Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android dengan Benar

Pernahkah Anda lihat pada media seperti buku cetak sosial media atau blog, ditulis dengan bahasa arab? Pasti semua pernah melihatnya!

Ternyata dalam membuat lafadz atau huruf Arab virtual untuk online itu sangat mudah dalam membuatnya, termasuk mengetik pada layar Android asalkan kita tahu trik dan caranya.

Merupakan kabar baik untuk Anda pada masa kini yang sering berhubungan dengan smartphone, karena pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana membuat teknik penulisan bahasa dan huruf Arab pada layar on-screen android atau laptop secara cepat.

Belajar mengetik mulai huruf arab dasar (per karakter) menyambung huruf sampai memberikan tanda baca (harokat) secara baik dan benar layaknya pada Mushaf Al-Qur'an.

Cara Menulis/Mengetik Tulisan Bahasa Arab full Harakat di HP Android

Penting untuk menyikapi jaman yang serba virtual dan digital jauh dari masa kanak kanak dulu menulis lafadz Arab pada kertas dan pensil di pengajian bersama Pak Ustadz sekarang era modern membuat tulisan Arab Al-Qur'an nama Allah berharakat cukup dilakukan pada Smartphone Android.

Tertarik untuk belajar?

Inilah Cara Mengetik Huruf Arab Berharakat di Android


Contoh huruf Arab yang biasa ditulis

Nama nama Allah pada Al-Qur'an seperti: Bismillah, Alhamdulillah, Assalamualaikum, Astaghfirullah.

Selanjutnya menulis angka Arab dari satu sampai sepuluh dan seterusnya.. (١٢٣٤٥٦٨٩١٠)

Membikin kaligrafi Al-Qur'an dan Hadits Shaheh Qudsiyyah:

 بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ . ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ
(Al-Fatihah :Ayat 1 dan 2)

Huruf Melayu (Jawi) atau bahasa sehari-hari ke Arab:
Senin/Isnen = اِثْنَيْنَ
Selasa = ثَلَاثَ 
Rabu = رَابُو
Kamis = خَمِيس
Jumat = جُمْعَة
Sabtu = سَبْتُو
Minggu/Ahmad = اَحَدْ

Seperti itulah beberapa contoh contoh huruf Arab Alquran pada umumnya yang sering buat dikomputer bisa juga di Android.

Langkahnya...

1# Memasang Aplikasi Tulisan Arab untuk Android


Untuk menulis Arab secara lengkap pertama pilih Aplikasi keyboard untuk android terlengkap yang memiliki input multi bahasa.

Saya rekomendasikan pakai Gboard yaitu papan ketik dari google, kelebihannya menampilkan Keyboard arabic secara lengkap serta memiliki banyak fitur seperti: ketik geser, dikte, tulis tangan, ditambah memunculkan frasa yang relevan Teks prediktif mencari pilihan rangkaian gaya bahasa seakurat mungkin dalam seminggu terakhir, fitur lain mampu menelusuri & membagikan otomatis.

Langsung pada langkahnya:

1. Download Google.android.inputmethod setelah terinstall langsung buka setelan bahasa & masukan pada android anda, klik "Aktifkan Dalam Masukan"

2. Selanjutnya ada pilihan input keyboard Pilih saja aktifkan "Gboard" klik/geser sampai hijau, disini banyak model apl jika anda pernah download aplikasi lain akan muncul pilihan termasuk papan default.

Cara Mengetik Tulisan Bahasa Arab full Harakat di HP Android

3. Cari dan pilih Kode Masukan Arab sebagai masukan ingin mode default "Keyboard Arab"

4. Pilih Gboard Arab dan Tulis Tangan, Anda bisa pakai dua duanya. Klik "SELESAI"

Cara menulis huruf Arab plus Harakat di smartphone Android

Dengan klik Selesai berarti Ponsel Anda sekarang sudah bisa ngetik bahasa Arab hanya tinggal pelajari cara menambahkan harakat saja.

Berikut gambar tampilan keyboard pada Android setelah diaktifkan Gboard google:

Cara Membuat Tulisan Bahasa Arab dengan Harakat di ponsel Android

Langkah selanjutnya mempelajari cara memberikan tanda baca atau harakat pada setiap karakter atau kalimat Arab, berikut langkahnya...

Cara Memberikan Tanda Baca (Harakat) pada setiap karakter huruf Arab sampai menjadi kalimat lengkap


Mengetik pada papan tombol G-board hanya dapat menampilkan satu karakter Arab gundul hanya sebagian orang yang mengerti.

Jika akan diberi tanda baca ataupun harokat secara lengkap seperti Al-Qur'an caranya cukup menempelkan lama jari pada (.) Titik yang ada di pojok bawah keyboard, lalu seret keatas!

Detilnya: ketik satu karakter misal Alif =  ا > selanjutnya lihat karakter titik (.) dipojok bawah > sentuh lama sampai muncul tab harakat, seret jari anda menuju tanda baca Fatah, Kasrah, Tanwin dan harakat lainya sampai menjadi kalimat lengkap.

Contoh: (Alif gundul ا ) ditambahkan ( Fathah َ  ) = menjadi اَ Alif harokat berbunyi "a")
Cara Mengetik Tulisan Bahasa Arab Harakat lengkap dengan HP Android
Membuat Arabic Gboard Berharakat

Catatan: Font Arab satu karakter langsung ditambah harakat, baru tambahkan lagi satu huruf selanjutnya, ini akan otomatis bersambung juga kalau ditambahkan dengan huruf selanjutnya.

