Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Artikel Blog SEO Friendly, Begini Cara Menghitung Jumlah Kata Kuncinya

Bagaimana cara mengetahui berapa jumlah suku kata dalam artikel yang SEO friendly? Selama ini google tidak memberikan ketentuan berapa kriteria suku kata (word) dan kalimat yang harus ditulis dalam satu postingan, hanya memperkirakan sekitar 600 kata dalam satu artikel blog itu cukup, lebih banyak akan lebih bagus untuk memperkaya informasi yang relevan sesuai kata kunci, sehingga menjadi postingan SEO on page.

Cara Menghitung Jumlah Kata dalam Artikel/postingan Blog agar SEO yang mudah dan cepat
Cara Mengetahui Jumlah Kata/karakter dalam Artikel atau Postingan Blog

Jika melihat ketentuan pihak Google mengenai kriteria blog untuk AdSense, dinyatakan dalam satu halaman postingan itu minimal harus memiliki paragraf dan jumlah kata yang lengkap, termasuk isi konten yang memadai agar memiliki artikel desktiptif juga informatif, sebab blog mengutamakan informasi tulisan dibanding konten lainnya.

Artikel SEO setidaknya memiliki 600 sampai 1000 kata dalam satu postingan, itu sudah di anggap lengkap juga akan lebih banyak memasukkan istilah kata kunci lainnya, selain itu artikel yang memiliki jumlah kata lebih dari cukup di dalam satu artikel akan berpeluang postingannya muncul di halaman depan Google dan mendapatkan pengunjung organik dari hasil penelusuran (Sherps Engine).

Trik membuat artikel 1000 kata juga sering digunakan oleh blogger profesional agar mampu bersaing di pencarian tingkat tinggi, bagi kita pun sebaiknya pelajari juga cara menghitung jumlah kata dalam artikel ini, tujuannya untuk mengetahui berapa kerapatan word density yang telah dibuat di dalam artikel, supaya mampu bersaing di pencarian google.

Pelajari ini dan coba lakukan cara ini sesekali, tujuannya untuk belajar membuat konten yang SEO berkualitas dan unique menurut google dan pembaca. (Kalau Artikel saya ini setelah di cek sekitar 1052 suku kata)

Disini saya melakukannya dengan bantuan asisten "Word Counter360° Online gratis" situs counter ini alat yang mampu memperlihatkan dan menguji secara detail kepadatan kata kunci dominan pada teks dalam artikel, yang rata-rata adalah kata atau frasa konten yang memiliki tingkat SEO friendly.

Contohnya: keyword counter memberikan sedikitnya sepuluh kata ganti yang sering dicari oleh pengunjung atau bukan, unique atau tidak? Ini untuk kita perhitungkan dan dipakai setiap membuat artikel.

Cara menghitung kata dan karakter offline di MS Word


Sebelum ke tutorial inti, pilihan lain anda bisa menggunakan word secara offline di software Microsoft word. Caranya cukup copy semua tulisan dari blog sebelum di postingan lalu paste di "Microsoft Word" secara otomatis pada bagian bawah akan ada keterangan berapa jumlah kata dan karakter dalam artikel tersebut.
(Cara ini tidak perlu tutorial secara lengkap karena secara langsung anda bisa coba sendiri di Microsoft Word syaratnya anda harus menggunakan laptop)

Cara mengetahui jumlah suku kata dengan wordcounter360° online


Supaya mengetahui detil tingkat SEO atau keyword unique secara otomatis anda bisa melakukan pengujian kata-kata SEO friendly di situs online wordcounter360%.com atau word counter.net, nanti akan muncul kolom pengujian, langsug saja:
  1. Pertama, Silahkan kunjungi situs Word Counter di Alamat http://id.wordcounter360.com melaui browser anda.
  2. Copy seluruh artikel pada draft blog lalu Paste pada kolom tersebut.
  3. Lihat hasilnya pada gambar berikut: saya coba mengambil contoh kecil saja dari kata sebuah judul artikel ini:
Cara mengetahui Jumlah Kata dalam Artikel atu postingan Blog supaya lebih SEO friendly
Cara Menghitung Jumlah Kata dan Menguji tingkat SEO friendly kata dalam Artikel Blog

