Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Kinerja Android Menjadi Kencang

Tips Sederhana Meningkatkan Performa Android - Android merupakan alat komunikasi informasi multi sistem billingual digital, visual, game dan teknologi. Android yang sering kita pakai sudah sepantasnya jika kita rawat dan dijaga sebaik mungkin agar tetap awet agar siap digunakan dalam segala aktivitas apapun, termasuk tahu sedikit cara dalam merawatnya.

Setiap Android memiliki sistem Aplikasi bawaan atau secara default tertanam dan Aplikasi yang bisa dibongkar pasang dari Play Store itu semuanya perlu RAM untuk menjalankan sementara dan kelamaan sering mengakibatkan penumpukan sistem dan RAM.
Cara Meningkatkan Kinerja Android Menjadi Kencang

Saat anda memilih Android tentu tahu kekuatan, keunggulan juga interface nya. Untuk menjaganya silahkan ketahui beberapa trik agar Android tetap prima. Refresh perangkat sangat diperlukan agar tidak lambat atau lemot

Informasi kelebihan merefresh Android:
  • Loading semakin cepat itu pasti karena tidak lemot walau tanpa dirimu root
  • Internetan lancar walau koneksinya  lemah
  • Sedikitak terjadi ngelag dan tipo jika mengetik keyboard
  • Tidak cepat panas dan menguras baterai, dll.

Jika anda selama ini pernah merasakan Androidnya lemah, layar sering ngelag, keyboard tipo, juga loading lambat saat Internetan dan sering minta muat ulang juga baterai cepat habis itu tandanya Gadget anda perlu di Refresh.

Cara Meningkatkan Kinerja Android agar tidak Lemot



Ada beberapa trik dan cara menjadikan Android tidak lemot dengan hal hal sederhana berikut langkahnya:


1. Hapus beberapa Aplikasi berjalan yang tersimpan pada RAM

Perlu di garis bawahi hapus aplikasi RAM disini bukan menghapus aplikasi pada pengaturan memori, tapi cukup dengan menghapus beberapa Aplikasi pada notifikasi, langkahnya:

1. Lihat notifikasi perangkat anda, pada bilah ini banyak kiriman pemberitahuan dari pesan SMS, E-mail, pembaruan dll. Caranya: sentuh jari anda dari paling atas layar kebawah, silahkan hapus yang tidak perlu atau hapus semua saja. (Gambar.1)

2. Buka handal notifikasi penyimpanan, letak handel ini biasanya di bagian samping tombol, disini banyak jejak masih di tersimpan pada RAM, caranya klik tanda (×) atau geser ke samping Aplikasi hapus semua atau yang tidak terpakai dihilangkan saja. (Gambar.2)
Cara Meningkatkan Kinerja Android Menjadi Kencang
Hapus notifikasi Android


2. Hapus semua histori dan refresh Browser

Saat berselancar di google (googling) browser Aplikasi seperti Chrome akan menyimpan semua penjelajahan yang pernah anda kunjungi.
1. Disini anda lihat semua histori tersebut dengan cara klik menu Browser yang anda miliki disini akan ada beberapa pilihan yang bisa anda hapus jika perlu hapus semua rekaman jejak tersebut.

2. Refresh Browser dan halaman internet, jika anda melakukan pencarian di halaman browser youtube, blog dll sesekali Refresh layar anda caranya: sedang apapun anda di browser tempel jari tangan anda dari atas ke bawah hingga tanda panah melingkar memutar tunggu sampai selesai, jika sudah itu tandanya sudah direfresh.
Cara Meningkatkan Kinerja Android Menjadi Kencang

Hapus semua histori dan refrash Browser



3. Periksa dan Bersihkan riwayat Shareit

Walaupun bukan aplikasi bawaan saya yakin Anda pasti pasang Shareit pada android Anda untuk mengirim file mudah dan cepat, ternyata pada shareit terdapat banyak histori dari macam aktivitas selama kirim mengirim terjadi.

Cara membersihkan: buka shareit scroll kebawah lihat dibagian Periksa Sumber Daya Sekitar > cek/analisis Penganalisis Ruang, dan Pemberitahuan Sampah semua bersihkan tinggal klik Clean itu Sekarang, selanjutnya anda bisa hapus sisa case aplikasi yang telah dihapus.

Cara Meningkatkan Kinerja Android Menjadi Kencang

4. Hapus data Game dan Aplikasi

Setiap Aplikasi mempunyai data yang akan tersimpan, data ini akan tersimpan pada aplikasi dan terus bertambah contoh jika anda mempunyai Aplikasi Facebook waktu di download berukuran 59,07 MB, tapi coba anda lihat pada data yang tertanam bisa 160 sampai 200 MB.
Jika aplikasi itu jarang terpakai tapi penting cobalah hapus data aplikasi tersebut:
Caranya masuk ke pengaturan sistem > Manajer Aplikasi > cari aplikasi lalu hapus data bukan Imasalah.
Cara membuat  Kinerja Android Menjadi Kencang

5. Shut down Android

Perangkat pernah mengalami banyak masukan multi sistem robot operasi dan daya baterai hilir mudik terkadang jika berbulan lebih perangkat ON terus akan mengalami kecapean layaknya manusia, shut down adalah cara tepat agar Android mempunyai kesegaran shut down adalah tidur.

Untuk caranya Anda pasti sudah  paham bagaimana cara shut down  Android sendiri yaitu mematikan biarkan beberapa saat menit atau jam perangkat untuk tidur.

Itulah cara sederhana merefresh  Android agar tidak lemot setelah saya coba memang hasilnya memuaskan android jadi super kencang.

2 komentar untuk "Cara Meningkatkan Kinerja Android Menjadi Kencang"

  1. ok sy mau semak hp semula😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Anis mantap sekali nie buat perangkat Android sendiri jadi kencang dan semakin stabil dengan cara sederhana. Terimakasih.

      Hapus