Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Widget Postingan Terbaru dengan Feed RSS

Memasang Artikel Terbaru Blog dengan Feed - Sobat blogger, di postingan kali ini akan menerangkan cara membuat widget pertingan terbaru pada sidebar blog dengan tampilan simpel sederhana ringan tanpa JavaScript cukup menggunakan Gadget Feed. Artikel ini memperlengkap dari post pertama berjudul bagaimana Cara Membuat Recent Post/Artikel Terbaru Blog yang kemarin saya bahas dengan bermacam versi.

Feed adalah salasatu widget default dari blogspot berupa feed RSS atau Atom ini bisa kita gunakan untuk menampilkan postingan terbaru latest posts fungsinya untuk mempermudah pengunjung mengetahui postingan terbaru pada blog anda.
Cara Memasang Widget Postingan Terbaru ringan di blog dengan Feed RSS

Feed ini sebenarnya bukan untuk blog sendiri saja tapi bisa juga diperuntukan menampilkan artikel teranyar dari situs lain, tapi itu hanya pada keperluan tertentu saja, sekarang terpenting adalah bagaimana jika menampilkan artikel terbaru blog sendiri.

Untuk alasannya Sobat pasti paham kenapa harus menampilkan widget recent post di blog?? Panjang lebarnya bisa lihat pada cara membuat postingan terbaru blog diatas. Nah berikut cara pemasangannya:

Cara Memasang Widget Recent Posts Ringan dengan Feed RSS


1. Buka blog anda, pada Dash Board langsung ke Tata Letak / Layout

2.Tentukan dimana akan anda pasang kira-kira pilih saja paling strategis (pada sidebar) > klik Add Gadget > langsung pilih Feed, widget ini sudah tersedia pada Dasar dasar widget blogger tinggal pasang hanya judulnya  bukan Artikel Terbaru jadi Pemula sering tidak tahu.
Cara Memasang Widget Postingan Terbaru dengan Feed RSS

3. Setelah terbuka langsung masukan saja alamat atau Link/URL blog anda pada kolom yang tersedia > klik Lanjutkan (ini akan otomatis muncul jika ada pos terbaru pada alamat blog tersebut)
Cara Memasang Widget Recent Post dengan Feed RSS

4. Ganti judul otomatis pada kolom biasanya nama blog Anda Contoh Mudahrizki  menjadi Artikel Terbaru atau terserah Sobat suka bisa Recent Post, Postingan Terhangat atau semacamnya lah > kelanjutannya postingan yang akan ditampilkan pada kotak kecil bisa ganti dari 5 jadi 1,2,3,4, dst, dan mode yang akan ditampilkan :
  • Tanggal Item = Postingan akan disertakan tanggal postingan diterbitkan
  • Sumber/pengarang Item = akan menampilkan penulis Artikelnya (Admin)
  • Buka link di jendela baru >bisa di Centang atau biarkan saja.
Cara Membuat Widget recent post di blog  dengan Feed RSS

5. Selanjutnya  tinggal klik Simpan, selesai coba anda lihat hasilnya kurang lebih tampilannya seperti berikut:

Recent Post dengan Feed diatas adalah hanya meampilkaan daftar Judul Artikel simpel sederhana, jika anda ingin tampilan Widget berikut gambar juga deskripsi artikel coba lihat Cara Membuat Recent Post/Artikel Terbaru secara lengkap

Kesimpulan dalam Membuat Artikel Terbaru dengan Feed


Pada dasarnya blog tutorial jarang memasang Recent Post ini tapi ketika saya lihat blog berita, olahraga, wisata masakan biasanya pakai widget ini, semuanya tergantung Anda yang mencoba pasang atau tidak.



4 komentar untuk "Cara Memasang Widget Postingan Terbaru dengan Feed RSS"

  1. wah, keren nih postnya, btw kalo gadget artikel terbaru dengan efek berjalan bisa gak mas? saya kepengen tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara ini belum dipelajari yang seperti Mas maksud, tapi bisa itu saja pada receng post kalau dengan tambahan kode JavaScript oferflow saya pernah bikin nama berjalan.

      Hapus
  2. seronok belajar benda baru

    BalasHapus
  3. Kenapa di blognya gak pakai iklan Google Adsen mas?

    BalasHapus