Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Bisnis Tanaman Hias Buah? Inilah Peluang Usaha Melimpah Paling Menguntungkan

Aktivitas menanam pohon kini bukan lagi sebagai hobi atau penghijauan semata, ternyata menanam pohon oleh sebagian pengusaha lokal mulai dijadikan sebagai ladang bisnis peluang usaha yang menjanjikan sebagai industri lokal bermodal kecil yang menghasilkan uang jutaan bahkan puluhan juta rupiah perbulan.

Di Indonesia banyak jenis peluang-peluang usaha daerah seperti pembibitan dan mengolah tanaman yang potensial sampai siap jual, oleh para petani kreatif dijadikan sebagai ladang mencari keuntungan mulai dari mengelola tanaman Artifisial, obat herbal, palawija sayuran dan jenis tumbuhan lainnya.

Bagi anda yang tertarik ingin mencoba terjun pada bidang ini alangkah baiknya terlebih dahulu untuk mencari informasi jenis pohon apa saja yang mudah ditanam dan memiliki pemasaran terbaik? terutama yang memiliki target pasar apa yang lebih menguntungkan, supaya aktivitas menanam pohon tidak menyesal dikemudian hari.

Cerdas Memilih Jenis Tanaman Berpotensi Pasar dan Prospek yang Lebih Besar

Usaha budidaya tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjanjikan penghasilan puluhan juta
Tanaman Hias Memiliki Ekonomi Tinggi/Nursery Surya Cipta Sukses Menjadi Pasokan Industri dan Perkantoran/Foto Pribadi 22-9-2018

Bagi pemula yang baru memulai terjun ke bisnis tanaman, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu memilih tanaman dan pohon yang bermutu tinggi yang banyak dicari sehingga memiliki prospek yang bagus.

Seperti mencoba bisnis menanam pohon yang dibutuhkan properti perumahan dan investor maupun masyarakat umum seperti:
  • Jenis tanaman hias atau tanaman yang banyak manfaat untuk obat-obatan herbal yang dibutuhkan perusahaan, maka nilai jualnya pasti tinggi dan tentu akan banyak yang melirik.
  • Membudidayakan tanaman paling terkenal di dunia, tujuannya supaya menghasilkan tanaman bervariatif tanpa mengenal waktu tanam, agar mendapatkan penghasilan tanpa menunggu musim panen tiba.

Jika tanaman banyak yang membutuhkan, pemasarannya pun sangat mudah bisa di tawarkan, selanjutnya kita akan mudah mendapatkan nikmatnya hasil dari berkebun tersebut.

Dalam memulai usaha produktifitas perkebunan bisa mengawali dari hobi menanam palawija sayuran atau yang berbuah di halaman rumah seperti: sayuran, jenis tanaman obat-obatan tradisional dll.

Seperti yang dijelaskan di atas mencari potensi usaha tanaman secara serius seperti bagaimana cara memilih tanaman memiliki nilai harga jual yang menjanjikan.

Selain itu, investasinya usaha tumbuh-tumbuhan terbilang bermodal kecil karena mudah dicari tapi tetap memiliki nilai jual tinggi, apalagi tanaman pohon memiliki keiandah seni seperti hias bunga Lily atau bonsai Cemara udang (Casuarina equisetifolla) ini jenis bonsai terbaik pasti laris dipasaran.

Tips Awal agar Menjadi Pebisnis Tanaman Sukses!


Sangat mudah kita bisa memulai dengan mencintai tanaman dan mencari tanaman apa yang paling menguntungkan bukan lagi sebagai usaha sampingan.

Pilih tanaman yang hidup jangka panjang jangan terlalu banyak pohon tumbuhnya pendek kecuali bunga.

Berikut ini daftar jenis-jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan sebagai ide untuk anda pilih:

Daftar Jenis Tanaman Memiliki Ekonomi Tinggi Cocok untuk Dijadikan Peluang Usaha Menguntungkan Paling Laris dan Banyak Dicari


#1. Jenis Tanaman Hias Favorit

Siapa sih yang tidak suka dengan menanam tanaman apalagi sudah di hias di halaman? Banyak pecinta keindahan alam terutama tanaman hias akan membawa keindahan alam tersebut ke dalam rumah atau halamannya, karena jika melihat tanaman hias makin terawat bisa membuat hati menjadi tenteram dan damai dibuatnya.
Jenis tanaman hias buah herbal palawija sayuran yang memiliki omset lumayan tinggi
Pembibitan Tanaman Hias dengan Polibag, Pot Berpotensi Pasar yang Tinggi
Berikut kategori tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan diantaranya:

A. Pohon Berdaun Indah - Hijau atau warna warni diantaranya: Asoka, Pangkas Kuning, Kembang Darah, Pucuk merah (Sizygium) jenis Kaktus dll, jenis ini mudah banyak ditemukan di iklim tropis seperti Indonesia dan Negara Asia Pasifik lainnya.

