Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger Keren

Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger - selama ngeblog saya baru menyadari ternyata banyak sekali aplikasi android pilihan terbaik dan keren abis, selalu mendukung aktivitas blogging saya, termasuk membuat konten dan gambar berkualitas dengan bantuan aplikasi.

Jangan banyak alasan tidak bisa ngeblog karena tidak ada laptop, buktinya kegiatan blogging suksesor juga banyak dilakukan di Samrt Phone karena lebih mudah dilakukan dimana saja dan kapan pun. Android adalah perangkat serbaguna untuk aktivitas termasuk bisnis online berhubungan dengan blogging.
Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger Gratis Keren
Aplikasi Android Terbaik untuk Aktivitas Blogging
Pilihan ini juga sebagai alternatif jika anda sulit mendapatkan inspirasi saat berhadapan dengan laptop, atau sedang jauh dari perangkat komputer tersebut, inilah solusinya aplikasi android terbaik dan terlengkap untuk blogger profesional yang bisa dijadikan alat ngeblog lebih cepat dan mudah.

Inilah Kumpulan Aplikasi Android Terbaik untuk blogger Keren dan Terlengkap


1. Aplikasi Blogger/Blogspot untuk Android

Download | Gratis | 1,4 MB

Blogger merupakan salah satu situs blog gratis yang dikembangkan oleh Google  platform ini sangat populer juga menjadi pilihan favorit yang suka bisnis online di dunia blogging.

Blogger memiliki aplikasi blogspot keren untuk membantu memperlancar aktivitas menulis dan menambahkan gambar untuk blog pada smartphone dan langsung sinkronisasi ke blogger/balogspot. Sebenarnya aplikasi blogger tidak wajib-wajib amat dimiliki bagi para blogger profesional, tapi bagi orang yang suka mencoba hal baru atau mengelola blog perjalanan wisata mungkin sangat diperlukan.

Selain gratis untuk situs blogger sangat baik hati memberikan jatah ruang housting besar melalui Domain blogspot yang dapat digunakan bagi pengguna sebebasnya, termasuk aplikasi terbaik android untuk blogspot.

2. Aplikasi WordPress untuk Android

Download | Gratis | 11 MB

Aplikasi WordPress adalah sebuah apk blog keren untuk layanan wordpress yang tersedia pada versi gratis (Wordpress.com) dan berbayar (wordpress.org).

Situs wordpress di klaim sebagai layanan web blog terbaik di dunia terbukti banyak situs besar populer seperti situs berita mempercayakan dan menggunakan platform wordpress karena lebih SEO dan Profesional.

Untuk sahabat blogger yang menggunakan wordpress bisa coba memiliki aplikasi ini di android agar lebih mudah dan cepat dalam menulis artikel dimana pun tanpa menggunakan laptop.

3. Google Chrome

Download | Gratis | 58MB

Google Chrome merupakan Web browser, jika anda memiliki dua platform blog berbeda blogger dan wordpress atau lebih bisa dikelola berbarengan dalam satu aplikasi secara otomatis dengan sangat cepat.

Kelebihan lain aplikasi ini juga sangat enak jika mengetik di tab Compose maupun HTML sampai melakukan editing templete blog, menyediakan layanan ke produk google lainnya Live Journal juga YouTube Google Plus, Drive dll, yang dapat mempermudah mencari informasi untuk blog anda.

Aplikasi Chrome sangat cocok bagi anda yang mengelola bisnis online blog secara global melalui browser, karena semua blog dapat di kontrol dengan baik dan mudah.

4. Tumblr

Tumblr salasatu blog yang kurang familiar dan kini sedang di offkan oleh pemerintah Indonesia, jika di Amerika dan Eropa platform ini sudah banyak penggunanya.

Tumblr mirip dengan sosial media, walaupun saya sendiri menggunakan blogger tapi juga memiliki akun Tumblr untuk memperoleh jaringan backlink atau share artikel blogspot di Tumblr.

Cara menggunakannya pun sangat mudah cukup daftarkan di situs resmi selanjutnya anda download aplikasi Tumblr untuk memosting update Bloggers atau WordPress.

Tapi sayang sekali Kominfo menutup sementara situs Tumblr sejak Maret 2018, dengan alasan Tumblr mengotori Indonesia, padahal situs ini jika digunakan pada hal baik bisa menjadi baik dong.

Penutupan bersifat sementara jika Tumblr menyepakati situs ini akan tampil lagi di Indonesia.

5. Writer

Download | Gratis | 60KB

Aplikasi untuk menulis blog di android atau memo alat papan tulis khusus untuk fokus membantu aktivitas blogger dalam menulis secara offline, bisa teman gunakan khusus untuk menulis hal baru atau mencatat ide untuk penulisan yang terlintas dalam pikiran.