Contoh hasil uji suku kata "Cara Menghitung Jumlah Kata dalam Artikel/postingan Blog agar SEO" memiliki: 10 kata, 65 karakter berikut spasi dan dilihat dari keyword memiliki 1%, kata unique yang bisa kurangi atau ditambah lagi agar mendapatkan hasil maksimal untuk SEO on-page. (Itu contoh judul artikel ini sebelum saya ganti)

Gunakan keyword utama pada seluruh artikel sekitar 3% atau 4% saja pada postingan supaya tidak terjadi penjejalan kata kunci (keyword stuffing).

Cara lain mengecek berapa jumlah suku kata menggunakan alat situs online Wordcounter.net


Langkahnya sama seperti tadi silahkan kunjungi alamatnya
https://wordcounter.net
Selanjutnya tinggal melihat hasil lengkap berapakah keseluruhan jumlah kata dan karakter pada artikel.

Sebenarnya cara mengkalkulasikan jumlah suku-kata bisa dengan Aplikasi Android Writer dan alat dan situs lainnya

Taktik Mencari istilah kata lain dari kata kunci

Tips paling ampuh: secara teknis teks yang lebih panjang (ekspresif) oleh anda dapat diganti dengan frasa yang lebih pendek namun memiliki dasar kuat gunakan sinonim atau homonim pendek tapi tetap eksekutif ada bobot dan memberi manfaat.

Tujuannya agar lebih efesien waktu bagi pembaca dengan melihat kata-kata yang memberikan ekspresi kejutan tapi tidak terlalu panjang.

Untuk memenuhi Artikel sampai 600 bahkan 1000 kata dalam postingan, triknya bisa anda buat kesimpulan pada akhir Artikel, mempergunakan kata kunci istilah atau kata mutiara kata bijak penuh motivasi dari orang sukses atau tambahkan tips dibagian akhir artikel yang relatif sama artinya.

Masalah Artikel SEO


Membuat artikel yang memiliki nilai kata atau frasa tingkat SEO on-page dapat anda analisa secara nalar oleh sendiri atau pun dengan bantuan situs.

Seperti contohnya, jika ada para pencari mengetikan kata kunci di pencarian google? Sistem robot google akan menganalisa setiap halaman web situs mana yang paling sering memunculkan frasa atau kata-kata relevan yang sesuai dengan kebutuhan Manusia si pencari, jika isi dalam halaman artikel anda memiliki frasa sesuai dengan jawaban kata kunci menurut google, pasti artikel ada di halaman pertama. Itulah gunanya menguasai kata kunci istilah lain yang banyak.

Jika Anda perlu contoh misalkan seperti ini:
Anda menargetkan keyword pada judul "Cara Menghitung Jumlah Kata dalam Artikel"

Nah, supaya kuat dan menjaga jika ada pencari mengetik "cara "mengetahui" jumlah kata di blog"

Anda bisa menggunakan kata "mengetahui" atau istilah yang serupa lainya di paragraf dan sub judul sehingga kalau ada yang mengetik "cara mengetahui jumlah artikel" maka Postingan anda masih ada di halaman pertama.

Contoh nyata: Saya pernah menerapkan teknik ini jika sedang sempat saja, saya memiliki satu postingan yang sampai saat ini SEO on-page dengan kata kunci utama:

"cara merubah huruf latin ke arab"

Silahkan anda di cek di pencarian google <🔍> halaman itu dengan kata kunci tadi, saya pernah menghilangkan beberapa kata kunci didepannya sampai "latin ke arab" saja tapi tetap ada dihalaman depan.

Silahkan cek dengan beberapa kata kunci asal jangan "ke arab saja" nanti hasilnya menjadi tiket pesawat.

Penerapannya cukup dengan tatacara seperti diatas tadi.

Itu mungkin sedikit pengalaman kurang lebihnya seperti itu.

