Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel di Kompasiana untuk Dibayar

Cara mudah menulis artikel di Kompasiana dalam sekali daftar, bagi anda untuk mengembangkan bakat jurnalis atau hobi menulis artikel kini ada kesempatan tulisannya muncul di pencarian google dari situs berita online terbesar di Indonesia.

Jika anda berminat ingin ikutan menulis caranya sangat mudah dan gampang sekali, cukup daftarkan diri anda nanti mendapatkan KompasIDnya, selanjutnya bisa langsung menjadi penulis Kompasiana langsung mendapatkan banyak teman juga juga bayaran.
Cara Menulis Artikel di Kompasiana untuk Dibayar
Cara Menulis Artikel di Situs Berita Online Kompasiana

Kompasiana merupakan flatform blog bagian dari situs berita ternama yaitu Kompas yang memiliki struktur penulisan berita online dilakukan oleh kontributor pembaca sekaligus bisa sebagai penulis langsung. Di Indonesia sendiri sedikitnya puluhan situs berita yang menyediakan wadah bagi penulis tamu untuk mengirim artikel submit langsung dari pembaca.

Cara pendaftaran, persyaratan juga aturan penulisan kompasiana terbilang mudah dalam penerimaan menurut saya, sangat cocok untuk pembelajaran cara menulis berita bagi wartawan pemula. Contoh cara penulisan sangat simpel seperti gaya Artikel media online blog menampilkan Kabar unik, Tips dan Trik Wisata, dll.

Cara Registrasi Menjadi Penulis Kompasiana


Untuk daftar menjadi penulis, silahkan langsung Anda harus daftarkan dahulu data diri sebagai kompasianer, selanjutnya anda dapat bebas menyalurkan bakat atau hobi menulis kapan saja di situs berita online terbesar Nasional ini.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mempersiapkan alamat email dan akun google aktif atau dengan akun sosial media berikut ini:

1. Akun Google Plus (Akun google)

2. Akun Facebook

3. Akun Twitter

Saya yakin Anda pasti sudah memiliki akun-akun tersebut!

Jadi langsung saja ke langkahnya:

1. Bagi Anda yang baru, silahkan untuk daftar awal, Sign up ke halaman "Registrasi KompasID", alamatnya di https://www.kompasiana.com/signup
  • Silahkan Login: Masukkan Email atau dengan akun Facebook atau Google Plus Anda, itu lebih mudah dan gampang.
  • Isi formulir yang tersedia dengan Nama depan Nama belakang, Email yang anda gunakan dan lain sebagainya, lalu klik "Buat KompasID".
  • Tunggu sebentar, Anda akan menerima E-mail atau G-mail untuk aktifasi mendapatkan Password untuk Anda gunakan.

2. Selanjutnya, Periksa email anda, caranya? masuk ke Email atau Gmail > Lihat kiriman email dari pihak "Registrasi Akun KompasID" disini anda akan diberikan "Password sementara" gunakan password tersebut untuk aktifasi, selanjutnya bisa diganti oleh sendiri setelah proses aktifasi, untuk memverifikasi silahkan klik "Konfirmasi" pada email tersebut.

Cara Menulis Artikel di Kompasiana untuk Dibayar
Registrasi Menjadi Kompasianer

3. Selanjutnya, anda akan dibawa ke halaman kompasianer, silahkan lakukan 2 permohonan seperti membersihkan cookies dahulu pada browser yang anda digunakan, dan perintah merubah Password yang tadi diberikan pada email tadi, ganti saja password sementara tadi dengan password anda sendiri.

4. Kemudian, lengkapi permintaan untuk mengisi formulir identitas seperti: Tanggal lahir, Negara, Kota dan buat URL Username yang tersedia bisa anda rubah sesuai keinginan. Selesai dengan beberapa menit saja.

5. Setelah berhasil anda bisa langsung menulis di dashboard sambil melihat artikel teman-teman kompasianer yang sudah memosting artikel, silahkan berteman atau komentar dengan banyak penulis disana supaya mendapatkan respon dan teman baru, termasuk ikuti Saya juga Kompasiana warmanchannel.

