Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Widget Related Post (Baca juga) Template VIOMAGZ

Untuk sahabat blogger yang kebetulan menggunakan template VioMagz MasSuggeng tentunya mengetahui bahwa template ini sudah menyediakan fitur Baca juga ditengah postingan. Widget Baca juga ini secara otomatis menampilkan judul artikel terkait per-label yang menampilkan Tiga daftar judul artikel didalam kolom. Widget ini muncul tepatnya setelah paragraf ke 3. Tapi apakah bisa juga jika Widget Related Posts keren ini dihilangkan??

Cara Menghapus Related Post (Baca juga) pada Template VIOMAGZ
Menghapus widget Baca Juga di Template VioMagz

Selain keren fungsi dan tujuan widget baca juga disediakan yaitu untuk membuat pemetaan kepada pengunjung untuk mencari pilihan lain mengenai artikel serupa. Dan untuk Tema blogger default atau hasil download pun bisa dipasang related di tengah postingan dengan menambahkan kode CSS seperti menampilkan iklan didalam posts.

Jadi, bagi anda yang ingin memasang Artikel terkait seperti ini jika menggunakan template VioMagz tidak perlu susah-susah membuatnya karena sudah tersedia secara otomatis dipasang oleh MasSuggeng. Nah bagi sobat blogger yang kebetulan belum melihat seperti apa itu template VioMagz sebaiknya coba melihat DEMO atau lihat Sfesifikasi bisa lihat Artikel ini dulu berjudul: VioMagz Template Blogger Responsive MasSuggeng

Sedikit kekurangan dari Widget Related Post ini hanya mampu tampil pada settingan tema Responsive atau tampilan Desktop dan tidak muncul saat di setting ke versi Mobile (Seluler) karena untuk menjaga VioMagz loading jadi wuss jika di buka perangkat mobile smartphone dan tablet. Tapi tidak apa-apa karena VioMagz responsive masih tetap fast loading.

Nah, bagi sobat yang merasa kurang nyaman untuk urusan lain atau mau mencoba belajar menghilangkan widget Baca juga pada template VioMagz itu sangat mudah, sehingga menjadi seperti template seperti biasanya, untuk itu mari ikuti langkah berikut:

Cara Menghilangkan/hapus Widget Baca Juga Template VioMagz


Pilihan lain jika Anda ingin memindahkan ke bagian bawah artikel sebenarnya bisa juga cukup memindahkan kodenya, nantinya widget related Baca juga akan tampil di bawah postingan.

Menurut saya ini sangat keren dan memungkinkan untuk pembaca melihat artikel lainnya yang se tipe.

Tapi bagi sobat blogger yang tetap ingin menghilangkan Widget Related posts ditengah Artikel template VioMagz dengan alasan apapun bisa ikuti langkah berikut:

Langkah menghapus widget ditengah postingan tema VioMagz

1. Masuk ke blogger.
2. Pada dashboard, Cari menu Tema/Template > Pada tab Tema klik Edit HTML.
3. Kemudian cari kode berikut pada HTML tema kemudian di cut/hapus:

<div id='baca-juga'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>
</b:if>
<script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=bacajuga&amp;max-results=5&quot;' type='text/javascript'/>
</b:loop>
<script type='text/javascript'>
var jumlahbacajuga=3;
removeRelatedDuplicates();
printRelatedLabels(&quot;<data:post.url/>&quot;);
</script>
</div>

4. Hapus kode tadi setelah itu, Klik Simpan Tema.

Pada tahapan ini template sudah tidak lagi mempunyai Related posts ditengah Artikel hanya di bagian bawah saja. Tapi jika Anda ingin memasang lagi tinggal memasang saja ditempat yang sama.

Tips sebelum mengedit template
  • Pakai teknik Tekan Ctrl+F pada keyboard laptop untuk mencari kode di dalam template.
  • Lakukan beckup pada template dengan mendownload tema pertama sebelum mengedit tema blogger.
Sangat mudah bukan?