B. Pohon yang berbau Wangi - (Melati, Lavender, Pandan, Pala dan lainnya, tanaman ini banyak sekali manfaat juga peminatnya diantaranya untuk keperluan rias pengantin, jarah kubur, pesta dll, jadi pohon yang memiliki bau sedap berpeluang banyak yang mencari.

C. Jenis-jenis Rumput - halaman perkantoran dan perumahan berkelas biasanya menggunakan jenis rumput yang bagus, disini kita bisa membudidayakannya rumput terkenal tersebut, pilihlah rumput model bagus tapi mudah dalam perawatan seperti:

Rumput Jepang (Zoysia Matarella, Zeon, Japonica) adalagi rumput Swiss (Pennisetum) Gajah mini. Nah rumput-rumput tersebut kini paling laris tentunya sangat banyak yang mencari untuk dipakai sendiri atau perusahaan properti perumahan.

#2. Jenis Tanaman Berbunga Hidup

(Pilih dan cari model bunga yang harganya mahal dijual di Indonesia dan Dunia)
Bisnis tanaman hias buah herbal palawija sayuran dan jenis bonsai menilik nilai ekonomis tinggi
Budidaya Tanaman Bunga Hias/Kumpulan Gambar Bunga Lily/Google.com

Tanaman berbunga sangat gampang jika di budidayakan bisa di tanam di tanah, pot, polybag, metode hidroponik atau ditempel di pohon, hanya saja disini kita harus memilih antara tumbuhan berbunga yang punya nilai ekonomi tinggi, nah agar tahu lebih mengenai pilihan pohon bunga tersebut diantaranya:

A. Lily of the falley - di Indonesia menanam bunga Lily (lilium) belum termasuk banyak sehingga harga masih tinggi sekitar Rp. 500.000 dan untuk Oriental Lily Rp. 160.000-500.000.

B. Tulip - Bunga Tulip memiliki harga jual tinggi sekitar Rp Rp. 500.000
C. Lisianthus Rp. 300.000
D. Viburnum Rp. 300.000
E. Ros - Dan jenis bunga lainnya yang memiliki nilai ekonomis lumayan.

Silahkan anda coba membudidayakan bunga bunga tersebut kini memiliki tingkat harga yang pantastis, tapi jangan ketinggalan juga bunga lainnya juga karena yang namanya bunga bisa menjadi alternatif.

#3. Tanaman Bonsai

Membuat bonsai termasuk kedalam seni menakjubkan dalam ilmu tanaman, tak heran nilai jual dari bonsai yang sudah jadi mencapai 3 sampai 5 juta rupiah.

Berikut jenis bonsai menilik nilai seni dan ekonomi tinggi yang tidak diragukan lagi, ada macam-macam bonsai untuk anda pelajari dan pahami diantaranya:

A. Bonsai jenis Stek okulasi (Mengawinkan dua jenis tanaman) - contoh okulasi:
  • Jalitri dengan Pohon Anting Putri (Wrightia Religiosa)
  • Bougenville beda warna daun menjadi bonsai terbaik untuk saat ini.

B. Bonsai Beringin - Pohon beringin sangat bagus bila dibentuk bonsai beberapa jenis beringin yang kini paling laris:
  • Korea (nama latin: Ficus Coreana)
  • Beringin berbeda warna dasar daunnya.

C. Bonsai Kiserut - Nama Bonsai Kiserut berasal dari darah Sunda pohon ini berada di hutan tropis Indonesia.

D. Bonsai Pinus - Cemara udang, Cemara kipas dll, bonsai seperti ini sangat mudah dari mulai pembibitan sampai menjadi bonsai siap jual.

Dan jenis bonsai lain tidak kalah bagusnya.

Bonsai bukan semacam budidaya tapi membuat tanaman bisa menjadi inspirasi indah luar biasa. Cara membuatnya sangat dibutuhkan kesabaran karena bisa membutuhkan waktu sampai bertahun-tahun.

#4. Bibit Tanaman Berubah dan Pot, Cangkok, Stek

Seperti yang telah diketahui bahwa tanaman berbuah itu sangat banyak yang mencari tapi sebaiknya juga untuk membuat tanaman menjadi bisnis utamanya maka pelaku harus menyediakan bibit tanaman beserta polibag atau pot untuk tanaman berbuah yang baik dan terkenal, tanaman tersebut diantaranya:
Alpukat, Bibit Jeruk (jeruk nipis) dll.

#5. Tanaman Obat Tradisional

Banyak orang yang tidak suka dengan obat dari dokter atau yang mengandung bahan pengawet kimia selain mengobati efek jika menggunakan terlalu sering bukan sehat yang di dapatkan malah menimbulkan sel-sel yang merugikan.

