Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Startup Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya untuk Pemula?

Di masa teknologi internet sekarang, banyak sekali bermunculan bisnis bernama startup yang memberikan kemudahan layanan digital berbentuk web dan aplikasi, yang semua sitem menggunakan layanan teknologi internet dari mulai pemasaran sampai pembayaran melaui transaksi Payment Gateway atau transfer. 

Sebenarnya apa itu bisnis Startup?

Sebagian pelaku bisnis digital pasti sudah tahu strategi dan cara mengembangkan bisnis Startup, tapi mungkin sebagaian pebisnis pemula boleh juga mengetahui startup, apakah jenis kategori bisnis potensial yang mudah di kembangkan oleh wirausaha muda atau sebuah bisnis yang perlu modal besar atau sebaliknya? Kita cari tahu bersama-sama! 
Apa itu Startup Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya di Indonesia
Apa Startup Contoh dan Cara Mengembangkannya

Pengertian Startup Contoh dan Cara Mengembangkannya?


Definisi Start-Up
Makalah startup adalah suatu usaha (bisnis) baru dalam masa rintisan namun sangat potensial untuk di kembangkan, istilah startup ini tidak berlaku untuk semua jenis bisnis atau usaha. Yang termasuk kedalam kategori startup seperti: perusahaan yang bergerak yang menggunakan teknologi informasi seperti pelayanan dalam jasa internet marketing misalnya reservasi tiket, antar produk berikut transaksi pembayaran dalam bentuk situs web dan Aplilasi.

Ciri-ciri bisnis startup:

  • Usaha ini betul-betul baru mulai berkembang rintisan sekitar 2 atau 4 tahun, belum ada sebelumnya
  • Memiliki mitra kerja
  • Memanfaatkan teknologi informasi internet
  • Alat yang digunakan berupa Situs web dan Aplilasi kebanyakan memerlukan layar digital.

Nah, dengan mengetahui awal semoga seorang pebisnis lebih paham dan mantap dalam mengelola bisnis yang mau di ambil atau ringan atau berat jika di jalankan.

Baca juga : Cara Membuat Sistem Bisnis Autopilot (Pengertian Berikut Contohnya)

Perkembangan startup di Indonesia dan Dunia Internasional

Di Indonesia bisnis inkubasi dan akselerasi aplikasi startup sangat di apresiasi oleh pemerintah karena bisa membantu kemudahan hidup, seperti  Jasa ojek online, pesan tiket pesawat-hotel, jual beli barang itu sangat pesat, jadi bisnis startup sangat menjanjikan untuk di kembangkan.

Contoh kota yang paling menggunakan startup di Indonesia adalah Surabaya, bahkan startup sudah mendapatkan perhatian walikota Tri Rismaharini dengan mengadakan Co-working space untuk pelaku usaha startup, dan contoh bisnis startup yang kini sukses di kota Surabaya diantaranya: agenda kota, jasa antar barang, donor darah, cari kost, agen voucher, kirim makanan,  konsultasi masalah (depresi) dll.

Sedangkan untuk di dunia Internasional startup sudah sangat lama di negara maju dan berkembang seprti Amerika Serikat Jepang dan  negara-negara Eropa.
Untuk Indonesia startup mulai sejak 1980 sudah di kenal contoh suksesor startup dimulai dari Kaskus dan Urbanesia.

Kini telah menjamur bisnis digital startup baru dan founder atau komunitas startup untuk beberapa kota daerah sebagai wadah seperti di Bandung (bandungdigitalvalley.com), Kota Jogjakarta (jogjadigitalvalley.com), untuk Semarang (www.ikitas.com) Kota Malang (stasion.org) dan campuran perkumpulan startup sebagai wadah seluruh Indonesia bisa di Kaskus.

