Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Mengelola Bisnis dari Jarak Jauh Paling Efektif

Banyak peluang bisnis jenis online mudah di kendalikan dari jarak jauh melalui teknologi informasi masa kini, seperti ikut menjadi kontributor situs web, niaga dengan pemasaran online sampai jenis usaha lainnya yang secara oromatis terjalin sebagai mitra bisnis secara berjauhan tempatnya, hebatnya orang-orang tersebut belum pernah ketemu satu sama lain tapi tetap kompak.

Bagaimana caranya menjaga hubungan bisnis dengan orang yang belum pernah ketemu sama sekali tapi bisa berjalan awet dan harmonis?
Tips sukses mengelola bisnis (LDR) dengan komunikasi efektif 
Cara berbisnis sepeti ini pelaku utama (owner) bisa belajar strategi mengelola bisnis secara efektif maupun dari pengalaman yang masuk selama berhubungan dengan klien hingga tumbuhnya kepercayaan semua pihak.

Daya tarik Bisnis Menentukan


Peluang usaha online menjanjikan membuat hal ini menuntut siapa saja untuk terlibat memiliki bisnis sampingan semisal jual-beli barang di online shop, bisnis multi level marketing (MLM) online dan kerja sama situs web atau transaksi online yang menguntungkan.

Metode transaksi sepeti itu terjadi secara online jarak jauh pula, sebenarnya mudah dilakukan tentunya asalkan kita tidak terlalu gaptek dengan media sosial atau pembayaran via Pay pal sampai pengiriman file lainya, tapi jika Anda sebagai Manajer sebaiknya tahu cara mengontrol hingga mengawasi tim dari jarak jauh.

Sekilas dalam mengelola bisnis jarak jauh dengan orang yang belum tahu kesehariannya mungkin sulit bahkan berbahaya kalau belum paham cara menghandle-nya, tapi tenang bukan zaman kemajuan teknologi internet namanya jika tanpa kreativitas dan mencari solusinya.

Nah, bagi Anda yang kini sedang menjalankan bisnis dengan beberapa orang atau karyawan yang jaraknya berjauhan bisa coba pelajari bagaimana cara menjalin hubungan saling menguntungkan dengan teman bisnis Anda tersebut, walaupun banyak tantangannya tapi kita bisa menghadapi dengan kecerdasan emosional.

Mengendalikan Bisnis Jarak jauh dengan sederhana


Hal paling mendasar Anda harus bisa menjalin hubungan baik dengan orang tersebut dengan hal sederhana.

Contoh studi sebagai pelajaran kini ada bisnis yang di kendalikan jarak jauh bisa mengelola usaha tanpa memiliki kantor, di zaman now sampai sukses seperti merekrut penulis oleh situs berita.

1. Berkomunikasi yang baik dan efektif

Belajar berkomunikasi yang efektif bisa berupa percakapan lewat pesan tidak hanya melalui pembicaraan antara orang tua dan anak-anak yang memberi manfaat termasuk juga untuk menjalankan bisnis jarak jauh.

Ada beberapa pilihan cara menerapkan teknik berkomunikasi lebih efektif dengan rekan kerja dari pada berbicara secara langsung lewat telepon atau video call.

Jika untuk berbicara langsung tidak memungkinkan teknik mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif ialah dengan memberikan informasi yang jelas dengan media yang lebih efesien misalnya melalui pesan Email atau WhatsApp atau media lainnya yang mempunyai kelebihan dalam mengirim pesan multimedia satu pesangat bisa dikirim ke banyak orang.

Komunikasi dengan konsumen, rekan kerja atau mitra bisnis usahakan selalu ditambahkan dengan memberikan tips solusi sampai beri rujukan berupa link ke sumber yang memberi solusi atau informasi penting kepada mereka.

Dengan demikian bisa menimbulkan saling respect menanggapi dan jalan mengenai pertanyaan yang belum mereka pahami.

