis disisi sebelah Barat waduk? penasaran bukan Gunung apa namanya? Itulah Gunung Haur!
Gunung-haur-gunung-tengah-karadag-wisata-di-purwakarta
Foto Gunung Haur-Tengah-Karadag di Kertamanah, Sukasari, Purwakarta 2018

Gunung Haur (450 mdpl) adalah Gunung dengan tiga teman dekatnya yaitu Gunung Tengah (420 mdpl) ini posisinya kedua setelah Haur selanjutnya Gunung Karadag sekitar (410 mdpl) dan satulagi paling kecil sekitar (400 mdpl).

Namun yang paling terkenal adalah Gn. Haur Gunung ini populer sebagai tempat kemping dan petualangan (Opat Puncak ngajajar ditepi Waduk) inilah yang menjadi dayatarik para petualang sejati di Purwakarta, viewnya Hijau, Indah dan Sejuk.

Gunung yang berada di Kecamatan Sukasari ini dinamai dengan Gunung Haur artinya Gunung Bambu Aur Gn. Tengah artinya bagian tengah, Karadag dan yang lebih kecil seperti keluarga saja.

Jenis flora yang ada di Gunung ini jenis Pohon bambu, semak belukar Tebing Cadas dan pohon alas lainya, jenis gunung terdiri dari batu hitam andesit (kali) dan tanah berpasir sangat pas untuk pendakian.

Dikawansan Gunung Haur terdapat Kampung (Leumbur) Sekolahan kebun dan sawah dikaki gunung suasananya sangat indah sekali apalagi letaknya di sisi Waduk terbesar di jawabarat ini yaitu Waduk Jatuhur jika kalian kemping atau mendaki sampai kepuncak kalian bisa melihat selurug Waduk.

Digunung Empat Puncak Haur kita bisa melihat pemandangan tanggul diatasnya juga sebagai Jalan Raya Curug yang menghubungkan antara Kecamatan Desa Kertamanah hingga ke Desa Ciririp dan seluruh Waduk Jatiluhur dan sekitarnya dengan jelas.

View selanjutnya dapat melihat pegunungan di Kecamatan Sukatani seperti Kawasan Badega Gunug Parang yang ada Hotel gantung tertinggi didunia, Gunung Bongkok, Gunug Lembu dan sebagian taman wisata alam Purwakarta lainya.

Adapun destinasi wisata populer yang terdekat dengan Gunung Opat yaitu Obyek wisata Curug Mahrom di desa Kertamanah, selanjutnya Kampung wisata Curug Tilu di Gunung Buleud desa Ciririp Sukasari, Water Boom Jatiluhur, Pesona Pemandagan Gunung Lembu, Danau Cibayat yang ada di desa Cibayat Tegalwaru Karawang.

Peta lokasi Gn. Haur Kertamanah, Sukasari Purwakarta.
Jalan Raya Curug-Buntu Kertanah Sukasari.



Jalan menuju Gunung Haur Sukasari sangat Mudah dilalui oleh semua kendaraan yaitu Jl. Raya Curug Kertamanah Sukasari.

3 komentar untuk "Pesona Keindahan Gunug 4 (Haur) Jatiluhur"

  1. Berbagi waktu dengan alam
    Kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya
    hakikat manusia

    [Lagu GIE]

    :D

    BalasHapus
  2. ada tak waktu tertentu dihalang pendaki untuk mendaki gunung ini?

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah bisa berkunjung ke Gunung Haur kemaren

    BalasHapus