Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Desain Logo Brand Termudah via Online dan Android

Memiliki bisnis kecil-kecilan rumahan atau online belum lengkap rasanya jika tidak ada logo branding yang digunakan sebagai profil usahanya (bagaikan Kartu Tanda Penduduk  KTP tidak ada fotonya)

Apalagi suatu usaha yang berhubungan dengan online marketing toko online atau situs website/blog harus memperhatikan merek berupa logo atau brand walaupun hanya sederhana agar kelihatan lebih mendasar dan berkarakter kuat untuk dikenang.

Tujuannya agar bisnis anda mudah dikenali oleh apapun termasuk partner iklan berbasis internet seperti Google Adsense maupun afiliasi lainnya.

Mengingat banyaknya perusahaan bermunculan hasil kreatifitas masyarakat di Indonesia mulai usaha konveksi baju, online shop, rumahan sampai jasa antar barang online selalu mempunyai logo sebagai icon perusahaan tersebut.

Esensi sebuah Logo untuk perusahaan melambangkan profil (avatar) bisnis semakin memiliki ciri khas dan terlihat profesional secara visual dan bisa dipercaya menurut partner bisnis maupun klien dalam etintas ekonomi, nah untuk alasan itu perusahaan wajib memiliki logo.

Baca Juga: Tips Sukses Membangun Bisnis Wisata Desa Mulai dari Nol 

Beberapa Faktor Keuntungan Memiliki Logo

  1. Sebagai Identitas secara Visual
  2. Identifikasi perusahaan besar internet khususnya Google.
  3. Memiliki Konsep Bisnis.
  4. Pondasi sebuah perusahaan mudah berkembang.
  5. Mudah mengembangkan bisnis

Bagi yang belum mempunyai logo? buatlah lambang untuk Bisnis anda.

Bagaimana cara membuat logo nama perusahaan Saya?


Sebelum kita tahu membuat dengan mudah terlebih dahulu saya informasikan seperti apa bentuk logo dan nama yang perusahaan tersebut.

Saya ambil contoh logo perusahaan dan situs ternama seperti Wikipedia, Android, Google, Samsung, Facebook dll.
Cara Membuat Desain Logo Brand Termudah via layanan Online dan hp Android
Contoh Logo: Google | WordPress | Blogger | Facebook | HP | Wikipedia | Android | Asus

Logo perusahaan (branding) tersebut sudah memiliki hak paten tidak bisa di ambil atau digunakan orang lain tanpa seizin pihak terkait, jika harus memakai untuk kebutuhan pihak pengguna harus memberikan kredit dengan cara menuliskan nama situs atau nama perusaan pemilik logo tersebut atau telah membelinya (seperti misalnya YouTube telah dibeli oleh Google)

Tips Sebelum Membuat Logo

Siapkan Konsep untuk Membuat Logo seperti membuat online shop
Perhatikan terlebih dahulu tujuan bisnis anda selanjutnya coba buat oleh sendiri
  1. Usahkan Orisinal atau asli.
  2. Harus menjelaskan apa yang ditawarkan bisnis Anda.
  3. Melambangkan konsep dasar bisnis Anda.
  4. Sebagai ide selanjutnya.
  5. Memiliki Ilustrasi.
  6. Beda dengan logo orang lain.
  7. Tidak jauh dari Nama perusahaan.

Ada beberapa pilihan cara jika kita akan membuat logo lambang perusahaan sebagai branding yang mudah

Diantaranya secara bootstrapping dengan memanfaatkan aplikasi/software dan situs online gratis, cara ini bisa dilakukan dan dibuat siapa saja walau orang belum mengerti soal desain grafis karena sudah ada contoh-contohnya.

#1. Membuat logo di situs online gratis!


1. Membuat logo di Canva

Canva merupakan situs dan Aplikasi penyedia jasa pembuatan logo online secara cepat, menarik dan gratis untuk perusahaan bisnis online maupun offline.

Jika anda akan membuat menggunakan komputer bisa langsung mengunjungi Canva.com selanjutnya daftar melalui Email baru atau yang sudah ada agar mudah jika ingin berkunjung lagi untuk edit dan membuat logo baru.
Selamanya menentukan desain, di Canva banyak desain-desain yang menarik dan mudah dipelajari. Saya yakin bagi anda tidak susah membuat logo model apapun bisa layaknya seorang desainer profesional.

Fitur lainnya dapat membuat desain kartu nama, kartu ucapan dan lain-lain lagi.

2. Membuat di situs Logaster.com

Logaster merupakan Logo maker atau Generator gratis berupa situs dan software, khusus untuk membuat macam logo perusahaan atau sebagai inspirasi mendesain logo.

Silahkan kunjungi logaster.com, disana banyak desain untuk logo yang bagus  hasil para desainer grafis terbaik seluruh dunia untuk anda pilih dan ambil inspirasinya, tercatat situs dan perusahaan terkemuka menggunakan jasa logaster dalam membuat lambang perusahaan, termasuk saya pernah membuatnya.

Catatan sedikit, situs logaster menyediakan layanan gratis dengan disertai watermark (tanda air logaster.com), tapi jika ingin menghilangkan watermark pengguna bisa membeli lisensi.

