Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Membangun Bisnis Wisata Desa Mulai Dari Nol Sampai Berhasil

Konsep Membangun bisnis di desa dengan Pariwisata - Banyak pemerintah maupun pelaku usaha di daerah-daerah Indonesia umumnya belum melirik dan memanfaatkan sektor pariwisata padahal di negara "kecil saja" seperti Maldives dan Brunei Darussalam sektor pariwisata tersebut memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan devisa negara dan roda perekonomian masyarakatnya lebih sejahtera.

Kesempatan baik bagi pelaku usaha atau dinas pemerintahan setempat seperti pedesaan yang memiliki pendapatan yang masih sulit kini bisa memulai membangun dan memperhatikan potensi agro wisata dan kreatifitas warga setempat untuk dikelola secara maksimal.
Peluang usaha Cara membangun prospek pariwisata desa di Indonesia dengan pengembangan materi dan potensi
Cara Membuat Potensi Wisata Desa di Indonesia dengan Materi Bisnis
Sebuah instansi di Jepang pernah membuat Research (reset) tentang kemajuan sebuah negara berkembang, salasatu yang memiliki devisa terbesar yaitu dari kesuksesan pemberdayaan pariwisatanya.

Google sendiri salasatu mesin penelusuran yang banyak di gunakan di Indonesia memiliki data kata kunci yang paling banyak dicari ternyata bahwa Google Trends Wisata setahun terakhir grafiknya meningkat tajam termasuk Wisata kulinernya.

Ini bisa sebagai indikator bahwa pariwisata Indonesia memiliki nilai bisnis yang menjanjikan dan terus dikembangkan oleh daerah-daerah.

Manfaat Wisata dari Beberapa aspek dan Peluang (makalah)


Dominasi pariwisata mendorong beberapa segi positif diantaranya:
  • Dari segi ekonomi - Peluang Investasi perdagangan masyarakat semakin meningkat (business tourism) dapat meningkatkan devisa negara, ekonomi regional.
  • Dari segi budaya - Mendorong Masyarakat lebih berkembang (kreatif) menggali potensi dan lebih mencintai budayanya.
  • Segi lingkungan hidup - Masyarakat maupun wisatawan belajar menjaga lingkungan menjadi selalu bersih-bersih memperbaiki diri untuk terciptanya keindahan.
  • Pergaulan dan Ilmu pengetahuan - Penduduk sekitar bisa lebih mengenal karakter dan budaya wisatawan domestik dan internasional, tercipta pengetahuan yang bisa didapatkan diluar sekolah.
  • Peluang kesempatan kerja - Rata-rata warga sangat mudah mencari pendapatan terhubung dengan wisata seperti padat karya bisnis kuliner restoran, homestay dll.
Berikut contoh daerah terpencil yang kini sukses memiliki pertumbuhan pesat agro wisatanya, hingga menjadi perhatian dan tujuan wisatawan domestik dan dunia
  1. Kampung Wisata Pujon Kidul sebuah kampung berlatar belakang sebagai kawasan sawah dan pegunungan "terisolir" Kabupaten Malang (kini maju bahkan pernah dikunjungi oleh presiden Jokowi untuk libur panjang)
  2. Badega Gunung Parang Kabupaten Purwakarta dulunya gunung berbatu yang terisolir dan tidak bisa ditanami palawija, kini memecahkan rekor dengan memiliki hotel gantung (Skylodge) tertinggi di dunia, salasatunya pernah dikunjungi dan dilakukan pendakian oleh pengunjung Eropa, Jepang, Australia dan Dunia.
  3. Desa Menari Dusun Tanon Desa Ngrawan Kec. Getasan Semarang Jawa Tengah.
Dan banyak lagi desa-desa yang melakukan pembenahan pariwisatanya kini menjadi lebih maju mungkin tidak semua disampaikan karena begitu banyaknya, semuanya bisa sebagai contoh bagi kita.

Apa Profil / Materi Bisnis Pariwisata yang Mereka Lakukan?


Untuk pembelajaran Pengelola Bisnis Pariwisata Wajib Memiliki Kompetensi Bisnis Pengetahuan dan Keterampilan, untuk saat ini sangat penting bagi pengembangan, tapi saya rasa tidak begitu sulit bisa dipelajari melalui browser internet mengenai cara menemukan materi pariwisata perencanaan, pengorganisasian.

