Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sistem Bisnis Auto-pilot Pengertian Berikut Contohnya

Strategi usaha Autopilot - Halo para Pebisnis apa kabarnya? kabar apapun itu semoga semua lancar dan dalam keadaan semangat juga sehat menuju sukses!

Pada kesempatan yang sangat berharga ini, saya akan membahas pengertian strategi cara berbisnis Autopilot yaitu merupakan sebuah sistem paling efektif terbaru dalam bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi dan internet.

Contoh bisnis paling populer yang di jalankan secara Auto-pilot yaitu trading forex atau membuat toko dengan sistematis penjualan secara online bersama tim yang bisa berjalan dengan sendirinya, tapi arti auto disini bukan di lakukan oleh robot.
Cara Membuat Sistim Bisnis Auto-pilot Marketing Pengertian Berikut Contohnya
Cara Membuat Bisnis Auto-pilot (Sistem Bisnis Berjalan Sendiri) 

Disini Saya ingin berbagi cerita dengan pertanyaan terlebih dahulu:

Apakah Anda sekarang sedang menjalankan suatu bisnis? (apapun itu) tapi sering merasa sibuk dengan aktivitas cara berbisnis tersebut, seperti menyiapkan produk (barang) sendiri, mengemas sendiri, promosi sendiri, sampai mengantar barang kesana-kemari sendiri sampai merasakan kecapean sendiri, setelah itu hasilnya tidak memuaskan dan tidak sebanding dengan apa yang di kerjakan.

Jika ia, berarti Anda sedang mempunyai masalah dan belum memiliki sistem bisnis yang berjalan secara otomatis (Autopilot), bahkan tidak jelas, kemana selanjutnya.

Mungkin ketika Anda ditawarkan peluang usaha yang bisa mendapatkan komisi mobil dari teman saya langsung tergiur, tunggu dulu cari tahu dulu bagaimana sistim rencana pengembangan usahanya (RPU).

Nah jika Anda tetap mempertahankan bisnis Anda sekarang bisa jadi Anda sudah terjebak dengan bisnis yang hanya sebagai rutinitas semata tanpa kejelasan penghasilan tanpa memiliki sistem usaha yang terprogram.

Jika begitu awas Anda berada pada Jebakan Batman dengan menganggap bisnis sebagai rutinitas. Kenapa berbisnis bukan rutinitas? karena Membangun bisnis berbeda dengan Menjalankan bisnis, bisa jadi sekarang Anda hanya sedang menjalankan bisnis yang belum jelas apakah kamu bisa mendapatkan keuntungan atau hanya modal besar yang keluar.

Ingat bisnis adalah masa depan, coba pertanyaan apakah bisnis Anda 20 tahun lagi bisa di nikmati oleh keluarga dan menjadi aset buat Anak Cucu kita nanti, ataukah masih belum jelas?

Untuk itu, janganlah memilih bisnis yang tidak jelas asal-usul dan sistemnya.

Jika sebagai ikut-ikutan saja dampaknya bisa fatal: contoh jika Anda tidak melakukan perubahan pada toko berjualan:
  • Pembeli atau pengunjung sulit bertambah bahkan tambah sepi
  • Parah banget pelanggan lari ke kompetitor lain yang dirasa lebih baik dari pada bisnis Anda
  • Lama-kelamaan perasaan yang timbul bimbang dan merasa tidak yakin merasa kurang eksis dengan jerih-payah usaha sendiri
  • Sampai mengakibatkan Anda merasa bodoh nanti akan malas karena kerjaan tidak ada hasilnya.

Jika dibiarkan saya khawatir dengan Anda merasa tersiksa karena tidak menikmati hidup yang seharusnya kita buat seindah mungkin dari pada memikirkan bisnis yang belum jelas tersebut.
Untuk itu janganlah menunda rencana dan salah memilih bisnis (Business plan) hanya dalam mimpi dan membuat bisnis sebagai rutinitas sehari-hari.

Karena bisnis bukan bekerja di perusahaan orang lain tapi bisnis adalah milik kita sendiri dan harus memiliki konsep yang jelas.

Aturan mainnya juga jelas, yang penting penting memiliki sistim manajemen yang super dan mudah di mengerti seperti SYSTEAM AUTO-PILOT berjalan sendiri tanpa adanya pilot.

Kenapa dibahas ini? Karena akhir-akhir sekarang ada pengertian tentang bisnis Autopilot sangat hangat di perbincangkan oleh sebagian pebisnis sampai bermunculan jasa maupun akademi supaya paham dan mahir sampai sukses membangun bisnis Autopilot dan hasilnya memang sangat menjanjikan banyak terbukti keberhasilannya bisa menjawab eratau pemasaran global, pengusaha lokal sampai bisa bersaing dengan perusahaan produk luar negeri.

Dengan ini Saya ingin sekali memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dengan orang yang mengerti dengan bisnis legal dan tentunya hasilnya halal menurut Agama dan Negara tidak merugikan salah satu pihak.