6. Bagaimana cara menulis di Kompasiana? Tap tanda "Pensil" dibagian samping, lalu akan terbuka "Dashboard" untuk anda menulis menulislah dengan sebaik-baiknya agar banyak yang suka dengan artikel anda.
Dalam membuat artikel anda bisa pada Dashboard atau copy dari Word Exel dan lainnya.

Cara Menulis Artikel di Kompasiana untuk Dibayar
Cara Menulis Artikel di Dashboard Kompasiana


Cara Menulis Artikel di Kompasiana untuk Dibayar


Tak kalah seru jika kita menulis juga mendapatkan penghasilan atau dibayar oleh penayang yaitu Kompasiana, tentunya ini akan menambah semangat bagi penulis.

Cara Kompasiana membayar penulis


Kompasiana memiliki sistem dan cara tersendiri dalam memberi reward berupa uang tunai atau transfer IDR sekaligus sebagai bayaran hasil dari hobi menulis artikel dan banyaknya klik iklan trafik pengunjung.

Disini setiap anggota KompasID Kompasianer jika sudah bergabung langsung mendapatkan poin sebanyak 50.000, selanjutnya penghasilan dihitung dari poin yang didapatkan oleh penulis baru atau lama tergantung statistik. Pada tanggal tertentu jika akumulasi dari hasil tayangan Artikel Page View.

Nah, bagi sobat yang sedang mencari triknya bagaimana cara mendapatkan uang dari rajin jalan-jalan silahkan baca artikel cara travel blogger mendapat penghasilan dari bepergian.

Trik dan cara cepat mendapatkan penghasilan menjadi penulis kompasiana.

1. Mengikuti kontes blog, jika hanya mengandalkan poin itu sangat lama mendapatkan uang saku, kompasiana sering mengadakan kontes yang bekerjasama dengan pihak partnership, hadiahnya berupa gadget atau lainnya.

2. Kompas Frez, setiap dua kali seminggu harian kompas menayangkan artikel yang dinilai bagus dan dibutuhkan oleh Kompas untuk mengisi detline, penulis juga akan mendapatkan bonus bernama honor dari Kompas.

3. Menulis Advetorial, yaitu kerja sama dengan pihak partnership menayangkan iklan yang telah disetujui oleh Kompasiana, penulis boleh mempromosikan produk dari perusahaan pihak ketiga yang terlebih dahulu penulis diminta oleh perusahaan.

Hasilnya menulis di Kompasiana banyak tawaran untuk mereview perusahaan dan afiliasi untuk bekerjasama dan mendapatkan uang diluar kompasiana. Bagaimana Anda tertarik menulis di Kompasiana? Silahkan daftar dan belajar menulis layaknya jurnalis profesional.




10 komentar untuk "Cara Menulis Artikel di Kompasiana untuk Dibayar"

  1. Salah satu manfaat menulis di kompasiana ialah mendapatkan banyak teman (Blogger dan penulis ternama ada di sana). Termasuk Raditiadika dan Jusuf Kala. Btw mas ada akun kompasiana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata mas lebih tahu tentang Kompasiana memang banyak sekali penulis 2 dan blogger hebat juga yang ikutan Menulis.

      Kalau saya baru mas sudah memiliki akun (KompasID) tapi belum sempat menulis nih.

      Hapus
    2. saya juga nulis di sana cuma jarang update mas.

      Hapus
    3. Oke, nanti saya lihat dan follow semua sosmed nya.

      Hapus
  2. Ohh gitu caranya. Saya baru tahu sih di kompasiana bisa dapet penghasilan. Pantesan temen2 Saya heboh banget ngomongin fitur kompasiana. Duh kenapa Saya kudet ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masak iya mas, saya juga baru tahu, tapi pas tahun juga tidak langsung menulis di Kompasiana tapi membuat tutorial cara medaftar sebagai kompasianer dan menulis di Kompasiana.

      Hapus
  3. wah, harus dicoba nih, tapi masih kurang percaya diri nih.

    BalasHapus
  4. Masih perlu belajar terus cara dan tehnik menulis yang berbobot, terutama dengan membaca tulisan para kompasianer, salam

    BalasHapus
  5. Thank you, this article is very inspiring and increases knowledge

    I hope the writer and the team will be more successful
    Allow me to give also information about my profile and my hobby

    BalasHapus