Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Istilah Bisnis Startup yang Potensial di Indonesia

Bisnis startup akhir-akhir ini memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan di Dunia termasuk Indonesia. Kehadirannya dewasa ini dianggap sangat membantu dan menunjang kemudahan dalam semua model kebutuhan hidup di masyarakat di zaman teknologi mobile internet sekarang ini.

Contoh paling banyak untuk berbelanja dan promosi bisnis dengan startup, bisa dilakukan secara online dengan sistem E-Commerce dan Fintech, tentu lebih menguntungkan dan praktis untuk pesan sampai transakasi cukup dilakukan di telepon genggam atau Smartphone saja.

Baca juga : Apa itu Startup Contoh dan Cara Mengembangkannya
Model Jenis dan Istilah Bisnis Startup yang Potensial untuk Entrepreneur lokal Indonesia
Walaupun merupakan sebagai perusahaan rintisan startup ternyata layaknya sebuah perusahaan profesional yang memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi, diantaranya memberikan kemudahan bisnis multi layanan untuk manusia di zaman sekarang yang sering melakukan aktivitas cepat memakai situs Web dan Aplilasi melaui layanan layar digital lainnya.

Dibalik semua itu ternyata untuk membuat dan menjadi Founder atau CEO peruahaan startup bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk bagi yang tidak punya modal besar atau tidak memiliki pengetahuan internet secara menyeluruh, yang paling penting dalam merintis startup bisa memulai jenis startup yang banyak dibutuhkan tapi bermodal minim seprti toko online pribadi yang dibuat menggunakan situs gratisan, tapi bisa jadi alternatif bagi pemula atau bagi yang awal merintis.

Intinya startup merupakan jenis peluang usaha menjanjikan yang bisa dipilih oleh masyarakat milenial dan menguntungkan jika di kembangkan sebagai ladang usaha kreatif yang potensial yang mudah di jalankan oleh semua lapisan masyarakat termasuk orang tersebut tidak memiliki kemampuan internet masih tetap bisa membangun startup hingga berhasil.

Dilihat perkembangannya rata-rata Entrepreneur atau Founder yang terjun membuka Startup di Indonesia memiliki penghasilan sangat fantstis, karena mereka cerdas dan tahu kebutuhan masyarakat zaman sekarang dan tahu model startup apa yang paling dibutuhkan, contoh misalnya:
  • Indowebmaster situs penyedia layanan housting (Founder Juny Maimun "Acong")
  • Bukalapak pelayanan daring marketplace (CEO Achmad Zaky)
  • PrinceArea mesin pencari perbandingan semua produk barang termurah dari seluruh toko (di gagas Founder Andy Suhaili)
  • Tiket.com sebuah situs dan Aplikasi untuk booking tiket terpercaya CEO (Natali Adrianto)
  • Daily deal Disdus, merupakan toko online dengan promo menarik (Jason Lamuda)
  • Biznet Networks (Adi Kusma) dan masih banyak lagi founder startup lainnya semuanya memiliki model atau niche kemana startup akan di targetkan.

Jenis model start-up yang  potensial untuk Entrepreneur lokal Indonesia

Walau di antara founder sukses rata-rata memiliki gelar pendidikan Sarjana di Universitas bisnis luar negeri tapi tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat luas terbuka kesempatan untuk menjadi entrepreneur Startup selanjutnya yang akan muncul menjadi lebih sukses yang penting memiliki target ke mana startup akan di pergunakan.

Kenapa startup bisa potensial dan bermanfaat ketika dijadikan bisnis?
Karena startup menyediakan layanan yang dibutuhkan penting, contoh ada orang mencari perbandingan harga  produk termurah tentu hal yang harus Anda hadirkan seperti situs Daily Deals yang menyediakan informasi dari toko terpercaya termasuk diskon dan layanan antar paket.

Saat ingin mencoba buka startup setidaknya kenali faktor yang paling dibutuhkan orang di jaman teknologi internet sekarang sebagai ide awal misalnya:
  • Mengutamakan kebutuhan manusia - apa saja termasuk memberikan bantuan kecil, jasa antar jemput, penjualan barang, jasa iklan dengan sistem
  • Kebutuhan keperluan usaha - Semua hal yang membantu kelancaran bisnis Anda bisa tawarkan jasa, contoh kecil jasa membuat Web (waroeng web) dan hosting, logo branding, mendaftarkan tempat bisnis  ke Google Maps atau sampai jasa housting
  • Bantuan masalah teknis - segala keperluan sistem sampai komponen, termasuk menjadi konsultan jika Anda bisa dan mengetahui seluk-beluk menjalankan teknik usaha, karena kini sangat banyak kebutuhannya.