Apalagi seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia sendiri maju teknologi Situs Internet dan Media Sosial adalah alat paling mudah dalam menyebarkan informasi tentang Pariwisata ke publik lebih cepat.

Kemudian jika dilihat teknologi periklanan penyebaran informasi dan Aplikasi juga dukungan tentang resevasi wisata mulai pemesanan tiket, paket perjalanan semakin banyak dan menjadi trending situs disana sini.

Langkah Sukses Membagun Bisnis Pariwisata Daerah Sampai Populer Diserbu Pengunjung


Hal yang harus dilakukan yaitu:

1. Kenali dan Gali Potensi Daerah


Salasatu hal yang wajib diperhatikan adalah mengetahui apa saja yang bisa dijadikan referensi untuk menumbuhkan Wisata didaerah anda?

Banyak Desa yang memiliki modal dari pemerintah dan potensi melimpah namun kurang tepat dalam mengambil kebijakan untuk pengelolaan dana tersebut, agar tidak terjadi hal seperti ini kita bisa cari dan temukan kegiatan atau sumber daya apa yang harus digarap untuk kemajuan.

Contoh: Kabupaten Karawang memiliki Prasasti Candi Jiwa atau Peninggalan Sejarah itu merupakan sebuah anugerah yang sudah pasti bisa diperkenalkan keluar daerah dan tingkat lebih luas dan kini telah menjadi bagian tujuan para traveler di Jawa Barat dan Jakarta.

Mudah saja untuk desa anda mempunyai sungai alam mengalir ke seluruh desa, dapat memajukan atau membuat bisnis wisata kolam pemancingan yang multi fungsi dan lengkap (Contoh Pemancingan Mang Ajo Karawang) atau wisata danau, wisata budidaya peternakan ikan populer dll.

Jika banyak lahan pertanian bisa dilakukan penanaman pohon yang paling banyak diminati seperti wisata pohon, membuat inovasi wisata kebun plus memetik buah atau sayuran seperti: strawberry, mangga, apel seperti contoh di kota batu malang maupun sayuran, cari terus potensi daerah anda cintai.

Dalam mencari potensi di daerah tertentu hanya Anda sendiri yang tahu persis mengenai prospek kedepannya, jadi apapun yang dilihat menjanjikan bisa dikembangkan menjadi aset wisata untuk daerah anda.

Tips selanjutnya:

2. Memberdayakan Kreatifitas Warga Setempat Berpartisipasi dalam Menggarap Desa


Saya jadi teringat Trisno! ia adalah seorang penggagas Desa Menari Kampung Tanon Semarang Jawa Tengah, menjadi Duta Astra Motor Company,  Trisno adalah salaseorang yang mendapatkan SATU Indonesia Award 2015 dan Ide semangat untuk iklan produk kesehatan.

Trisno sangat mencintai budaya daerahnya tanpa lelah, Ia mampu "menyulap" dusun Tanon (dulunya kumuh) semua tidak menyangka menjadi sebuah desa wisata paling populer di Indonesia sekarang.

Sebagai pemuda kampung ia berhasil meneruskan pendidikan sampai sarjana yang pertama di Desa Ngrawan Kecamatan Getasan, satu hal yang paling sering dia lakukan mengajar tarian-tarian dan menggali potensi Gunung Telomoyo di kampungnya lalu ia menyadarkan warga agar ikut berpartisipasi menggarap dusun Tanon menjadi wisata impian.

Tidak ada yang menyangka seorang yang lahir diusun menjadi terkenal karena memberdayakan kampung halamannya sendiri, kecintaanya pada desa dan budayanya seorang Trisno kini menjadi aktor beberapa iklan di Televisi.

Ini sebagai bukti perumpamaan yang bisa terjadi di desa tersebut jika digali terus potensi dan kreatifitas warga.

Kendala pada tahap ini biasanya warga sering berpikir pesimis tentang kemampuan dan keterampilan apakah bisa diterima oleh masyarakat luas, tapi sebagai pengelola yang memiliki keinginan bisa dibantu dengan menyemangati dan memotivasi.