Tradisi orang Indonesia seperti daerah Madura dan Jawa tanaman obat tradisional sangat dianjurkan karena lebih mudah dan murah, tentu jika menanam tumbuhan jenis obat herbal ini akan banyak sekali keuntungannya, silahkan dicoba untuk menanamnya.
Dibawah beberapa kategori tanaman obat berkhasiat:

A. Tanaman Obat Kuat untuk Kejantanan Pria - Jenis contohnya:
Ginseng Korea, Pasak bumi, Purwoceng, Sirih (Piperis Folium), Ginkgo Biloba (terkenal di Eropa dan Amerika sebagai tanaman untuk pengobatan kejantanan pria terbaik),
Muira Puama adalah obat kuat yang berasal dari Peru Amazon, Kava merupakan berasal dari Asia Pasifik jadi cocok di tanam di tropis.

silahkan dicari dan budidayakan tanaman obat tradisional tersebut dijamin banyak yang mencari terutama perusahaan suplemen atau jasa konsultasi masalah Pria.

B. Tanaman untuk Kecantikan - Tanaman untuk kecantikan kulit atau wajah sangat dicari oleh kaum Wanita tanaman tersebut diantaranya: Lidah buaya (Aloevera) untuk kecantikan Alami, Jaitun, untuk diambil sarinya dijadikan minyak wangi dan untuk rambut.

C. Mata Dewa - Khasiatnya sangat baik untuk menyembuhkan mata minus katarak dan banyak lagi.

D. Jeruk lemon, Nipis - Khasiatnya untuk Kesehatan dan Keindahan rambut, memperindah suara, sakit tenggorokan dll.

#6. Tanaman yang Memiliki Mitos Kekayaan dan Membawa Hoki atau Keberuntungan

Percaya atau tidak tanaman berikut menurut sebagian orang memiliki daya tarik untuk kekayaan atau mengakibatkan keberhasilan dalam berusaha, jadi tak heran selalu banyak orang mencarinya, mau mencoba untuk keberhasilan anda.

A. Bambu Air atau daun Suji (Bambusoideae) - Pohon ini mirip seperti tebu yang kecil keunikannya bisa bertahan hidup dalam botol berisi air, seni dalam menghias pohon bambu air bisa digabungkan seperti kue ulang tahun.
B. Lavender - Lavender
C. Bougainvillea jenis bunga kertas
D. Sereh
E. Kemangi
F. Tanaman Karet (Rubber Plant)
G. Anggrek
H. Palem di Pekarangan Rumah
I. Lidah Mertua (Snake Plant/Sansevieria trifasciata)
J. Jeruk Emas atau Jinju ( bahasa latinnya: Fortunella japonica)
K. Daun Kuping Gajah ( dalam bahasa latin: Anthurium crystallium)
L. Sri Rejeki (latin: Agalonema)
M. Bunga Matahari (Kuaci)


#7. Jenis Tanaman Membawa Berkah

Nah model tanaman berikut berasal dari darah Timur tengah Saudi Arabia tanaman ini sekarang di Indonesia sedang menjadi perhatian karena tanaman ini bisa tumbuh subur ditanam di Iklim tropis.

Kategori tanaman membawa keberkahan:
A. Jaitun
B. Tin
C. Kurma (ruthtob)
D. Bidara.
E. Gaharu dan lainnya.

Silahkan rencanakan pohon tersebut untuk di tanam, hanya untuk sekarang belum bisa mendapatkan secara banyak karena pohon masih langka dan masih termasuk mahal mungkin kedepannya bisa lebih murah dan mudah dicari (kecuali pohon Gaharu banyak di Indonesia).

Pokoknya cari dan budidayakan tumbuhan yang memiliki pasar yang banyak itu yang dipilih.

#8. Tanaman Bumbu Dapur Cepat Panen

Tidak kalah dengan tanaman sebelumnya tumbuh jenis bumbu dapur juga perlu ditanamkan terutama yang berkaitan dengan bahan rempah-rempah pengobatan seperti: Kunyit, Lengkuas, Jahe merah-jahe gajah, Bawang merah dan putih, Cabai-cabaiyan, kencur, kapulaga, merica dan lainnya.

Jenis tanaman rempah ini bisa ditanam pada lahan sempit seperti di halaman atau pekarangan rumah atau di pot dan polybag, hidroponik.


Manfaat Tanaman


Di masyarakat Indonesia sendiri menanam pohon sering terjadi beberapa kendala seperti alasan tidak punya lahan pertanian atau tidak tahu bagaimana mengelola bisnis dari tumbuhan. Alasan lainnya tidak memiliki pengetahuan dasar tentang bercocok tanam yang lebih parahnya ada lahan dan tahu cara tapi merasa takut gagal.
Padahal jaman sekarang banyak sekali cara untuk bisa menanam itu dengan cara hidroponik untuk masalah lahan dan banyak belajar pertanian di internet maupun dengan buku-buku tanaman.

