Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Akses dan Gunakan File Google Drive Secara Offline di HP, PC

Cara Membuka Google Drive Tanpa Akses Internet - Bagaimana caranya kalau anda ingin tetap membuka file drive secara offline dan cara-cara Setting lainnya? berikut ini tutorial dan penjelasannya, cara menemukan file Drive dapat dibuka oleh Slide, Google Document maupun Spreadsheet semua bisa dilakukan dengan menyetel Google Drive secara offline.

Cara menggunakan file google drive dapat dii akses secara offline
Cara Mengakses File Google Drive Secara Offline

Google Drive adalah sebuah penyimpanan folder video foto dan dokumen lainnya secara online berkafasitas besar dan sangat aman Drive dikembangkan oleh Google fitur utamanya mampu menyimpan multi file dan data penting software Komputer dan folder Smartphone.

Housing space penyimpanan besar untuk versi gratis ± 15 GB dan akan tanpa batas dengan versi berbayar.  Begitupun dalam menyimpan, mencari untuk melihat konten, mengedit, mengundang orang sampai membagikan langsung ke publik dan komentar dengan sangat mudah. Google Drive cocok sebagai tools atau Aplikasi terbaik untuk blogger dalam mendukung aktivitas.

Semua file dan berkas penting yang anda butuhkan dapat di simpan diantarnya: Data dari Powerpoint, Microsoft Excel/Word, berkas DOC, PDF, MP4, MP3, kode Script / CSS  dan banyak lagi file penting lainnya semuanya bisa di simpan secara gratis di Google Drive.

Selain menggunaan pada online ternyata Google Drive mampu membuka dan mengakses secara offline dengan beberapa pelacakan seperti Chromebook dan mudah di terjemahkan (Translate) ke berbagai bahasa dunia.

Cara Mengakses File Google Drive agar dapat di Buka Offline


1. Buka Google Drive http://drive.google.com/drive/settings atau Aplikasi Android saat sedang online.

2. Cari file Foto/video dan file lainnya di folder sampai terbuka satu file, selanjutnya "Klik Menu Pilihan".
Cara menjadi file google drive dapat dibuka secara offline

3. Silahkan pilih Hidupkan Tombol "Tersedia offline" ke Kanan sampai berubah warna Biru.

Informasi

Sampai disini satu file tersebut sudah dapat dilihat pada saat anda sedang offline tanpa koneksi Internet, termasuk memutar Video, melihat Foto dan file lainnya.

Cara Menggunakan Menu Dalam Google Drive


Pada dashboard google drive terdapat banyak menu yang mendukung optimasi dan aktivitas yang dapat dilakukan, supaya lebih mengenal mari kita lihat kegunaan dari menu dalam Google Drive sesuai kegunaan masing-masing:
  • Tambahan orang, ini artinya anda dapat memberikan kebebasan kepada orang melihat file yang terlebih dahulu anda Setting untuk kebebasan tersebut diantaranya: Dapat mengedit, Dapat melihat, Dapat melihat. Memberikan pesan kepada orang yang melihat tulisan ini bisa kita buat sendiri. Supaya fitur ini di aktifkan anda bisa menyetel dengan tanda kunci gembok.
  • Salin link atau copy URL, menu ini dapat digunakan oleh anda dan siapa pun yang melihat bisa mengambil Link/URL dari file tersebut. Cara ini seringkali dipakai untuk website/blog dalam membuat tautan ke Google Drive untuk membuat link download atau rujukan.
  • Tersedia offline, sudah diterangkan di atas.
  • Buka dengan, fitur ini file dapat diedit pada Aplikasi/software untuk Melakukan editor dan sebagainya, contoh jika file bentuk foto dengan menu ini akan diarahkan ke aplikasi editor foto begitu pun dengan format lainnya.
  • Pindahkan, kegunaannya untuk melakukan pemindahan file ke folder lain atau ke folder baru.
  • Bintangi, menu ini bertujuan untuk memberi tanda pada satu file gunanya memudahkan mencari file penting yang ditandai bintang maupun menambahkan bintang baru.
  • Tambahan kelayar utama, pilihan ini untuk membuat file seperti foto/gambar tampildi latar perangkat seperti Handphone seluler yang menggunakan layar on-screen dan perangkat laptop.
  • Ganti nama, untuk merubah nama/judul file agar mudah dikenali jika berada dalam puluhan bahkan ratusan file, jika diberikan nama per file anda dapat menemukan informasi tentang foto atau file berjudul.
  • Cetak, menu ini merupakan fitur konversi terbaik Google Driv manakala beberapa file dari foto/gambar PNG, berkas teks dan beberapa format lainnya bisa dirubah menjadi PDF. Cara membuat file original ke PDF sangat mudah cukup buka menu selanjutnya mengatur ukuran landscape, kertas sampai membuat halaman kertas.
  • Buang, menu ini adalah untuk menghapus file data tersimpan pada Drive tapi tidak secara permanen karena data Google masih tetap mencadangkan apapun yang anda telah hapus.
Inilah kelebihan mempunyai dan menggunakan alat potret seperti Kamera Smartphone Android yaitu dapat membuka memori file seperti foto maupun video yang di abadikan walaupun telah dihapus tapi masih masih terlacak oleh Google dan sampai bisa dilihat dan di putar dengar fitur Mencadangkan

Kembali untuk Hanya Dilihat Secara Online


Jika Anda ingin mengembalikan file menjadi online silahkan kembali pada setiap file yang telah dibuat offline lalu setting ke online.
1. Buka Google Drive
2. Pada menu yang telah anda atur offline geser ke online.
Setelah itu file drive akan hanya dapat dibuka secara online kembali, langkah ini di aktifkan agar file anda lebih aman dan terjamin kerahasiaannya.

Kesimpulan

Nah, dengan adanya Penyimpanan File Google Drive semoga dapat membantu Anda dalam menyimpan berkas penting dalam bentuk apasaja. Dalam hal aktivitas apapun seperti menyimpan data situs blog tugas kuliah pelajaran sekolah dan lainnya lebih mudah karena dapat di akses dalam keadaan offline tanpa koneksi Internet seperti WiFi dan Jaringan Provider Seluler.

Untuk sementara ini mengakses secara offline google drive bisa menggunakan Chromebook, Snapseed, Slide pada perangkat mobile Smartphone+Tablet Android dan PC Komputer/Laptop.

Baca juga: Cara Menyimpan dan Membuat Link Download ke File Google Drive 



2 komentar untuk "Cara Akses dan Gunakan File Google Drive Secara Offline di HP, PC"

  1. ternyata mudah sekali ya caranya, nanti bisa dipraktekkan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga Mas supaya lebih mudah saat membuka dan menggunakan file di google drive secara offline.

      Hapus