Kesimpulan Menggunakan Artikel terkait di blog


Banyak yang suka dan dibutuhkan dari artikel anda, Related Posts adalah salasatu Widget yang bisa memfasilitasi semua itu, silahkan gunakan Widget artikel terkait ini sebaik-baiknya agar banyak kesempatan para pembaca melihat artikel dan mencari lainnya di blog Anda. Tentunya akan mendapatkan lebih lama pengunjung yang baca.

Teruslah berkarya dengan apa dan sekecil apa yang bisa dihasilkan dari Menulis, karena karya tulis blog merupakan curahan isi hati Anda yang memungkinkan bisa dibaca oleh semua orang di luar sana.

Artikel terkait Modifikasi VioMagz:

17 komentar untuk "Cara Menghapus Widget Related Post (Baca juga) Template VIOMAGZ"

  1. Mantap mas, tapi kalau saya masih tetap pakai heheh, cuma saya agak bingung kenapa kadang (di blog saya). Widget Baca letaknya tidak lurus sebagian postingan. sebagaian lurus (rapi) tapi kalau saya perhatikan widget yang sama pada blognya mas kok rapi ya? apakah ada hal-hal lain yang saya salah atur... ? mohon berbagi ilmunya mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum paham itu mas setahu saya dari semenjak dipakai oke oke saja, saya lihat juga gambar blog punya mas sedikit kurang pas posisinya kesamping mungkin mas menggunakan foto dengan pengaturan size large (tidak original size), tapi nanti saya coba lihat dulu kalau bisa saya akan beri solusinya.

      Hapus
    2. ia benar mas, soal gambar. saya nda tahu kenapa begitu. Apakah tentang pengaturan gambar. Ada tutorial dari mas tentang hal ini?

      Hapus
    3. Untuk gambar web harus di kompres dulu sampai 100KB dan pakai pengaturan "Original Size" mas setelah di upload biar sempurna.

      Hapus
  2. siapa ya sebenarnya yang suka pasang widget related post ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya aku salasatunya, pas memakai template default blogger aku juga sering masang.

      Hapus
    2. Terima kasih banyak mas atas penjelasannya...Sukses selalu

      Hapus
  3. saya rasa widget ini memberi manfaat juga bagi kebanyakan blogger, karna artikel yang terkait yang ditampilkan sistematis, hanya 3 post saja, nggak berlebihan gitu lho...

    tapi saya sendiri nggak pake fitur ini Mas, lebih suka menggunakan tabel secara manual, artikel yang di tampilkan lebih spesiifik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas buatan sendiri lebih relevan dengan artikel yang dibaca, kalau widget Baca juga otomatis hanya berdasarkan label saja, kadang agak jauh dari bahasan artikel tersebut.

      Hapus
    2. Iya mas buatan sendiri lebih relevan dengan artikel yang dibaca, kalau widget Baca juga otomatis hanya berdasarkan label saja, kadang agak jauh dari bahasan artikel tersebut.... Itu benar mas setuju. Kalau blognya mas soal widget baca juga pakai dari mas Sugeng (maksud saya bawaan templetenya) atau moderenisasi mas?

      Hapus
    3. Itu masih bawaan templete mas Sugeng saya belum rubah mas.

      Hapus
    4. Kok rapi bangat ya punya mas, punya saya ga jelas ne mas hehehe

      Hapus
    5. Saya sendiri belum pernah edit sampai jauh Mas jadi belum paham semua, kalau lebih baik mas tanya langsung ke pembikinnya saja pasti tahu persis.

      Hapus
  4. Klo menghapus related post yg dibawah postingan bagaimana caranya mas? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh itu cukup menghapus kode related pada bawah postingan, pada HTML tepatnya di bawah kode tadi mas, cari saja kode "related thumbnail post".

      Hapus