Contoh  Start-Up terbaru yang sedang trand di Indonesia


1. Reservasi tiket (Tiket.com dan Traveloka)

Tiket.com merupakan salasatu dari banyak jasa startup khusus untuk pemesanan tiket secara online terpercaya yang mampu melayani reservasi tiket pesawat wisata hotel untuk di Indonesia dan Internasional seperti Malaysia, China, Hong Kong, Australia dan banyak lagi.
Diantara kelebihan memesan tiket dengan startup para pelanggan mersasa lebih gampang dan mudah dibatalkan atau ganti tiket tujuan sampai mendapatkan rating ulasan harga tiket yang paling murah.

2. Ojek online (Go-jek dan Grab)

Startup jenis in sudah sangat lama kita kenal walaupun sebagian orang belum menggunakan jasanya, khususnya Go-jek paling banyak memiliki multi fungsi seperti jasa ojek motor roda dua, pengiriman barang kurir (makan, cleaning service) dan pembayaran Go-pay.

Sedangkan Grab khusus pada pelayanan taxi dan ojek online termudah dan murah.
Nah, jika Anda ingin mencoba bisnis ini jangan dulu menjadi owner deh coba gunakan jasa ini dengan menggunakan Aplikasi setelah itu pesan apa yang paling dibutuhkan dan rasakan kemudahan-nya, baru kemudian daftar jadi mitra Grab atau Go-jek.

3. Toko online (Bukalapak, Bisa nego dll)

Bukalapak merupakan sebuah pasar daring yang termasuk Bisnis Startup digital mengenai pelayanan jual beli barang multi guna (online marketplacae) terbesar dan terpercaya di Indonesia di dirikan oleh Achmad Zaky seorang pengusaha yang kini terjun ke bisnis startup yang kini sukses menjadi CEO e-comerce Bukalapak.com.

Jual beli Barang di Bukalapak sangat disenangi masyarakat umum, karena selain bisa memilih barang di Bukalapak  sudah memiliki sistem transaksi pembayaran secara aman dan terjamin dan bertanggung jawab atas ke aslian barangnya sampai diantarkan ke rumah melalui jasa kurir terpercaya seperti JNE dan lainnya.

Contoh lain startup yang sedang masa rintisan oleh blogger diantaranya Bisa nego.com (Founder Gani Sebastian) di antara kelebihannya adalah pasang iklan dan barang secara gratis dan terpercaya di Jawa Tengah, Bisanego masih di bawah naungan klik mania.net.

Dan tidak mungkin di kemudian hari banyak orang sukses membangun bisnis startup yang semakin kekinian seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin besar kebutuhannya.

4. Aplikasi Ruang Guru

Ruang Guru merupakan startup jenis Aplikasi untuk bimbingan belajar, Aplikasi ini sangat mendukung meningkatkan kegiatan dan minat belajar siswa, merupakan terobosan terbaru untuk pendidikan, Fitur-nya menyediakan video dari pendidik yang berpengalaman.

Cara menggunakan aplikasi Ruang Guru siswa cukup instal Aplikasi melalui smartphone Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Untuk jenis aplikasi sendiri di Indonesia banyak bermunculan startup berupa game dan berita atau News bermanfaat dan berfaedah seperti Aplikasi pelajaran muslim dan buku-buku.

Ternyata yang paling banyak mencari adalah tentang startup strategi bisnis.

Bagaimana cara mengembangkannya Start-Up?

Menurut para suksesor startup yang paling penting merintis startup adalah mengikuti jaman dan mengintip kebutuhan masyarakat umum karena itu akan menjadi startup semakin disukai dan tidak ada matinya.

Selanjutnya mempunyai tim solid yang memiliki satu tujuan membangun bisnis startup, salah satunya orang yang memiliki kemampuan internet marketing dan ahli coding dan pelayanan ramah.

Cara dan strategi usaha rintisan untuk pemula

Nah bagi Anda yang ingin mencoba bisnis startup dari awal sampai mendapatkan penghasilan bisa menjalankan sekarang juga karena startup sangat banyak dibutuhkan di era mobile internet.