Sumber: Ide Trisno diambil dari: Antaranews.com

3. Membuat Julukan atau Logo yang Mudah Di Ingat


Setelah menemukan karakter dan membuka wisata daerah Anda selanjutnya membuat nama untuk tempat wisata paling unik dan mudah di ingat, selanjutnya disarankan untuk di daftarkan nama dan logo wisata ke lembaga hukum HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Trisno Memberikan julukan desanya dengan "Desa Menari" karena ia ingin memiliki ciri khas atau jati diri kepada pengunjung yang datang ke desanya bisa diajarkan Menari.

Nah Tips ini bisa diterapkan jika desa Anda belum memiliki julukan agar lebih mudah diingat oleh pengunjung. misalnya "kota santri" kota sejarah" dll.

Pelajari juga : Cara Membuat Desain Logo Brand Bisnis via Online atau Android

Tips Selanjutnya:

4. Membangun Fasilitas (Infra Struktur)


Setelah pembangunan ruang lingkup wisata sudah siap selanjutnya memiliki banyak akses jalan menuju yang baik dan terprogram, fasilitas sesuaikan dengan kebutuhan untuk menikmati wisata wilayah anda.

I. Infrastruktur

Jika mencontoh kepulan seribu yang berbentuk kepulauan tentu yang paling penting adalah fasilitas wajib adalah kapal wisata untuk operasi, fasilitas tambahan seperti jetsky atau peralatan snorkeling dll.

II. Membagun Penginapan (Homestay)

Satu yang paling penasaran oleh wisawatan saat berkunjung ke tempat wisata yaitu: apakah bisa mnginap? tempat ibadah? dan fasilitas lainnya. Siapkan fasilitas tersebut supaya membuat nyaman wisatawan dengan mendirikan restoran, homestay alternatifnya bisa di rumah-rumah warga.

III. Mempersiapkan Pemandu

Para wisatawan dari luar daerah sering tidak mengetahui apa saja? paket, spot wisata kuliner restoran homestay dll, jasa pemandu sangat diperlukan untuk mempertahankan keunggulan budaya tempat wisata. Caranya dengan membuat database dan pemetaan.

5. Membuat Paket Tour and Travel yang Menarik Minat


Membuka lokasi wisata itu cerdas tapi itu berarti harus disertai juga dengan berbagai fitur jasa travel contoh penawaran Paket perjalanan wisata yang menarik minat (package tour)
  • Mulai dari beberapa pilihan seperti: Perjalanan plus pemandu.
  • Wisata Plus penginapan.
  • Paket menunggang kuda, paket memetik buah atau sayuran dengan harga promosi murah.
  • Antar jemput plus plus.

Pokoknya berikan pengalaman kenyamanan bagi pengunjung yang bisa membuat mereka bercerita kepada teman di sosial media.

Perhatian! Jangan pernah ada pungutan liar (pungli) dari warga selain hanya Tike atau paket perjalanan! Kecuali tips diberikan secara sukarela.

6. Membuka Pemesanan (Reservasi) Secara Online


Setelah dilakukan promosi besar-besaran dan pelayanan maksimal selanjutnya membuat multi pendaftaran.

Selain memberikan kemudahan dilapangan sebagai pengelola harus menyediakan bagaimana cara pemesanan terdepan secara otomatis melalui kontak langsung telepon atau pesan paket secara online. Jika memang paket perjalanan wisata yang anda kelola sudah terbukti mumpuni bisa mendaftarkan ke penjual tiket online seperti Traveloka dll.

Ini penting supaya menjaring wisatawan super sibuk yang bisa memesan secara online tetap terlayani.

7. Membuat Buku Informasi Wisata atau Majalah Wisata


Membuat majalah harian atau mingguan sesuai dengan nama Wisata anda

Kalau banyak yang malas membaca artikel di kertas atau buku pengelolaan bisa membuat cara lain daftarkan di Aplikasi Wisata atau membuat situs Profil wisata yang dikelola.

Caranya bisa membuat secara gratis di Google bagaimana membuat situs blog.

8. Membuat Media Pemasaran


Memiliki peralatan pemasaran dewasa ini tidak sulit untuk membuatnya, kita Menggunakan teknologi informasi Google dan sosial media.

Membuat situs blog untuk pengunjung melihat paket travel kepada konsumen

Membuat akun sosial media khusus untuk wisata, selanjutnya gunakan grup yang hobi dengan berwisata melihat artikel atau foto menarik, mengingat sosial media memiliki jangkauan luas manfaatkan sosial media untuk promosi hingga mancanegara.