Kelebiha Writer mampu menghitung jumlah karakter dan suku-kata yang anda ketik sehingga dapat menentukan apakah Artikel anda itu SEO friendly atau tidak?

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Kata yang SEO friendly untuk Blog

Kondisi sedang tidak punya kuota atau ditengah perjalanan anda tetap bisa menulis draft sebagai kerangka artikel sampai menyimpan gambar dengan panjang artikel yang tidak terbatas.

Dengan writer anda tetap bisa menulis kapan pun dimana pun secara rutin tanpa kehilangan waktu karena menunggu mempunyai kuota atau hal lainnya tidak ada alasan untuk tidak menulis setelah selesai tinggal copy dan paste ke blog anda.

6. Google Drive

Download | Gratis

Keguanaan aplikasi google drive adalah sebagai memori online yang dapat menimpan bermacam data seperti file yang dibutuhkan untuk membantu kegiatan blogging yang tidak bisa dilakukan pada memori internal atau eksternal.

Menyediakan ruang space 30 GB secara online dan gratis, anda akan mendapatkan kapasitas lebih besar dengan versi berbayar, langkahnya cukup mudah langsung download aplikasi lalu mendaftarkan dengan akun Google anda, selanjutnya tinggal menyimpan semua data-file apapun seperti: HTML (tema, kode Script dll), Foto, MP3, Video MP4, PDF, URL semua bisa di Google Drive.

Aplikasi ini juga sangat cocok untuk blog download lagu atau rekomendasi gambar menyimpan file-data di google drive selanjutnya tinggal membuat link-tautan dari postingan ke Google Drive.

 7. Evernote

Download | Gratis

Masih sama dengan Writer Evernote sebuah aplikasi untuk menulis artikel blog, kelebihan aplikasi ini dapat mengkonversi Voice to Text suara (voice) ke tulisan, tentunya sangat membantu bagi blogger dalam membuat rancangan artikel.

Menyimpan data tulisan dari ide atau gagasan yang terlintas bisa anda catat dengan tulisan langsung atau dengar merekam suara nanti akan di konvensi sendiri ke tulisan.

Jika sobat sudah ada didepan meja kerja bisa buka lagi Evernote dan tinggal mengambil teks atau suara voice untuk, atau langsung dibuat di Evernote sendiri.

8. Aplikasi Google Analytics

Download | Gratis | 11MB

Aplikasi Analytics adalah sebuah penelitian yang menampilkan data statistik real-time terbaru untuk blog. Kalau sobat blogger sudah memiliki akun Google Analytics akan lebih mobile cepat mengetahui grafik lalu lintas pada blog anda secara lengkap.

Data statistik blog akan langsung dilihat dari smartphone melalui aplikasi ini, diantaranya meneliti sumber lalu lintas, browser yang digunakan, metrik kata kunci sampai asal negara pengunjung dll.

Jika anda sangat mobile silahkan gunakan google analytics aplikasi android untuk melihat data statistik blog yang anda kelola.


Aplikasi Editing Gambar

Aktivitas blogger bukan hanya menulis artikel, tapi harus mampu menguasai mengedit foto atau membuat gambar pada perangkat Android supaya cepat dan lebih mudah, menggunakan aplikasi android terbaik untuk blogger dalam membuat dan mengedit foto atau gambar.

Saya Rekomendasikan langsung 3 aplikasi terbaik untuk mengolah gambar yang pas untuk web diantaranya:

9. Photo Editor

Download | Gratis | 5,1MB

Photo Editor gunanya hanya untuk mengedit foto yang diambil dari smartphone atau perangkat lain yang kuat bagus? sampai menjadi lebih bagus untuk di posting.

Melakukan tambah kecerahan warna gelap hasil kamera smartphone layaknya hasil kamera profesional, selanjutnya memotong corp memperkecil ukuran file dll.

10. PixelLab

Download | Gratis | 17MB

PixelLab adalah aplikasi serbaguna yang wajib dimiliki untuk membuat gambar website seperti gambar dan teks 3 dimensi, tambahkan gambar mencampurkan beberapa frame gambar dengan background berbeda tanpa jelek dengan sistem hapus background otomatis transparan.

Selain itu menyediakan background Gradient atau latar belakang campuran gradasi yang keren yang dapat menarik perhatian pengunjung. PixelLab adalah aplikasi rekomendasi YouTubers dalam membuat Thumbnail untuk Video YouTube. Saya berani menceritakan sepenuhnya karena sudah mencoba dan puas!

Selengkapnya baca: Cara membuat gambar/logo/teks 3D di PixelLab

11. Picsay

Download | Gratis

Picsay merupakan aplikasi yang cocok untuk mengedit gambar tutorial seperti membuat kotak, lingkaran, panah kotak quote (seperti tulisan kata di dalam komik) sampai tulisan bermacam tipe Arial, Comic, Sans sherif  bold dll, juga 2 dimensi semua tanda dan fitur bisa merubah ke transparan pokonya lengkap dan akan lebih lengkap dengan versi Pro.

