Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Berbisnis dengan Aplikasi WhatsApp Business

Mengembangkan bisnis dengan WhatsApp - WhatsApp business merupakan aplikasi Android gratis yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis seperti usaha kecil-kecilan atau menengah mempermudah akses komunikasi pada pelanggan secara efesien. Jika dulu WhatsApp memberikan Apk untuk WhatsApp versi Bisnis kini bisa dinikmati oleh pengusaha bisnis industri marketing.
WhatsApp Business
Dengan Aplikasi ini anda dapat dapat berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan karena dapat digunakan bersamaan dan tidak akan menggangu ke WhatsApp Messenger, karena dapat dilakukan dengan verifikasi dengan 2 nomor kontak yang berbeda untuk pribadi dan bisnis, bisa juga anda mendaftarkan 2 nomor tersebut ke WhatsApp Messenger dan WhatsApp Bisnis.

Bagi Anda yang sudah memiliki WhatsApp Messenger dan ingin juga memiliki WhatsApp versi Bisnis silahkan terlebih dahulu melihat perbedaan dan kelebihannya sebagai alasan anda harus memiliki WhatsApp Business:

Perbedaan Dasar WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business:

  • Logo: WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business sedikit ada perbedaan dari logo pada WhatsApp Messenger di dalam lingkaran berlogokan gagang telepon, sedang WhatsApp Business belogo huruf B yang menandakan Business.
  • Nama akun: WhatsApp Business mempunyai ciri khas tetap pada nama akun dari pertama dibuat, jadi jika anda ingin memiliki WhatsApp Business pastikan nama sesuai dengan kartu tanda penduduk (EKTP).
  • Memiliki Profil Bisnis: tidak seperti WhatsApp biasa WA bisnis  memiliki Profil khusus untuk bisnis dimana pemilik dapat melakukan management tentang program usaha/bisnis.
  • Fitur Balasan Pesan lebih Cepat dan Otomatis: perbedaan lainnya anda dapat melakukan balas pesan lebih cepat dengan notifikasi offline, anda tetap mendapatkan pemberitahuan walaupun sedang offline jika ada pesan penting dan meninggalkan pesan jika anda sedang sibuk.
  • Analisis data Pelanggan: khusus bagi anda yang berjualan secara online fitur ini sangat bermanfaat sekali untuk persediaan produk yang dijual, contoh: jika melihat data pesanan meningkat anda bisa bisa bersikap dan memperhitungkan berapa produk  yang mesti di persiapkan untuk pelanggan.
  • Menggunakan Nomor telepon Seluler, Rumah (Perusahaan): perbedaan ini yang paling mendasar jika pada WhatsApp Messenger selalu menggunakan nomor provider seluler (nomor smartphone) tapi WhatsApp Business bisa mendaftarkan nomor telepon rumah atau perusahaan seperti Telkom, tujuannya untuk lebih mempermudah jika usaha anda memiliki kantor dan karyawan anda bisa dapat menerima pesanan produk.
  • Memiliki Tanda Khusus: jika anda sudah melakukan verifikasi dan mendaftarkan nomor telepon pada nama Profil dan akun akan diberikan tanda centang/contreng berwarna hijau disebelahnya.
Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer/laptop


Kelebihan WhatsApp Bisnis


Menggunakan WhatsApp bisnis anda bisa mendapatkan keuntungan lebih karena tetap memiliki banyak hal dan fitur di WhatsApp Messenger seperti audio video-call grup, chating, dan kirim multi media foto/gambar, suara lewat fitur voice note dll.

WhatsApp Bisnis memiliki beberapa fitur khusus untuk bisnis seperti: Profil bisnis, alat berkirim pesan bisnis, mendukung nomor tetap atau landline, menjalankan kedua WhatsApp (messenger dan bisnis) berbarengan, WhatsApp web dan banyak lagi.
Kelebihan dan keunggulan WhatsApp buseniss
Perbedaan Dasar dan Kelebihan WhatsApp Bisnis


Kelebihan fitur WhatsApp Business

  • Profil Bisnis, fitur ini dapat anda gunakan untuk membuat profil produk dan label perusahaan/bisnis yang dikelola, sangat berguna sekali untuk pelanggan dalam mengenali, juga lebih mudah mendapatkan informasi melalui email data maupun jenis usaha anda, seperti informasi kontak, menyematkan link situs web, Facebook, dan alamat situs lain juga lokasi tempat anda.
  • Statistik Kirim Pesan Bisnis, dengan ini anda dapat melakukan management mengenai pesan kepada pelanggan seperti siap melayani diluar jam kerja, salam perkenalan dan urusan komersial lainnya.
  • WhatsApp Web, seperti WhatsApp Messenger fitur ini dapat di buka dan merespon pelanggan pada perangkat komputer/laptop.
  • Doble Chat, jika anda ingin menggunakan bersamaan dengan 2 jenis WhatsApp anda dapat menggunakan dua nomor berbeda, fungsi ini tidak akan menggangu dengan what Messenger pribadi Anda.
  • Nomor Landline, dengan fitur ini Anda selalu mendapatkan nomor tetap antara WhatsApp Business dan para pelanggan, seperti melakukan kirim pesan, mendapatkan notifikasi pemanggil atau verifikasi.


Bagi anda seorang pebisnis Aplikasi ini wajib anda miliki, tapi jika bukan WhatsApp Messenger pun sudah cukup.

Cara mengunduh, verifikasi dan konfirmasi WhatsApp Business


Selama ini belum ada konfirmasi bahwa memverifikasi nomor telepon ke WhatsApp Bisnis harus membayar dalam membuat akun, menurut situs resmi whatsapp.com untuk membuat pengguna cukup mendownload Aplikasi WhatsApp Business yang tersedia di Play Store untuk Android dan menyusul di AppStore iOS. Menurut informasi yang saya dapatkan pendaftaran terbaru paling utama hanya dengan mendaftarkan nomor telepon dan jenis produk yang dijual selebihnya persyaratan sangat mudah dan cepat terverifikasi.

Kalau susah terverifikasi berarti anda belum lengkap memberikan informasi secara menyeluruh  dalam mendaftar, terpenting membuat informasi yang bermanfaat untuk pelanggan.

Artinya: Jika nomor telepon cocok dengan yang anda pakai dan aktif akan mendapatkan konfirmasi tapi apabila nomor tidak valid tidak akan terverifikasi dan konfirmasi.

Source: dari situs whatsapp.com

Nah, bagi anda pengguna Android yang ingin mencoba biasa menjajal aplikasi WhatsApp Business bisa mengunduh langsung di sini:

1 komentar untuk "Cara Mudah Berbisnis dengan Aplikasi WhatsApp Business"

  1. Terima kasih tutorialnya yang ini, saya pernah menggunakannya dan berhasil. terima kasih telah berbagi tentang teknologi terkini mas, di sini saya banyak belajar dan bisa kompernya dalam KBM di sekolah. Semoga mas selalu diberkati..

    BalasHapus