Contoh hal ini sering terjadi dan di keluhkan oleh pebisnis terutama Distributor MLM karena tidak paham betul sistem bisnisnya, hanya diberi tahu bahwa menguntungkan bagi anggota baru, tapi justru di suruh mencari pasar dan menjual produk yang membuat persentase untuk para leader.

Mungkin saatnya Anda mengenal sistim bisnis Autopilot.

Apa itu Autopilot?

Kata Autopilot lebih familiar dalam kontrol kemudi istilah pesawat (pilot otomatis) artinya sebuah alat sistem mekanikal yang mampu berjalan secara elektrikkal melalui program otomatis, bisa juga disebut hidraulik merupakan sistem pemandu pendorong otomatis untuk pengendalian sistem robotik.

Lalu apa pengertian dan definisi Bisnis Autopilot?

Bisnis Autopilot adalah suatu sistem usaha apapun lalu di buat sistem rancangan bagaimana caranya mendapatkan hasil (passive income) tanpa terbatas tempat dan maupun wilayah, perusahaan dengan cara kerja Autopilot mampu beroperasi (bisnis jalan sendiri) bahkan pebisnis bisa mendapatkan keuntungan pada saat pelaku sedang libur atau tidur sekalipun.

Kenapa bisa begitu? Karena sudah teprogram melalui proses sistematis palayanan, pengantaran sampai pembayaran Autopilot Systeam!

Jadi pengertian Bisnis Autopilot adalah sebuah bisnis yang dirancang dibangun untuk berjalan sendiri secara otomatis apapun itu termasuk online maupun offline yang terhubung dengan marketing online.

Baca juga : Tips Cara Mengelola Bisnis Jarak Jauh yang Efektif

Contoh Bisnis Autopilot:


  • Usaha kursus online (Waktu pelatihannya jelas, durasinya jelas, sistem pembayarannya juga jelas.
  • Jualan produk di toko online sendiri (Belanja online E-Commerce dan Fintech dengan produk jelas, harganya jelas, kurirnya jelas, sistem pembayarannya pun jelas.
Itu sebabnya mengapa kita perlu melakukan terobosan kejelasan bisnis apapun itu agar tidak rugi waktu dan pikiran dengan menjalankan perusahaan yang belum jelas.

Contoh orang yang sukses menjadi seorang pengusaha autopilot


Jeffery Preston Bezon atau lebih dikenal Jeff Bezon (pemilik saham terbesar Amazon.com yang merupakan toko online Auto-pilot terbesar nomor 1 dunia.

Michael Sharkey - Founder situs akademi sistem Autopilot terkenal dan sukses menjadi pelatih bisnis Autopilot dan banyak lagi Bos dan founder Startup yang berjalan melalui sistim Autopilot lainnya termasuk di Indonesia.

Cara sederhana mengembangkannya usaha yang bisa berjalan sendiri


Miliki Dasar membangun bisnis Autopilot

Ada 4 dasar langkah awal pelajari bisnis Autopilot dari Brad Sugar (ActionCOACH) Ia adalah pelatih bisnis dan kekayaan nomor satu di dunia.

Pemilik perusahaan pelatihan nomor satu, sebagin strategi bisnis ada pada situs bradsugars.com

Dasar-dasar strategi dalam membangun bisnis Autopilot diantaranya:
1. Menguasai (Uang, Waktu, Pengiriman, Tujuan)
2. Topik Niche (Pemasaran, USP, Merek)
3. Pengaruh (Sistem)
4. Memiliki Tim kerja

Kemudian diantara kata-kata yang sering di ucapkan dalam pelatihan menjadi dasar ilmu bisnisnya kurang - lebih seperti ini:

"Kalau kalian ingin membuat perusahaan, buat yang paling menguntungkan dan mampu berjalan sendiri tanpa merepotkan diri sendiri, jika kalian masih terlibat dalam kegiatan tersebut maka artinya kalian masih dalam bisnis belum di dalam bisnis"

4 Strategi Dalam Membangun Bisnis Autopilot Berhasil


1. Menguasai Uang, Waktu, Pengiriman tujuan


Menguasai Uang - Menguasai berarti Anda harus paham mengatur keuangan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, termasuk arus kas, untung -rugi dan neraca.
Perhitungan semua keuangan yang baik jangan berlebihan dan lebih baik stop jangan ambil jika bisnis tidak sebanding dengan modal Anda.

Menguasai Waktu - Urus waktu sebenarnya dalam berbisnis tidak bisa di prediksi, terpenting waktu untuk konsumen yang perlu diperhatikan, paling bagus ya membuat waktu lebih produktif.

Menguasai Pengiriman - Dalam hal ilmu pengiriman barang kita bisa ambil layanan jasa kurir terpercaya seperti JNE, PT POS Indonesia dan lainnya yang ahli dalam pengiriman barang sampai tujuan.