Kesimpulan

Bisnis tanaman dapat dilakukan sebagai usaha sampingan jadi asal kita pandai mengatur waktu tentu bisa dilakukan bersamaan dengan pekerjaan utama.
Walaupun ini merupakan bisnis modal kecil namun usaha tanaman hias, obat atau bonsai memerlukan keahlian dan keterampilan khusus untuk merawatnya.

Biasanya kendala utama untuk pemula sering tidak sabar dan susah untuk memulainya apalagi menanam pohon dari nol. Selamat mencoba semoga berhasil.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Membangun Bisnis Wajib Dihindari Merugikan Membuat  Hidup Tak Produktif 

13 komentar untuk "Ingin Bisnis Tanaman Hias Buah? Inilah Peluang Usaha Melimpah Paling Menguntungkan "

  1. Saya jd ingat waktu kecil dimana-mana orang bicara tanaman bonsai....
    Kalau saya tertariknya tanaman obat tradisional, jd kalo sakit tinggal ambil aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya dipinggir rumah ada beberapa pohon bunga berdaun indah, saya ingin mempunyai ladang yang sedikit luas untuk pembibitan.

      Hapus
  2. GaleriQQ | Agen BandarQ | BandarQ | Domino 99 | Bandar Sakong | Sakong Online | Bandar66

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Sakong Terbesar di asia hadir untuk anda semua dengan games - games menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan GaleriQQ :
    * Bonus rollingan 0.5% setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10% seumur hidup (5% X-tra untuk anda para pencari bonus reff di indonesia)
    * Dan masih banyak bonus menarik lain nya yang bisa anda dapatkan di GaleriQQ

    Games Yang di Hadirkan GaleriQQ :
    * Poker
    * Bandar poker
    * BandarQ
    * AduQ
    * Domino99
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsasusun

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : GaleriQQ
    FB : GaleriQQ
    Twitter : GaleriQQ
    Blog : GaleriQQ
    Blog : GaleriQQ
    BBM : D60A983B/galeriqq
    WA : +855968017703
    LINE : csgaleriqq

    Kunjungi Juga situs partner kami di :
    Agen Domino99
    Agen BandarQ
    Poker Online
    Togel Online

    Link alternatif
    Galeri99net
    Galeri99info
    Galeri99org
    Galeri99vip

    BalasHapus
  3. GaleriQQ | Agen BandarQ | BandarQ | Domino 99 | Bandar Sakong | Sakong Online | Bandar66

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Sakong Terbesar di asia hadir untuk anda semua dengan games - games menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan GaleriQQ :
    * Bonus rollingan 0.5% setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10% seumur hidup (5% X-tra untuk anda para pencari bonus reff di indonesia)
    * Dan masih banyak bonus menarik lain nya yang bisa anda dapatkan di GaleriQQ

    Games Yang di Hadirkan GaleriQQ :
    * Poker
    * Bandar poker
    * BandarQ
    * AduQ
    * Domino99
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsasusun

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : GaleriQQ
    FB : GaleriQQ
    Twitter : GaleriQQ
    Blog : GaleriQQ
    Blog : GaleriQQ
    BBM : D60A983B/galeriqq
    WA : +855968017703
    LINE : csgaleriqq

    Kunjungi Juga situs partner kami di :
    Agen Domino99
    Agen BandarQ
    Poker Online
    Togel Online

    Link alternatif
    Galeri99net
    Galeri99info
    Galeri99org
    Galeri99vip

    BalasHapus
  4. kalau bersungguh melakukannya pasti membuahkan hasil yang lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Anies sudah Sudi singgah di blog sederhana ini salam dari blogger Indonesia.

      Hapus
  5. Akhir-akhir ini ingin menanam Anggrek, tapi belum beranin berbisnis. Masih sering lupa untuk merawat tanaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya lebih gampang siapkan selang untuk menyiram tanaman hias buah herbal palawija sayuran dan jenis bonsai lain agar selalu hijau terawat.

      Hapus
  6. ijin backmark dulu gan, kebetulan saudaraku ada yang hobi berkebun,,kali aja minta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Terima kasih atas apresiasinya terhadap Artikel ini, boleh mas semoga bermanfaat.

      Hapus
  7. betul nih tempatku anggrek juga lagi banyak penggemarnya
    dan mulai banyak yang menjadikan sebagai peluang usaha rumahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas inilah kesempatan baik dan murah modal investasinya merawat tanaman pun mudah.

      Terima kasih.

      Hapus
  8. terimakasih atas info menariknya, sangat bermanfaat...
    Aplikasi Kasir Android Terbaik

    BalasHapus