Masih banyak situs untuk membuat dan inspirasi desain logo online gratis selanjutnya diantaranya:
3. fastwork.id
4. https://www.logofactoryweb.com/lg/id
5. https://www.ucraft.com/free-logo-maker
6. https://gospaces.com/tools/logo-maker
7. https://www.logoshi.com/
8. https://www.graphicsprings.com/

Membuat Desain Sendiri Dengan Aplikasi atau Software


Jika anda ingin membuat logo sendiri tanpa bantuan situs bisa dengan cara lain yaitu buat sendiri di Smartphone atau via HP dan Komputer tentunya dengan menggunakan Aplikasi Android dan Software, bagaimana caranya?

Terlebih dahulu memilih aplikasi yang bagus dan bisa digunakan dengan baik, jika anda menggunakan Android? saya rekomendasikan aplikasi berikut dulu selanjutnya anda bisa memilih sendiri di Play Store.

1. Dengan Aplikasi Canva
Jika di atas dengan situs Canva juga menyediakan jasa berbentuk aplikasi khusus untuk digunakan di Smartphone Android, iOS dll.

Untuk membuat logo, silahkan terlebih dahulu instal aplikasi Canva untuk smartphone sesuaikan dengan OS dan perangkat masing-masing.

Kemudian buka dan daftar dengan email atau akun google dan supaya lebih gampang dengan sosial media seperti Facebook.

Nah setelah login silahkan anda buat logo untuk Bisnis anda sesuaikan dengan nama atau lambang yang menggambarkan Perusahaan anda tersebut.

Contoh: untuk blog saya diberikan huruf M menandakan "Mudahrizki" agar dikenal huruf depannya.
Cara membuat logo online via hp
Membuat Logo Sendiri Untuk Bisnis Online 

Bagi anda yang ingin mencari lebih banyak silahkan pilih Logo Generator Aplikasi di Play Store Logo maker


Baca juga: Cara Membuat Logo dan Teks 3D dengan Smartphone Android



Kelebihan Bikin Logo Menggunakan Aplikasi dan Software


Mendesain logo dengan online kita juga bisa belajar profesional dengan memakai bantuan Aplikasi atau Software atau disebut membuat secara offline sebuah usaha hasil kreativitas sendiri untuk kebutuhan membuat logo club bola, perusahaan konveksi baju dan lain-lain.

Seperti menggunakan software Corel draw atau Photoshop, PowerPoint dll, jika via HP dengan aplikasi  PixelLab, Canva, Picsart atau dengan Logo Maker yang bagus hasilnya. 


Kesimpulan


Situs dan Aplikasi yang saya tuliskan ada yang gratis freelancer namun ada sebagian situs yang memberikan kredit, semuanya dapat merubah nama dan logo untuk perusahaan (bisnis), instansi dan organisasi lainnya.

Mungkin sebagian logo memiliki beberapa simbol yang telah digunakan oleh pengguna lain tapi tidak menjadi masalah karena sudah desain memiliki legalitas secara hukum.

Di Indonesia sendiri bermunculan jasa dan marketplace terkenal diantaranya menerima jasa pembuatan logo branding pribadi dengan berbagai kelebihannya tersendiri.

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara membuat logo dengan situs dan Aplikasi mohon maaf jika masih banyak kekurangan semoga membantu.

9 komentar untuk "Cara Membuat Desain Logo Brand Termudah via Online dan Android"

  1. Saya tahunya hanya canva, mas. Dan memang terrgolong mudah juga sih heheh. Tapi belum nyoba untuk buat desain logo.

    BalasHapus
  2. Wah memang penting sekali punya logo ya mas Warman. Perlu dipikirkan dulu logo apa yg pas. Trimakasih mas udh sharing

    BalasHapus
  3. Asik juga ya kita tak perlu pakai komputer besar untuk membuat desain logo, trrnyata dari ponsel android pun bisa.
    Makin kesini makin canggih, apapun jadi via online.

    BalasHapus
  4. Thankyou informasinya. Saya baru main-main bentar di Canva. Pilihannya banyak. Semoga dengan semakin banyaknya layanan untuk bikin logo ini, semakin mempermudah orang-orang yang berbisnis membikin logo dan membangun brand mereka. Amen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya masih, sekarang sudah banyak tools di situs maupun aplikasi sudah memiliki sistem yang mendukung desain grafis yang bagus bisa digunakan untuk membuat logo bahkan sebagai bisnis sampingan. Thanks mas.

      Hapus
  5. tiba-tiba saya teringat kawan saya. dia suka masuk contest cipta logo. dia pernah menang sebuah rumah kerana logonya terpilih sebagai pemenang 1st prize

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beruntung sekali teman sampai mendapatkan bonus,pasti cipta gambarnya.

      Hapus
  6. Wah ini yang saya cari, thanks mas...Informatif dan sangat bermanfaat untuk pemula yang ingin belajar seperti saya. salam hangat dan terima kasih mas...

    BalasHapus
  7. Aku coba dulu tutor nya, dr pertama ngeblog belum pernah bikin logo.. makasi mas tips nya..

    BalasHapus