Untuk layanan pelanggan Autopilot harus memiliki SPG yang profesional, ramah productivity dan profitable (Alfamart, Mall dll) selanjutnya bisa meembuat pelatihan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2. Topik Niche (Pemasaran, USP, Merek)

Pada tahap ini Anda sudah menjalani bisnis yang telah dipilih, berarti Anda sudah memilih jenis kategori usaha yang sesuai dan memiliki merek dagang sampai membuat trik bagaimana agar konsumen tertarik untuk datang kembali, pada tahapan ini juga perusahaan Anda harus melakukan promosi lewat media massa atau sosial.

Jadilah yang pertama dan terbaik -
Misalnya Amazon.com adalah online shop pertama di dunia, perusahaan Anda harus membuat terobosan walau sama buatlah sebuah toko online dengan pelayanan terbaru lagi.


3. Pengaruh (Sistem)

Contoh usaha Anda toko online, sistem harus terkandung di dalam toko online Anda misalnya jadilah sebuah perusahaan yang terdaftar di Indonesia yang memiliki izin usaha, visi misi, budaya khas dari usah Anda.
Bangun tergantung sistem yang telah di buat dan tidak lagi pada manusia mulai finansial, pemasaran orang dan manfaatkan teknologi.

4. Tim kerja

Dalam membuat sistem Autopilot perusahaan memerlukan "The Winning Team" sebuah tim utama yang kuat
Perhatikan rumus ini:

Owner  <> Business<>Team<>Costumer<>Owner

Jadikan semua seperti tim kerja walaupun sebagai CEO tetap harus bisa melakukan service terhadap pelanggan.
Jalin komunikasi, integritas, karakter pribadi hingga keramahan itu bisa membuat sistem Autopilot berjalan lancar dengan sendirinya.

Bagaimana sistemisasi bisnis Autopilot sama dengan membuka toko biasa bukan?

Tapi setidaknya dengan mengetahui semoga bermanfaat untuk belajar bagaimana
  • Membuat usaha tanpa harus Anda yang melakukan (seperti Alfamart, bermacam Toko online)
  • Jualan Anda menjadi Go publik dan meluas banyak dimana-mana dengan teknologi
  • Jadi pengusaha yang bisa mendapatkan keuntungan walaupun sedang berlibur (dengan menguasai sistem Autopilot)
  • Menambah kualitas hidup yang dulu tidak pernah mengetahuinya.
Mohon maaf jika penjelasannya tidak jelas, kedepannya postingan ini akan di update untuk keperluan pengembangan.

12 komentar untuk "Cara Membuat Sistem Bisnis Auto-pilot Pengertian Berikut Contohnya"

  1. Nice share mas. musti pelan2 bacanya nih

    BalasHapus
  2. Harus banyak belajar ini ya. Informatif!

    BalasHapus
  3. informatis sekali kak. setuju dengan kak tuteh. harus banyak belajar lagi. karena saya masih kurang paham dengan menjalankan bisnis model otopilot begini.

    BalasHapus
  4. Semoga bisnis saya bisa segera Auto Pilot yah gan ...

    makasih ilmunya gan, saya benar-benar termotivasi untuk bisa segera mengautopilotkan system bisnis saya ..

    BalasHapus
  5. saya cuma tahu basic sahaja. yang lain2 masih belajar lagi. terima kasih mas berkongsi info

    BalasHapus
  6. Ilmunya terlalu berat bagi saya mas, harus pelan2 membacanya biar paham...

    BalasHapus
  7. Bisnis yang berbasis internet atau yang di istilahkan Autopilot menurut saya perlu disiasati lebih lanjut.

    Pasalnya tidak sedikit para pengembang bisnis namun mereka justru menjadi umpan bisnisnya sendiri.

    Maka dari itu, jadilah pengendali bisnis, bukan sebagai umpan bisnis

    Tankyu...

    BalasHapus
  8. Wah mas tulisan ini informatif dan sangat bermanfaat sekali, harus dibaca pelan-pelan biar tahu poin-poin pentingnya.

    Terima kasih banyak mas ini sangat bermanfaat bagi khalayak, Nice post.. salut selalu baru dan informatif

    BalasHapus
  9. oalah, jadi bisnis autopilot itu maksudnya bisnis yg berjalan sendiri. berarti kita juga bisa nyambi kerjaan lain. kereeeeeeeeeeeeeen.

    aku juga pengen bisa bisnis kayak gini, cuma masih bingung dengan budget yg aku punyai.

    BalasHapus
  10. Saya juga lagi merintis Bisnis Auto Pilot Mas..bergerak di bidangh toko online, Saya buat Landing Page trus sumber trafik dari Video Youtube, FB + Blog...Saya biarkan begitu saja...eh ada saja yang beli.

    BalasHapus
  11. Iya mas ada saja apalagi jika kita punya produk sendiri tambah mantap mas.

    BalasHapus
  12. Wah, saya mesti belajar juga nih kayaknya biar punya bisnis yang autopilot. Btw mantap mas tulisannya, nambah wawasan saya.

    BalasHapus