Mendaftarkan lokasi wisata anda di
Menambahkan tempat di Google Map agar mudah dicari di pemetaan Google map.

Kerjasama dengan Aplikasi Wisata seperti Visit Indonesia, Wisata Semarang, Yogyakarta dll.
Dll.

9. Membangun Mitra Kerjasama Bisnis


Adanya kerjasama membuat bisnis anda semakin kuat dan lengkap.

Lakukan kerjasama bersama beberapa partnership yang masih berhubungan dengan wisata seperti Pemerintahan, Pengelola Bisnis rumah makan kuliner, jasa transportasi, perbanyak hubungan baik yang saling menguntungkan.

Kesempatan kerjasama sangat membantu akan keberhasilan bisnis wisata, bukan tidak mungkin cara sebagai pintu awal kerjasama mendapatkan mitra baru sampai ke luar daerah bahkan setingkat Nasional.


10.Memperkenalkan Paket dan Kelebihan Wisata


Menyebarkan hal baru tidak seperti yang sudah lama dikenal, untuk itu jangan segan untuk memberitahukan apa kelebihan bisnis anda.

Mulailah membicarakan usaha wisata kepada teman dekat saudara diluar kota sambil ramah, ini penting supaya memberikan pelayanan terbaik bagi siapapun.

Buktikan usaha anda sudah memiliki fasilitas dan pelayanan terbaik, buat semua yakin bahwa paket wisata anda layak untuk direkomendasikan kepada pengunjung lainnya.

11. Menjalin Hubungan Baik dengan Pengunjung


Jalin hubungan antara Pengelola dan Pengunjung lebih dekat (bergaul)

Ajak pengunjung melihat artikel di Majalah dan Blog yang telah dibuat tentang pariwisata anda, perlihatkan foto dan gambar kesan pengunjung sebelumnya, kemudian pengunjung tersebut di foto dan buat artikel lalu posting langsung.

Hal ini cara mudah tapi dapat membantu meningkatkan pengunjung di hari kemudian.

12. Mendaftarkan Usaha dan Pengunjung ke Polis Asuransi


Berikan rasa nyaman wisatawan dengan menjamin keselamatan.

Menyediakan asuransi ini penting jika pariwisata pantai, desa atau pegunungan yang sering dikhawatirkan wisatawan. Silahkan daftarkan Tempat Wisata dan setiap calon pengunjung ke jasa Asuransi keselamatan, caranya bisa melalui pemerintah setempat atau langsung ke kantor dan situs resmi asuransi jiwa yang anda inginkan.

Dengan adanya ini pengelola dan konsumen (wisatawan) menjadi aman dan merasakan terjamin.

13. Membuat Surat Izin Usaha


Tempat wisata akan resmi di akui Pemerintah jika sudah memiliki izin tertulis di badan hukum, apalagi tempat wisata tersebut untuk dijadikan tempat bisnis

Kepentingan Surat Izin Usaha membuat rasa nyaman bagi pengelola karena telah legal atau resmi memiliki izin, tujuannya mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan (diklaim orang lain), jika perusahaan apapun itu sudah mempunyai kekuatan hukum yang berlaku akan mendapatkan kesenangan hukum.

Silahkan klik alamat ini http://www.dgip.go.id

Untuk mendapatkan informasi persyaratannya secara online jika sekarang ingin mendapatkan permohonan surat izin usaha atau bisnis yang menyangkut orang lain dengan syah.

Cara lain bisa melalui aparatur pemerintah setempat yang terdekat.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Dalam Membangun Bisnis Wajib Dihindari Bikin Hidup Tak Produktif  

Kesimpulan


Sumberdaya apapun di desa jangan sampai dibiarkan nganggur begitu saja, cari dan gali prospek pariwisata di Indonesia yang belum ada.

Walaupun wisata bisa dijadikan sebagai ladang bisnis bukan berarti itu bisa berhasil secara instan, perlu dilakukan dengan berbagai kegiatan super dari keseluruhan pihak tanpa lelah.

Mari Bangun Desa dengan  Bisnis Pariwisata!!