Bagaimana cara menghitung atau mengetahui berapa jumlah suku-kata yang relevan dengan word counter mudah bukan? silahkan dicoba dan terapkan untuk menambah SEO friendly pada artikel anda.

Kesimpulan


Jika harus menulis satu topik blog diperlukan panjang silahkan dibuat artikel yang panjang tapi jangan memaksakan dengan membuat pengulangan kata kunci, buatlah dengan kata istilah sesuai kata  kunci lain agar setelah selesai di posting artikel bisa SEO on page.

9 komentar untuk "Ingin Artikel Blog SEO Friendly, Begini Cara Menghitung Jumlah Kata Kuncinya"

  1. Wah, patut dicoba nih. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba saya sangat senang sekali, bagaimana kabarnya sehat selalu kan?

      Hapus
  2. wah mas... template baru ya

    BalasHapus
  3. Saya mau cerita mas, heheh...kalau saya nulis dan memikirkan kata kunci jujur (yang saya rasa ya) tulisan saya jadi ga enak dibaca. Jadi kalau saya nulis ya nulis saja heheh (tapi kalau suatu saat) saya benar-benar serius soal blog dan sudah memiliki tema blog mungkin soal kata kunci menjadi konsen saya juga heheh, saat ini saya kosentrasi pada tutorial mas tentang sitemap, widget postingan terbaru yang ada gambar dll. Karena dua hal itu belum saya baca secara seksama dari blognya mas heheh. Kalau libur saya mau konsent pada tutorial mas tentang dua hal itu dulu. Terima kasih juga tutorialnya soal memasang whatsaap di blog, sudah saya coba dan berhasil mas. Saya mau pelajari juga satu tutorial mas (lupa judulnya) tapi menarik untuk saya pelajari. Terima kasih mas sudah berbagi banyak hal yang menarik dan bermanfaat pada saya. Semoga blognya mas semakin maju dan berkembang. salam hangat selalu mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang harus perlu diketahui dalam ngeblog? yaitu membagun jati diri sebagai modal menjadi blogger dan membangun pembaca sebagai yang membutuhkan.

      Saya lihat blog mas juga sudah bagus, memiliki topik yang sesuai dengan ke ahlinya mas, dan bisa mendapatkan pembaca yang membutuhkan informasi yang mas sajikan seputar keahlian mas, saya juga ingin seperti mas tapi belum bisa.

      Untuk mas, jika ingin mendesain blog? Pelajari saja yang sifatnya membangun dan penting untuk pembaca blog mas, gunakan Widget yang memiliki navigasi memudahkan pengunjung menelusuri semua konten yang ada di blog mas.

      Saya juga sebenarnya saat ini masih tahap belajar dan melihat bagaimana perkembangan ngeblog saya selam setahun ini.

      Kesimpulan: bersyukur sekali selama ini sudah banyak teman yang sering support, dan pengunjung setiap hari.

      Kalau untuk penghasilan, paling kedepannya lebih saya pikir itu.

      Terima kasih atas perhatiannya salam buat semua teman blogger lainnya..

      Hapus
  4. menggaet pembaca melalui SEO memang jurus ampuh mencari pageviews. namun sayang, trik SEO ini biasanya hanya dipergunakan untuk itu saja, tidak lebih. sehingga kebutuhan pembaca belum bahkan tidak terpenunih sama sekali.

    Ngeblog plus SEO asik sih, tebak tebak berhadiah, hehehe.
    Kita ya senang tho, punya pembaca yang nyasar kepada hasil karya akibat kotak pencarian, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kepada blogger itu sendiri, memenuhi kebutuhan pembaca adalah no 1, tapi agar kita tidak capek menulis artikel hanya untuk di share saja dan tidak ada di pencarian kan repot, perlu juga mempelajari SEO on-page secara perlahan satu demi satu agar bisa membangun sebuah blog menjadi SEO on page. Terima kasih atas perhatiannya saya ucapkan.

      Hapus
  5. saya baru dalam membuat blog, jadi belum mengerti 1000 kata ditulisa dalam blog

    BalasHapus