Kelebihan: Keypad virtual ini bisa Anda atur multi bahasa: latin ke Arab atau sebaliknya cukup tekan tanda bola dunia. Selain Gboard Aplikasi sejenis bisa juga Anda pasang, tapi cara kerjanya hampir sama saja.

Tambahan: Jika anda ingin menambahkan bahasa lain selain Arab misalnya bahasa cina itu gampang cukup klik "TAMBAHKAN KEYBOARD" tinggal pilih bahasa manalagi yang akan dipakai.


2# Menulis Huruf Arab Secara Online dengan Situs Keyboard Arabic 


Cara pertama menurut saya sudah lengkap dan benar dalam menulis Arab di Android, tapi jika Anda perlu cara lain yang tanpa install aplikasi otomatis karena memori penuh atau alasan lainnya, sebagai alternatif bisa dengan situs online keyboard Arabic.

Kelebihan lain jika memakai situs bukan hanya mengetik lafadz Arab tapi mampu merubah teks latin ke Arab, penasaran langsung kita ke tutorial berikut... atau anda bisa baca postingan Cara menulis huruf Arab Al-Quran disitus keyboard online

Langkahnya:

1. Buka Browser pada android Anda, cari satu dari banyak situs keyboard Arabic, saya rekomendasikan Lexigos.com saja karena situs ini tanpa iklan.

2. Setelah masuk Anda tinggal ketik satu karakter huruf Arab gundul langsung tambahkan tanda baca / harakat, untuk tatacara membuatnya saya rasa tidak jauh berbeda seperti menggunakan aplikasi hanya ini situs online.

3. Langkah terakhir, setelah selesai menulis Arab nama anda sendiri atau Ayat dari Surah Al-Qur'an selesai selanjutnya memindahkan tulisan tersebut pada papan tulis kita seperti memo atau draf blogger, salin tulisan dari board lexigos lalu paste/tempel pada notepad, project anda tersebut atau langsung ke pesan di WA atau lainya.

Cara menulis arab online
Menulis Arab dengan Situs Keyboard Arabic Online



3# Merubah Tulisan Latin ke Arab di Google Translate


Cara diatas mengetik huruf Arab langsung pada keyboard Arabic namun ternyata ada cara lain dalam membuat huruf Arab secara cepat, yaitu merubah tulisan latin menjadi Arab

Yaitu dengan menggunakan metode translate anda bisa gunakan google/translate.

Langkahnya:

1. Contohnya jika pakai google translate tinggal gunakan Aplikasi google translate atau website google translate

2. Masuk ke salahsatu mesin tranaliterasi tersebut > lalu setting bahasa masukan dan bahasa yang akan diterjemahkan > Anda paste tulisan latin tulis sendiri atau dari sumber mana saja ke kolom masukan > tinggal klik Terjemahkan.

3. Hasilnya semua tulisan bahasa latin akan berubah menjadi huruf Arab > tinggal di salin/copy ke proyek anda. Selesai!

Cara mengubah Tulisan Bahasa Arab full Harakat di HP Android


4# Menyetel Metode Bahasa Masukan Android menjadi Input Keyboard Arabic


Langkah ini sebenarnya telah saya bahas di Cara mengubah Keyboard Android menjadi bahasa Arab tapi tidak ada salahnya saya lengkapi disini.

Jika Anda ingin mengaktifkan Keyboard Arab untuk android? langkahnya cukup setting sistem prangkat Android

1. Masuk ke Bahasa & masukan
2. Pilih Papantombol multi bahasa
3. Klik Tambah bahasa input
4. Pilih Arab lalu download jika sudah tinggal aktifkan Keyboard Arabic.

Cara menambahkan input Bahasa Arab with Harakat for Android
Pengaturan Android untuk keyboard Arab


Untuk menulis bahasa Arab di Smartphone sebenarnya bisa melalui setting input language dengan fitur menambahkan masukan multi bahasa dunia.

Pada smartphone kita sering mengetik latin bahasa Indonesia (melayu) daripada Arab, kadang untuk membuat satu tugas tulisan Arab memakai Microsoft Word, situs keyboard atau treanslate tulisan Indonesia ke arab online.

Untukntuk bermacam keperluan atau hobi seperti: Membuat di bikin kaligrafi pada gambar di Android, tulisan arab jawi di WA, Google Plus, Facebook dibuat pada artikel, tentunya tidak perlu repot mengganti smartphone dengan keyboard Arabic.

Kesimpulan dalam menulis Arab di Android

Diatas semua adalah cara-cara dalam menulis arab dengan berbagai kelebihannya masing-masing dengan contoh-contohnya.

Jika tidak mau ribet dengan download Aplikasi anda bisa pakai situs online, tapi jika sedang tidak punya kuota atau diluar jangkauan internet maka setting keyboard Arabic Android dan aplikasi adalah cara tepat. Semoga bermanfaat.


8 komentar untuk "Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android dengan Benar"

  1. Balasan
    1. Bukan macam lagi ini menarik sangat.

      Hapus
  2. Harus dowload Google.android.inputmethod dulu yaa. Langkash-langkahnya mudah di mengerti karena sudah ada sc nya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya masih banyak cara lain misalnya seperti setting input bahasa masukan, tapi dengan aplikasi Gboard akan lebih puas dalame menulis secara lengkap di Smartphone. Terimakasih Mas Idris H.

      Hapus
  3. Keren-keren Uasannya menarik dan lengkap terimakasih atas artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama sama mas Alhamdulillah jika dimengerti penjelasannya somoga barokah. Amin. Terimakasih atas kunjungan Anda.

      Hapus