18 komentar untuk "Tips Sukses Membangun Bisnis Wisata Desa Mulai Dari Nol Sampai Berhasil"

  1. saya ada bisnes homestay tapi emak saya yang kendalikan. memang benar, bukan mudah untuk menguruskannya. paling saya tak suka, ada pelanggan yang duduk di homestay kemudian keluar dengan barangan curi.... eee geram betul dibuatnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah luar biasa sudah mempunyai homestay, nakal sekali kuorang ya sudahlah bersabarlah. Anies.

      Hapus
  2. Setuju bangat mas muda, tidak ada yang instan untuk membangun sesuatu butuh proses dan perjuangan yang tiada henti, apalagi mengola bisnis yang bergerak di bidang pariwisata, pernayataan berikut sangat berkelas,

    wisata bisa dijadikan sebagai ladang bisnis bukan berarti itu bisa berhasil secara instan, perlu dilakukan dengan berbagai kegiatan super dari keseluruhan pihak tanpa lelah.

    Kagum mas, refleksi dan mengandung pikir maupun analisis lebih lanjut. terus berkarya dan tetap semangat mas. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, banyak peluang usaha bisnis pariwisata di daerah saya yang belum tercapai untuk dijadikan tempat untuk rekreasi, hanya ada beberapa saja yang sudah digarap oleh para developer ternama seperti pemerintah dan Agung podomoro.

      Hapus
    2. Mas muda tinggal di Karawang?
      Benar mas bisnis pariwisata gampang-gampang sulit, tetapi menurut saya kalau sudah dikenal panen hasilnya mas. Tetap semangat mas Muda. salam hangat selalu

      Hapus
    3. Betul mas saya berasal dari Karawang Jawa Barat,terima kasih mas saya jadi semangat terus!!

      Hapus
  3. Potensi wisata Indonesia itu luar biasa dan variatif, mau jenis wisata apapun itu ada.
    Cuma banyak wisatawan lokal terkendala mahalnya transportasi dan akomodasi buat berlibur di dalam negeri sendiri.
    Salah satu cara pariwisata Indonesia agar semakin dikenal luas di seluruh dunia, merangkul mengajak kerjasama blogger karena dari internet informasi lokasi wisata didapatkan.
    Sayangnya, hal ini kurang ditanggapi oleh pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas semoga kedepannya pariwisata Indonesia semakin meningkat pertumbuhannya, terima kasih banyak.

      Hapus
  4. Ada sebuah desa di kab Semarang yg pak Lurahnya mendorong warganya utk menggali potensi wisata di daerah tsb, lalu munculah obyek2 wisata baru, namun sayangnya masih banyak warga masyarakat yg beranggapan itu hanya utk kepentingan sekelompok individu semata. Walaupun pengelolanya bilang ke saya utk kemajuan desanya dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, seperti yang telah diketahui bahwa kadang kendala ada rasa pesimistis warga dan ada pihak-pihak yang ingin memajukan wisata tapi kurang ramah kepada wisatawan mungkin karena kurangnya pembinaan dan pengawasan.

      Terima kasih atas segala apresiasi salam hangat. ..

      Hapus
    2. Faktor non teknis sering jadi kendala ya mas?
      Salam hangat juga mas Warman.

      Hapus
  5. Sepertinya di era yang sudah semakin canggih ini, tiap desa-desa berlomba merapikan desa-desanya dan menonjolkan kelebihan di sektor pariwisatanya.

    Dan hal ini merupakan pertanda baik, untuk meningkatkan pendapatan perekonomian di desa tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Salasatu nya pengelolaan dibantu oleh investor asing pariwisata. Good luck mas terima kasih.

      Hapus
  6. Luar biasa pos-nya, informatif sekali, dan lengkap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar mas semoga bisa diterima semua kalangan, terima kasih apresiatif mas membuat saya semangat.

      Hapus
    2. Sama-sama menyemangati, itu sudah tugas sesama blogger kayaknya qiqiqiqi. :D

      Hapus
  7. artinya semua sektor baik (semua pihak) baik itu dari masyarakat maupun wisatanya sendiri bisa saling membantu menguatkan perekonomian ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, banyak sebenarnya wisata potensial untuk dipromosikan ke luar negeri, hanya pengelolaan dan infrastruktur kurang perhatian menjadikan wisata itu kurang populer atau kurang menarik.

      Hapus