Silahkan coba Picsay untuk mengolah gambar tutorial blog anda saya jamin pasti gampang dan cepat dalam membuat gambar untuk blog tutorial.

Belajar juga: cara membuat beckground gambar web menjadi transparan di android

12. Photo Resizer

Download | Gratis | 9,1MB

Setelah proses editing selesai langsung lakukan kompres supaya tidak terlalu besar ukuran file gambarnya.

Photo Resizer merupakan aplikasi kompres file gambar atau foto terbaik android, mampu memperkecil ukuran yang pas untuk website rata-rata mampu konvensi ukuran sampai 100 sampai 50 KB tanpa mengurangi kualitas gambar, tentunya blog akan lebih fast loading dan SEO on page walaupun menggunakan banyak gambar dalam satu postingan/artikel.

Silahkan download Photo Resizer supaya mendapatkan gambaran yang ringan, SEO dan cepat dalam membuatnya.

Pelajari juga:

13. Pocket

Download | Gratis | 12 MB

Pocket merupakan aplikasi mobile yang mampu menyimpan informasi dan Link/URL halaman, jika anda sedang browsing menemukan ide, informasi dari situs berita atau lainnya bisa langsung di simpan di Pocket tujuannya untuk mempermudah melacak disaat sedang offline.

Jika hanya mengandalkan pikiran saja dalam mencari gagasan tentu akan sulit dan membutuhkan waktu tidak sedikit, untuk itu gunakan aplikasi pembantu agar menyimpan hal atau catatan penting untuk modal ngeblog.

Baca juga: Tips dan cara memperoleh ide penulisan untuk artikel web/bisnis online


14. Gmail atau Email

Download | Gratis

Tak dipungkiri bahwa ngeblog membutuhkan minimal satu alamat email untuk mempermudah aktivitas kirim-mengirim pemberitahuan atau informasi terbaru dari mana saja.

Adanya alamat email terutama Gmail ini seorang blogger akan mudah mendapatkan informasi seputar blogging seperti kontak form, komentar blog, termasuk pihak Google Adsense sampai pemberitahuan lebih lanjut tentang Blogging.

Walaupun penerimaan email bisa melalui browser Smartphone tapi untuk lebih cepat merespon jika ada pemberitahuan sebaiknya blogger memasang aplikasi Gmail ini di ponselnya.

14. Google Plus

Download | Gratis | 21MB

Google Plus merupakan media sosial yang wajib dimiliki bagi blogger khususnya pengguna Blogspot sebagai profil utama di blog.

Keuntungan menggunakan Google Plus blogger dapat pertemanan tanpa batas dari blogger hebat seluruh dunia, apalagi jika anda bergabung dengan komunitas blogger terbesar sesuai topik atau Niche blog tentu lebih cepat mempromosikan blog ke dunia internasional yang skalanya lebih besar.

Saya yakin sobat blogger pasti sudah memiliki google plus, walau bisa juga dilakukan di browser.

15. Facebook

Versi Lite | Gratis | 1,4MB
Facebook for Android |Gratis | 58MB
Ada dua pilihan untuk aplikasi Facebook diantaranya Facebook lite dan Facebook Mobile Android, anda bisa pilih salasatu saja,

Kelebihan FB Lite menggunakan space memori peangkat kecil dan tidak menambah besar tanpa harus download messenger, sedangkan yang FB mobile Android tampilan menarik tapi semakin lama semakin membesar memakan ruang memori perangkat sampai 200 GB bahkan lebih dan harus ditambah dengan messenger untuk menerima pesanan.

Saran saya jika hanya untuk promosi Artikel gunakan saja yang versi lite supaya tidak kehabisan memori perangkat anda karena ada yang lebih penting dari Facebook-an.

Selebihnya untuk beberapa sosial media seperti Twitter, Pinterest, LinkedIn dan lainnya jika mempunyai memori perangkat kurang cukup masuk di browser saja masih tetap bisa anda pantau.

Nah, itulah beberapa aplikasi Android yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas blogging secara lebih cepat di smartphone.


Kesimpulan

Setiap orang memiliki pendapat dan rekomendasi masing-masing tentang aplikasi untuk membantu mempermudah aktivitas blogging-nya, dari ke 15 Aplikasi di Hand Phone (HP) Android diatas sebagian telah saya coba gunakan dengan sangat baik memiliki kinerja maksimal dan banyak manfaat juga kemampuannya bisa diandalkan bagi para blogger.

Adapun untuk platform wordpress saya tidak memakai karena belum ngeblog di situs ini pernah dulu tapi tidak keurus, tapi aplikasinya telah banyak mendapat rekomendasi dari pengguna WordPress.