1. Lakukan riset problem masyarakat di perkembangan zaman

Diantaranya mencari tahu masalah yang banyak terjadi di masyarakat seperti masyarakat kok susah mendapatkan tiket Kereta Api, orang susah untuk mencari lowongan bekerja dll.

2. Mengenali Ekosistemnya

Usaha bidang startup memiliki strategi bisnis yang lumayan besar dan terencana diantaranya harus memiliki pengetahuan dari pakar misalnya konsultan, dekati saja para owner-nya  lalu ambil ilmunya biasanya para suksesor seprti Mas Gani Sebastian (Owner Bisa nego) Ia sangat baik dan selalu memberikan ilmu pengetahuan tentang toko online terutama startup.


3. Mempunyai modal utama yaitu Visi Misi kuat

Dalam berbisnis startup setidaknya Anda harus memiliki formulasi khusus dalam mengembangkan usaha tersebut, karena bisnis digital pasti banyak rintangan dan tantangan paling mendasar yaitu tidak sabar dan frustrasi jika mendapatkan problem, dengan menyiapkan visi dan misi bisnis yang besar rintangan sebesar apapun bisa dihadapi dengan keyakinan misi Anda yaitu pelayanan membantu dan memberikan kemudahan orang.


4. Pintar memilih tim dan Investor

Usaha startup tidak bisa dilakukan dengan hanya sendirian tapi memerlukan tim dan sistematis yang mumpuni diantaranya orang yang memiliki kemampuan dan keuletan usaha lewat internet. Selanjutnya hati-hati dan lindungi bisnis ketika sudah berkembang, karena ketika usaha yang dirintis mulai menanjak akan banyak tawaran investor yang ingin bergabung dan berkerja sama diantaranya mereka menanamkan modal yang besar.

Baca juga : 4 Kesalahan Fatal yang Menyebabkan Pebisnis Pemula Bangkrut dan Gagal  

Ambil kesimpulan mengenai Bisnis Startup digital

Ada 2 pengertian start-up yang sering kita dengar, yaitu tentang sistem sistem komputer dan tentang berbisnis, nah yang saya sampaikan di atas yaitu startup mengenai bisnis layanan digital aplikasi yang bagus dan potensial untuk dikembangkan sebagai bisnis.

Startup sendiri kini semakin berkembang khusus di kalangan masyarakat milenial yang sering kali menggunakan teknologi informasi internet dalam kesehariannya, jadi jangan khawatir bisnis ini kendur seperti naik turun seperti jaman Batu Akik.

Itulah ulasan tentang apa itu Startup contoh dan bagaimana cara mengembangkannya di Indonesia semoga bisa membantu dan memberikan kemudahan bagi Anda selamat berbisnis.

Baca juga : Kebiasaan Buruk dalam Berbisnis yang Wajib Dihindari Karena Merugikan dan Membuat Tak Produktif

6 komentar untuk "Apa itu Startup Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya untuk Pemula?"

  1. Informasinya berguna buat motivasi star up

    BalasHapus
  2. Dengan adanya start up kini hampir semuanya bisa terakomodir. Gojek misalnya, memenuhi kebutuhan orang-orang yang butuh kendaraan langsung ke tempat tujuan, dan yang pemalas beli makan bisa langsung order. Keren sekali.

    BalasHapus
  3. Suatu usaha yang perlu dipertimbangkan, karena saat ini banyak orang yang ingin instan

    BalasHapus
  4. ternyata kelebihan teknologi hari ini mampu menjana pendapatan JIKA tahu dan faham untuk mendominasikannya secara menyeluruh demi merancakkan sesebuah business

    BalasHapus
  5. Semakin banyak bisnis startup di Indonesia, semakin banyak masyarakat yang terbantu baik pelaku usaha maupun konsumen.

    BalasHapus
  6. Mantap...saya jadi semangat mengembagkan usaha saya..terimakasih atas artikel nya yang positif

    BalasHapus