Daftar istilah startup lokal yang populer di Indonesia:


1. Disruptive technology (ngebrid)

Pelayanan jasa ojek/taxi dan petugas kebersihan Office janitor yang bisa dipesan secara online, startup berbasis Aplikasi ini telah sukses di gagas oleh Go-jek dan Grab yang kini telah hadir di hampir seluruh wilayah Indonesia, layanan pemesanan sampai menerima paket antar sarapan dan makan siang dan pembayaran uang online Go-pay.


2. E-Commerce  (wholesale)

Jual-beli barang atau belanja di online shop pre order, startup jenis ini hampir sama dengan autopilot yang menggunakan toko online, hanya produk yang ditawarkan dari orang lain atau pengirim seluruh lapisan masyarakat, kini olshop startup begitu banyak sekali permintaan pasarnya selalu stabil dan potensial diantaranya untuk mengembangkan bisnis kuliner dan oleh-oleh pesan antar, fashion termasuk memasarkan bahan-bahan pokok di online shop. Startup jenis ini sangat banyak bermunculan misalnya: Bukalapak.com, JD.id, LAZADA.co.id, Tokopedia.com, Shopee, blibli.com dll.


3. Web Hosting

Jasa Domain dan hosting, membuat Aplikasi, hidup di internet tidak lepas dari peran situs web dan hosting da Apkikasi dalam usrusan bisnis atau profil perusahaan pribadi, kesempatan ini sangat menjanjikan bagi situs penyedia layanan hosting atau jasa membuat Aplikasi seperti Android dan iOS. Web hosting di Indonesia seperti hostinger.co.id, idwebhost, rumahweb.com dll.

Contoh untuk jasa membuat Aplikasi terkenal misalnya: Appery.io, AppMachine, AppMakr, Appy Pie, Good Barber dan MIT App Inventor, nah, jika Anda mahir meembuat Aplikasi bisa jadi bukan jasa pembuatan aplikasi melalui coding sendiri dengan App invertor.


4. Advertising atau Website iklan baris disebut juga Classified Ads

Jasa periklanan (promosi) gratis, startup ini mirip dengan toko online hanya kategorinya kebanyakan mereka memosting jasa perusahaannya seperti: rental mobil, bursa kerja, properti gaya hidup, impor barang dan iklan-iklan lainya, suksesor seprti ini telah di gagas oleh bisanego.com, Pasangiklan.co.id. Peluang mendapatkanpenghasilan bisa dari iklan yang dipasang di situs jasa periklanan gratis Anda.


5. Agent tiket online, Pesan Reservasi tiket

Startup jenis ini dinilai membantu masyarakat dalam booking hotel tiket bus,  Booking tiket atau Issued tiket pesawat, Kereta Api, sampai sewa mobil, paket kuota internet dan lainnya, startup jenis ini sudah di gagas oleh Traveloka dan Tiket.com yang kini telah menjadi idola di bidang tersebut.

6. Aplikasi program pendidikan sekolah (Social Studies)

Startup jenis ini sangat penting untuk memberikan bimbingan untuk pelajar diantaranya telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah terutama MENDIKBUD terhadap kemandirian kreatif anak bangsa yang menyediakan layanan Aplikasi dan Game pendidikan untuk kecerdasan anak.

Aplikasi dan Game tersebut diantaranya Ruang Guru, Buku Sekolah, Marbel menulis Game pendidikan anak-anak dll.

Kesimpulan mengenal jenis model startup


Semoga dengan adanya referensi ini pembaca semakin mengenali jenis-jenis startup dan model - modelnya selanjutnya menjadi lebih paham tentang apa startup bagaimana membangun usaha secara baik dan efektif dengan belajar memahami kebutuhan yang mendesak di masyarakat khususnya kawula muda dan milenial yang sering kali menggunakan teknologi internet.

Demikian ulasan tentang Jenis-jenis dan istilah bisnis start-up yang potensial di Indonesia semoga membantu dan bermanfaat.

Baca juga : Ide Bisnis Online Modal Kecil Rumahan Wajib Anda Coba 

3 komentar untuk "Jenis dan Istilah Bisnis Startup yang Potensial di Indonesia"

  1. menurutku jasa tiket online juga banyak penggunanya. ditambah jasa domain, ya walau kadang setahun cuma bayar berapa gitu.

    BalasHapus
  2. Dari beragam bisnis yang telah di sebutkan di atas, menurut saya ini merupakan peluang yang perlu di libatkan ke dalam usaha yang telah kita jalankan, pasalnya.. di era maju pesatnya arus teknologi global khususnya internet mobile, ini akan semakin mudah dan banyak peluang bagi kita untuk berkompetisi di dunia Bisnis Startup

    BalasHapus
  3. Bisnis tiket dan pulsa (bahkan disebut bisnis pulsa all in one) itu paling marak di sini. Tapi hanya sebagai agen, bukan CEO dari bisnis tersebut. Tapi lumayanlah keuntungannya.

    BalasHapus