Penyebutan nama kepada mitra bisnis menurut ilmu tata bahasa berbisnis sebaiknya ditambahkan dengan kata gelar contoh: Pak Warman, Mas Teguh dan sebutan bagi perempuan yang baik.

Pada komunikasi pertama dan terakhir menyertakan kata sapaan seperti: Hello Dear, Selamat Pagi-sore-malam, dan di akhiri dengan ucapan Terima kasih, Sukses selalu, Assalamualaikum dll.

2. Mengenali profil

Bukan untuk apa-apa tetapi untuk lebih cepat akrab dengan klien dan mudah memperoleh informasi lebih lengkap dari gambaran profil wajah atau data pribadi.

Langkah ini sangat mudah sekali kita bisa manfaatkan sosial media Long distance business relationship bukan berarti tidak mengetahui satu sama lain dalam mengenali profil seseorang.

Profil bisnis juga tak kalah penting sebgai profilmu, dengan membuat desain logo nama bisnis semakin profesional dan memperkuat perusahaan atau bisa juga ditambahkan juga slogan.

3. Membangun kepercayaan

Etika ketika berbisnis jenis apa pun itu  harus dapat dipercaya agar timbul saling percaya.

Bagaimana cara membangun kepercayaan usaha bagi teman maupun konsumen? Yaitu dengan memberikan bukti pelayanan baik dan mempunyai program jelas dan terencana sehingga klien mengetahui bahwa perusahaan Anda legal.

1. Pelayanan berupa adanya situs web, kelangkapan kontak pelanggan perusahaan yang bisa dilihat secara online oleh publik, bisa berupa akses email atau alamat situs web juga kontak pelanggan nomor yang bisa dihubungi.

Pastikan usaha AndAnda sudah terverifikasi di Google Bisnisku sebagai profil agar mudah di telusuri jika di akses pada Google Search atau Google Maps maupun sudah tersebar di seluruh media sosial.

Memiliki Ilustrasi logo dan nama perusahaan yang terdaftar untuk izin usaha jika belum mempunyai silahkan untuk membuatnya secara simpel saja.

Daftarkan usaha bisnis di departemen yang memiliki badan hukum berlaku jika diperlukan untuk menambah kekuatan dan kepercayaan publik.

Anda tinggal mendaftarkan usaha secara online di http://www.dgip.go.id/

Manfaatnya Anda dapat memiliki hak patent Merek Desain Industri Anda sehingga memiliki hak cipta sebagai Indikasi Geografis Rahasia Dagang & DTLST.

2.Program bisa mengenai jenis bisnis apa yang dijalankan harus memiliki sistem yang terorganisasi dengan jelas seperti grafik pelanggan yang telah memakai jasa bisnis Anda atau nota pembayaran online jika mitra bisnis telah sampai pada ketentuan mendapatkan penghasilan produktifitas.

Disini kita bisa membuat data berupa grafik hasil kerja secara transparan yang bisa dilihat lewat perangkat yang mereka gunakan.

Baca juga: Cara Membangun Bisnis Wisata Desa Mulai dari Nol 

4. Menyatukan visi dan misi bisnis

Setiap usaha pasti memiliki visi dan misi kedepan agar menjadi perusahaan bersinergi yang Anda mimpikan.

Membangun perusahaan sering kali berbeda pendapat dan keinginan antara penggagas dan mitra apa lagi jika dilakukan secara online dan berjauhan.

Untuk mewujudkan visi perusahaan Anda harus memiliki ketentuan atau prosedur berupa aturan untuk mitra bisnis Anda, contoh untuk menjadi mitra bisnis harus mengajukan permohonan dan data secara lengkap kemudian dibuatkan kode ID untuk satu anggota, jika bisnis merupakan jasa penerimaan konten berikan sarat untuk tidak memuat konten yang melanggar aturan hukum berlaku.

Kita ambil contoh untuk situs yang menerima kiriman artikel disitu di berikan prosedur atau sarat ketentuan konten apa yang bisa diterima.