Silahkan jika sobat blogger mempunyai rekomendasi aplikasi lainnya yang perlu dan penting digunakan untuk ngeblog bisa berikan tambahan disini.

Baca juga: 11 Rahasia cara menjadi seorang travel blogger profesional sukses


19 komentar untuk "15 Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger Keren"

  1. sebenarnya saya ingin sekali mendownload semua aplikasi itu sebagai penunjang untuk kegiatan blogging karena tidak bisa selamanya online dari laptop...tapi apa daya android saya sudah ketinggalan beberapa generasi jadi gak mungkin bisa dipasang semua...hanya sebagian saja yang saya pasang yang menurut saya penting..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai yang paling penting saja mas, saya juga menggunakan seperti untuk membuat rancangan artikel seperti Writer, apk untuk gambar, resizer Gmail dll. Pokoknya yang penting untuk ngeblog.

      Hapus
  2. Mas mau tanya hiperlink yang dibuat (pada tulisan ini) apakah itu tidak bermasalah buat blognya mas, dan mohon dijelaskan juga soal ling eksternal dan internal. Mohon maaf mungkin pertanyaan tidak sesuai postingan tetapi saya tanya karena lihat link yang ditautkan mas. Mohon penjelasannya mas, terima kasih sebelumnya. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tergantung kebutuhannya mas, menurut pakar postingan semakin banyak link Internal dan External (backlink) akan semakin baik di "mesin pencari"

      Asal dengan satu catatan! memberikan rambu-rambu untuk robot google??

      Yaitu, Harus dibedakan internal link menggunakan rel Do Follow dan External (backlink) menggunakan Link rel No Follow.

      Mungkin itu bisa dilakukan setiap membuat artikel yang banyak link Internal maupun External jika mas buat nanti.

      Hapus
    2. Tambah, usahakan dibuat Link-nya yang memiliki relevansi sangat tinggi.

      Hapus
  3. saya cuma guna 3 - 4 apps sahaja... bila terlalu banyak nanti saya pening dong hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya saya juga menggunakan Aplikasi penting seperti Chrome, Gmail, ditambah Aplikasi editing gambar PixelLab, picsay juga resizer yang memiliki fitur yang sangat diperlukan oleh saya untuk ngeblog.

      Hapus
  4. Wah mantap mas.. cocok untuk pemula seperti saya, jadi banyak refrensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas temen saya juga bilang begitu Aplikasi ini penting supaya tidak kehabisan ide untuk menulis, silahkan dicoba gunakan.

      Hapus
  5. Aku penasaran pengin tau lebih banyak tentang Tumblr, mas ...
    Aplikasinya yang juga blog, dapat digunain untuk menshare artikel postingan yang udah di posting di Blogger / Wordpress .., itu dengan gunain email yang samakah dengan email yang digunain untuk Blogger / Wordpress ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sekarang di Indonesia Tumblr sedang ditutup untuk sementara oleh Kominfo karena sebab Undang undang tentang konten dewasa saya tahu baca di Tempo mas jadi belum bisa login ke Tumblr dulu. Waktu saya buat akun sangat mudah cukup dengan email apa aja hanya ada beberapa pertanyaan usia saja selebihnya sangat mudah saja.

      Hapus
  6. Saya menggunakan beberapa, tapi tidak semuanya. Karena aktivitas blogging saya kebanyakan di laptop. Jadi aplikasi android hanya sebagai penunjang saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Top banget ngeblog di laptop, ya bisa ditunjang dengan aplikasi lebih cepat untuk membuat artikel. Terima kasih atas kunjungan salam buat semua teman.

      Hapus
  7. Sejauh ini, Chrome adalah senjata utama saya ngeblog. Semua bisa dikunjungi mulai dari blogger, adasense, analytic, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas saya hampir semua aktivitas dilakukan di Chrome kadang Aplikasi terbentur dengan memori perangkat.

      Hapus
  8. Saya pengen download semuanya, tapi memorinya yang kagak cukup. Jadinya harus bersyukur dengan google+, chrome, sama gmail. Tapi kayaknya mau tambah satu lagi, google analytics😀😀😀

    BalasHapus
  9. Aplikasi blogger/blogspot belum maksimal mas. Masih ribet makenya.

    Eniwei trims infonya. Saya suka soal pocket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya untuk keseluruhan aktivitas blog seperti ngerjain di Aplikasi blogger memang kurang maksimal kerena kebanyakan blogger lebih memilih menggunakan browser walaupun di HP. Tapi ada yg tau bahwa dengan Aplikasi "Blogger It" sebagai alternatifnya.

      Hapus
  10. terimakasih gan artikelnya bermanfaat sekali, kata-katanya mudah dimengerti

    BalasHapus