Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Gambar (Thumbnail) Video Youtube Termudah


Cara Memasang Thumbnail ke Video Youtube mudahrizki - Fungsinya bertujuan untuk memperlihatkan atau gambaran cuplikan menarik kepada penonton dibagian depan sebelum memutarnya, hal ini juga bisa juga membuat penonton tertarik mengklik (membeli) video tersebut dengan menambahkan gambar Khusus sebagai Cover video jadi menarik.

Contoh: Kita sering melihat tampilan video di youtube yang menarik dan sangat menggoda untuk di tonton. Nah, gambar dari video yang nampak bagian depan itu yang disebut Thumnail,

Cara Membuat dan Menambahkan Thumbnail di Video Youtube
pixabay.com-Javier Rodriguez


Disini kita bisa melakukan beberapa cara Otomatis cuplikan sudah disediakan oleh youtube atau buat sendiri memakai Aplikasi Edit Foto atau Gambar yang biasa kita pakai.

Sekilas dalam membuat Thumbnail ini bisa dilakukan setelah selesai mengupload Video di Youtube, lalu jika kita akan buat yang simpel kita cukup ambil ScreenShot dari Video bersebut saja dengan memilih mana yang paling menggambarkan isi video atau pun yang paling menarik untuk di klik.

Berukut Cara membuat dan memasang gambar khusus (thumbnail) untuk Cover Video  Youtube agar menarik


1. Pertama yang harus anda lakukan mempersiapkan Gambar untuk dijadikan Thumbnail.
  • Triknya bisa anda ambil dari video dengan Putar Video yang telah di Upload lalu cari bagian mana yang paling menarik untuk mewakili isi video anda> lalu ScreenShot.
  • Jika sudah silahkan Edit dengan tambahkan Teks Kutipan judul singkat yang semenarik mungkin.
  • Gunakan Software atau Aplikasi Edit yang anda bisa dan sukai saya biasa rekomendasi dengan menggunakan PicSay karena paling mudah dan cepat.
  • Jika selesai bisa anda beri judul gambarnya sesuai judul video agar SEO, lalu simpan dahulu di Dokumen perangkat.

2. Gunakan Browser untuk mengakses internet > lalu kunjungi youtube.com

3. Diberanda Channel youtube Anda buka Menu pengelola akun Video di sudut atas > lalu setelah terbuka pilih "Cteator Studio"

Cara Membuat dan Menambahkan Thumbnail di Video Youtube



4. Lihat sebelah kiri Video anda yang belum diberi thumbnail bertuliskan " Edit " lalu klik.

Cara Membuat dan Menambahkan gambar Seo Khusus-Thumbnail pada Video Youtube



5. Nah, disini anda disiapkan 3 Thumbnail dari youtube, itu saya rasa kurang jreng abaikan saja lalu klik "Thumbnai Kustom" untuk menambahkan Thumnail kreasi anda sendiri.

Cara bikin dan Menambahkan gambar Thumnail didepan Video Youtube


6. Anda pilih saja gambar yang telah disiapkan seperti langkah pertama yang maksimal berukuran 2MB > jika sudah dipilih selanjutnya tunggu selesai Mengupload.

7. Jika sudah muncul thumbnailnya klik saja "Simpan Perubahan" warna biru di pojok.

Cara Membuat dan memasang Thumbnail Video Youtube



8. Selesai, untuk melihat hasilnya tunggu beberapa saat.

Nah, demikian tadi cara dan langkah untuk menambahkan Thumbnail ke Video Youtube bisa secara Otomatis dan maual sangat mudah bukan?


Informasi tambahan


Cara lain untuk membuat dan menambahkan Thumbnail ke Video Anda bisa menggunakan Aplikasi YouTube Studio agar lebih cepat kalau hanya mengerjakan proyek Thumbnail saja, ini juga sebagai opsi dalam mengelola saluran jika anda sedang tidak mau repot dengan laptop atau sedang berpergian keluar kota anda tetap bisa seting atau balas komentar youtube dengan Aplikasi tersebut.


Oke, mungkin itu saja pemaparannya mengenai bagaimana kalau kita akan menambahkan gambar khusus sebagai Cover yaitu Thumbnail ke Video Youtube agar tampilan lebih bagus dan menarik semoga menjadi artikel yang bermanfaat mohon maaf jika ada kesalahan dan selamat mencoba.


9 komentar untuk "Cara Memasang Gambar (Thumbnail) Video Youtube Termudah"

  1. bertambah ilmu baru hari ini... terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasi sama sama Semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Kirain saya thumnail nya itu di bikin saat editing dengan software
    baru tau saya
    jadi pelajaran baru, mungkin nanti saya bikin youtube juga
    tapi gk tau kapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dengan software hanya editing untuk menambah teks stiker atau watermark, jika pemasangan gambar khusus Thumbnail dari youtubenya Mas bisa seperti cara diatas. Saya doakan semoga Youtubenya mulai dan Sukses!

      Hapus
  3. keren mas, tp ngmong2 itu mas warman typo dari berikut jadi berukut :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas FAISAL Maksudnya apa ya haha..tidak mengerti nih!

      Hapus
    2. Berikut diketiknya berukut mas,, typo dikit

      Hapus
    3. Ya sedikit ada error pada Form komentar template mudahrizki nanti saya coba betulkan Terimakasi semuanya telah hadir di halaman artikel cara memasang Thumbnail di video youtube otomatis dan manual.

      Hapus
  4. kak kenapa ya .pas saya klik edit ..ga ada tambahkan thumbnail ..tapi ada tulisan ..maaf akun anda tidak memenuhi syarat untuk memasang thumbnail ..itu gmna kak ..mohon banyuannya ..

    BalasHapus