5. Membuat Komunitas dan Jadwal pertemuan

Walau pun membangun bisnis jarak jauh usahakan sesekali ada waktu libur bareng untuk bersua itu jika bisa.

Bertujuan untuk meningkatkan keakraban antara mitra bisnis selain sering berkomunikasi lewat internet, bisa membuat komunitas (grup) di sosial media Google Plus, Facebook, Whatsapp dll supaya gampang mengadakan pertemuan mitra bisnis.

Sudah sewajarnya jika usaha yang bangun bersama walaupun diawali secara online kemudian dilakukan pertemuan untuk urusan komunikasi yang sangat penting.

6. Utamakan kejuruan dalam berbisnis

Ini penting kadang kejujuran di dunia internet sering menjadi dilema apalagi orang itu jaraknya jauh dari kita.
Dalam urusan bisnis yang sehat apalagi untuk program masa depan usaha yang lebih cemerlang sudah sewajarnya semua mitra menanamkan kejujuran dalam berbisnis, sampaikan apa pun yang ada pada bisnis kita.

Buat apa kita berbohong sama orang lain apa lagi sama klien atau rekan kerja tidak ada manfaatnya, jadikan kejujuran sebagai etika dalam berbisnis Anda agar semua mendapatkan rizky yang halal dan barokah.
Tanamkan rasa tanggung jawab dengan menggunakan Kejuruan yang memberi keajaiban hidup.

7. Sampaikan resikonya kalau gagal

Saya yakin pasti semua tidak menginginkan, tapi setiap usaha pasti memiliki kesempatan untuk gagal itu bisa berlaku untuk bisnis yang penting kita telah mengetahuinya resiko itu jadi bisa siap-siap untuk menanganinya.

Cara menghadapi kegagalan dalam berwirausaha jangan putus asa sampaikan bebrapa kendala atau tantangan dalam berbisnis yang di jalankan agar semua pihak tahu, jika terjadi pun tidak ada pihak yang menuntut atau saling menyalahkan.

Kenali faktor apa yang telah membuat gagal apakah dari kemalasan atau tidak disiplin dalam berbisnis.
Semangat dan terus bertahan dan bangkit lagi untuk melanjutkan membangun dari kesuksesan yang tertunda.

8. Memiliki tujuan

Banyak orang menilai bisnis itu hanya ladang untuk menghasilkan keuntungan berupa uang padahal definisinya lebih dari itu sangat beragam dengan multi fungsi lebih dari sekedar mendapatkan uang semata.
Bisnis sangat beragam orang berbisnis bisa dalam rangka melatih kemampuan dari profesi apapun dalam dirinya yang dikembangkan melalui bisnis.

Selain meraup keuntungan tujuan bisnis sendiri yaitu mencari makna dari proses penjualan kepada konsumen dan investor buka hanya mencari keuntungan profit tanpa deposit atau modal sedikit pun.

Kesimpulan


Menjalankan bisnis dengan jarak jauh memang tidak mudah perlu hubungan yang baik ditambah rasa saling percaya diantaranya menyatukan visi misi dan memiliki tujuan sama untuk membangun bisnis tersebut. 

2 komentar untuk "8 Tips Mengelola Bisnis dari Jarak Jauh Paling Efektif"

  1. Susah-susah gampang memang kalau bisnis online (jarak jauh begini), asalkan ada kepercayaan / saling mempercayai rekan bisnis, Insha Allah semua bisa berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  2. Kepercayaan sih yg pertama.
    Soalnya adik sy, pun berbisnis LDR bgni dg org di luar negeri sana, berbeda negara dan budaya, kalau tidak ada kepercayaan yang dibangun, rasanya tidak akan berjalan langgeng.

    Kemudian setelah itu komunikasi juga perlu.

    Kemudian perlu juga paham teknologi, gak gaptek.

    Mungkin tiga hal sederhana itu perku kalau baru mau terjun atau awal2 rintis. Sisanya ya tetap harus perhatikan td ulasan di atas.

    BalasHapus